Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit

The Effect of Nursing Therapeutic Communication on Patient Satisfaction and Loyalty in the Hospital

  • Ajeng Fatmi kartini Amahoru Program Studi Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Susanto Program Studi Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Nuryakin Program Studi Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Keywords: Komunikasi Terapeutik, Kepuasan, Loyalitas Pasien

Abstract

Latar Belakang: Komunikasi merupakan bagian dari kehidupan manusia, individu, kelompok, organisasi maupun masyarakat, dengan bentuk interaksi antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi, Dalam dunia kesehatan dikenal sebagai komunikasi terapeutik yaitu komunikasi intrapersonal antara perawat dengan pasien yang dilakukan tujuanya untuk penyembuhan pasien, memberi dan menerima rasa saling percaya antara perawat dengan pasien dan lebih efektif dalam memberikan kepuasan profesional terhadap pasien dalam asuhan keperawatan.

Tujuan: Penelitian ini untuk melihat pengaruh komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan dan loyalitas pasien Rawat inap di RSUD kota Bula.

Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah Pasien Rawat Inap di RSUD kota Bula sebanyak 120 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis pada penelitian ini dengan menggunakan SEM dengan software AMOS 24.0.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan Pengaruh Komunikasi Terapeutik mempuyai Pengaruh terhadap Kepuasan pasien Rawat inap di RSUD Kota Bula.Komunikasi Terapeutik berpengaruh terhadap Loyalitas Kepuasan pasien Rawat inap di Rsud Kota Bula, dan kepuasan pasien berpengaruh terhadap Loyalitas pasien Rawat inap di Rsud Kota Bula.

Kesimpulan: Komunikasi Terapeutik berpengaruh terhadap kepuasan Pasien dan Loyalitas pasien Rawat Inap di RSUD kota Bula.

References

Amoah VMK, Anokye R, Boakye DS, Acheampong E, Budu-Ainooson A, Okyere E, et al. A qualitative assessment of perceived barriers to effective therapeutic communication among nurses and patients. BMC Nurs [Internet]. 2019;18(4):1–8. Available from: https://www.researchgate.net/publication/331022230_A_qualitative_assessment_of_perceived_barriers_to_effective_therapeutic_communication_among_nurses_and_patients

Kulsum U, Syah TYR. The Effect of Service Quality on Loyalty with Mediation of Patient Satisfaction. Int J Bus Manag Invent [Internet]. 2017;6(3):41–50. Available from: https://www.ijbmi.org/papers/Vol(6)3/version-3/G0603034150.pdf

Sekaran U, Bougie R. Research Method For Business: A Skill Building Approach [Internet]. edisi 5. new york: John Wiley @ Sons; 2010. Available from: https://books.google.co.id/books?id=a__YI3TJQuAC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Ghozali I. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). [Internet]. edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2014. Available from: https://digilib.undip.ac.id/2012/10/04/structural-equation-modeling-metode-alternatif-dengan-partial-least-square/

Sekaran U, Bougie R. Research Methods for business. edisi 4, b. Jakarta: willey; 2013. 424 p.

Ghozali I. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2017.

Hussain M, Afzal M, syed amir gilani. Quality of Nurse Patient Therapeutic Communication and Overall Patient Satisfaction during their Hospitalization Stay. Eur Acad Res [Internet]. 2019;VII(3):2286–4822. Available from: https://www.researchgate.net/publication/334225219_Quality_of_Nurse_Patient_Therapeutic_Communication_and_Overall_Patient_Satisfaction_during_their_Hospitalization_Stay

Chang C-W, Tseng T, Woodside AG. Configural algorithms of patient satisfaction, participation in diagnostics, and treatment decisions’ influences on hospital loyalty. J Serv Mark [Internet]. 2013;27(2):91–103. Available from: https://www.researchgate.net/publication/259397351_Configural_algorithms_of_patient_satisfaction_participation_in_diagnostics_and_treatment_decisions%27_influences_on_hospital_loyalty

Fatima T, Malik shabab alam, asma shabbir. Hospital Healthcare Service Quality, Patient Satisfaction and Loyalty: An Investigation in context of Private Healthcare Systems. Privatehealthcaresystems [Internet]. 2017;35(6):1195–214. Available from: https://www.researchgate.net/publication/324638454_Hospital_Healthcare_Service_Quality_Patient_Satisfaction_and_Loyalty_An_Investigation_in_context_of_Private_Healthcare_Systems

Rostami M, Ahmadian L, Jahani J, aliakbar niknafs. The effect of patient satisfaction with academic hospitals on their loyalty. Int J Health Plann Manage. 2018;34.1:e726–35.

D.juana, Manik E. Empirical study on patient satisfaction and patient loyalty on public hospital in Bandung, Indonesia. I J A B E R [Internet]. 2017;13(6):4305–26. Available from: file:///C:/Users/ASUS/Downloads/60-ijaber-iwan1 (1).pdf

Muli JV, Muathe S, Muchiri M. Human Resource Work- Family Support Services and Employees’ Performance within the Banking Industry in Nairobi County, Kenya. Int J Humanit Soc Sci [Internet]. 2014;4(7). Available from: http://business.ku.ac.ke/images/stories/research/human_resource_work_family_support_services.pdf

Astuti HJ, Nagase K. Patient loyalty to healthcare organizations: Relationship marketing and satisfaction. Int J Manag Mark Res [Internet]. 2014;7(2):39–56. Available from: http://www.theibfr2.com/RePEc/ibf/ijmmre/ijmmr-v7n2-2014/IJMMR-V7N2-2014-4.pdf

Published
2023-01-13
How to Cite
Ajeng Fatmi kartini Amahoru, Susanto, & Nuryakin. (2023). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit: The Effect of Nursing Therapeutic Communication on Patient Satisfaction and Loyalty in the Hospital. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(1), 75-82. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i1.2375