Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas dalam Pencegahan Covid-19 di Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan

Utilization of Health Center Services in Preventing Covid-19 at Batunadua Health Center Padangsidimpuan City

  • Ahmad Safii Hasibuan Departemen Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Aufa Royhan, Padangsidimpuan, Indonesia
  • Hasni Yaturramadhan Departemen Farmasi, Fakultas Kesehatan, Universitas Aufa Royhan, Padangsidimpuan, Indonesia
  • Anto J. Hadi Departemen Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Aufa Royhan, Padangsidimpuan, Indonesia
  • Haslinah Ahmad Departemen Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Aufa Royhan, Padangsidimpuan, Indonesia
Keywords: Covid 19, Puskesmas, Persepsi, Karakteristik Masyarakat, Sikap Petugas

Abstract

Saat ini, Indonesia telah memasuki fase baru dalam penanganan covid 19, berbagai protokol menyambut era new normal telah dipersiapkan oleh pemerintah, termasuk dalam tatanan kesehatan guna memberikan pelayanan kesehatan di masyarakat di era Covid-19  ini membuat tenaga kesehatan harus mengoptimalkan pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi dalam segala hal di sektor pelayanan kesehatan masyarakat. Akibat terbatasnya ruang gerak karena mengikuti protokol kesehatan, masyarakat tetap diberikan haknya sebagai warga negara untuk dilayani melalui layanan elektronik. Kedudukan Puskesmas dalam sistem kesehatan adalah sebagai sarana pelayanan keberhasilan pembangunan kesehatan, sangat ditentukan oleh dukungan sistem nilai dan budaya masyarakat yang secara bersama terhimpun dalam berbagai sistem kemasyarakatan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menilai faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan puskesmas dalam pencegahan covid 19. Jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang berdomisili di Puskesmas Batunadua dan teknik pengambilan sampel purphosive sampling, yaitu dengan syarat: penduduk atau masyarakat yang berdomisili Kecamatan Padangsidimpuan dan ada anggota keluarga yang sakit dalam tiga bulan terakhir. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan menggunakan kuesioner penelitian serta analisis data multivariat dengan regresi logistik. Hasil penelitian di peroleh bahwa ada hubungan pendidikan (p=0,000), persepsi (p=0,004), karakteristik masyarakat (p=0,004), sikap petugas (p=0,000) berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan puskesmas dalam pencegahan covid 19. Kesimpulan bahwa pemanfaatan pelayanan puskesmas dalam pencegahan covid 19 dipengaruhi oleh faktor pendidikan, persepsi, karakteristik masyarakat, dan sikap petugas sehingga diperlukan peran aktif petugas kesehatan dalam mensosialisasikan pentingnya memeriksakan kesehatan pada pelayanan primer pada Puskesmas setempat.

References

Jan S. Shape it up: a school-based education program to promote healthy eating and exercise developed by a health plan in collaboration with a college of pharmacy. J Manag Care Pharm. 2015;15(5):403–13.

Tenforde MW, Kim SS, Lindsell CJ, Rose EB, Shapiro NI, Files DC, et al. Symptom duration and risk factors for delayed return to usual health among outpatients with COVID-19 in a multistate health care systems network—United States, March–June 2020. Morb Mortal Wkly Rep. 2020;69(30):993.

Sumaedi S, Bakti IGMY, Rakhmawati T, Astrini NJ, Widianti T, Damayanti S, et al. A model of intention to use official COVID-19 websites. Health Educ. 2020;

Al-Mansour JF, Al-Ajmi SA. Coronavirus’ COVID-19’-Supply Chain Disruption and Implications for Strategy, Economy, and Management. J Asian Financ Econ Bus. 2020;7(9):659–72.

Wardani RA. Management Of Solid Medical Waste On One Of The Covid19 Referral Hospitals In Surabaya, East Java. J Kesehat Lingkung. 2020;12(1si):38–44.

Taufik T, Warsono H. Birokrasi Baru Untuk New Normal: Tinjauan Model Perubahan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Era Covid-19. Dialogue J Ilmu Adm Publik. 2020;2(1):1–18.

Hadi AJ, Riman EY, Ahmad H, Nur NH, Antoni A. Diet Behavior During Covid-19 Period the Enforcement of Community Activity Restrictions. Pancasakti J Public Heal Sci Res. 2021;1(2):128–32.

Wulandari FK, Achadi A. Analisis Karakteristik dan Persepsi Pengguna Pelayanan Terhadap Pemanfaatan Puskesmas Sebagai Gatekeeper di Dua Puskesmas Kota Bekasi Tahun 2016. J Ekon Kesehat Indones. 2017;2(1).

Primasari KL. Analisis Sistem Rujukan Jaminan Kesehatan Nasional RSUD. Dr. Adjidarmo Kabupaten Lebak. J Adm Rumah Sakit Indones. 2015;1(2).

Rumengan DSS, Umboh JML, Kandou GD. Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan pada peserta BPJS kesehatan di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jikmu. 2015;5(2).

Wahyuni NS. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sumber Rejo Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2012. Depok Univ Indones. 2012;

Wulandari C, Saptaputra S. Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di UPTD Puskesmas Langara Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan Tahun 2016. (Jurnal Ilm Mhs Kesehat Masyarakat). 2016;1(3).

Su’udi A, Hendarwan H. Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Sasaran Program Jaminan Tabalong Sehat di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. J Penelit dan Pengemb Pelayanan Kesehat. 2017;102–12.

Suherman UD, Rusman ADP. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Antenatal Care Di Puskesmas Madising Na Mario Kota Parepare. J Ilm Mns Dan Kesehat. 2018;1(1):1–15.

Marnah M, Husaini H, Ilmi B. Analisis Perilaku Masyarakat dalam Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Paminggir. J Berk Kesehat. 2017;1(2):130–8.

Fatimah S. Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. HIGEIA (Journal Public Heal Res Dev. 2019;3(1):121–31.

Pangemanan JM, Nova HK, Juniver HL. Hubungan Antara Karakterstik Ibu Hamil Dengan Pemanfaatan Pelayanan K1 Dan K4 Di Puskesmas Motoling Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal, Fak Kesehat Masyarakat, Univ Sam Ratulangi, Manad. 2014;

Masita A, Yuniar N, Lisnawaty L. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat Desa Tanailandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Kanapa-Napa Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah Tahun 2015. (Jurnal Ilm Mhs Kesehat Masyarakat). 2017;1(3).

Syarifain A, Rumayar AA, Mandagi CKF. Hubungan antara Pendidikan dan Pendapatan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan oleh Pasien BPJS di Wilayah Kerja Puskesmas Sario Kota Manado. KESMAS. 2017;6(4).

Mengko VV. Pemanfaatan Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Teling Atas Kota Manado. JIKMU. 2015;5(5).

Sari GNSN, Fitriana S, Anggraini DH. Faktor Pendidikan, Pengetahuan, Paritas, Dukungan Keluarga dan Penghasilan Keluarga yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Antenatal. J Ilmu dan Teknol Kesehat. 2015;2(2):77–82.

Agustina S. Persepsi Sakit, Pengetahuan dan Kepuasan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. HIGEIA (Journal Public Heal Res Dev. 2019;3(2):274–85.

Mardiyah UL, Herawati YT, Witcahyo E. Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Antenatal oleh Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2013 (Correlated Factors of Antenatal Services Utilization by Pregnant Women at Community Health Center of Tempurejo. Pustaka Kesehat. 2014;2(1):58–65.

Ulfa ZD, Kuswardinah A, Mukarromah SB. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Maternal Secara Berkelanjutan. Public Heal Perspect J. 2017;2(2).

Basith ZA, Prameswari GN. Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. HIGEIA (Journal Public Heal Res Dev. 2020;4(1):52–63.

Published
2021-11-14
How to Cite
Hasibuan, A. S., Hasni Yaturramadhan, Anto J. Hadi, & Haslinah Ahmad. (2021). Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas dalam Pencegahan Covid-19 di Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan : Utilization of Health Center Services in Preventing Covid-19 at Batunadua Health Center Padangsidimpuan City. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 4(4), 475-481. https://doi.org/10.56338/mppki.v4i4.1905

Most read articles by the same author(s)