Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Pasien BPJS
Effect of Service Quality on BPJS Patient Trust and Satisfaction
Abstract
Di Indonesia kepuasan terhadap pelayanan fasilitas kesehatan masih menjadi permasalahan yang sering di keluhkan oleh masyarakat, Fasilitas layanan kesehatan publik di era jaminan kesehatan nasional (JKN) masih banyak kelemahan, kondisi ini dapat di lihat dan di nilai dari banyaknya keluhan masyarakat pengguna BPJS. Untuk itu, rumah sakit perlu meningkatkan kualitas pelayanan untuk tetap berjalan efektif agar menimbulkan adanya kepercayaan dan kepuasan pasien. Tujuan Penelitian ini untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan dan kepuasan pasien BPJS di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah Semua pasien pengguna layanan BPJS Poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal sebanyak 130 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis pada penelitian ini dengan menggunakan SEM dengan software AMOS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pasien BPJS poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepercayaan dan kepuasan pasien BPJS Poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal.
References
Shan L, Li Y, Ding D, Wu Q, Liu C, Jiao M, et al. Patient satisfaction with hospital inpatient care: Effects of trust, medical insurance and perceived quality of care. PLoS One. 2016;11(10):1–18.
Rusminingsih E, Elsera C. Analisis kepuasan pelayanan keperawatan pada pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD Pandan Arang Boyolali. Urecol Proceeding. 2017;(February):69–77.
Sekaran U, Bougie R. Research Method For Business: A Skill Building Approach [Internet]. edisi 5. new york: John Wiley @ Sons; 2010. Available from: https://books.google.co.id/books?id=a__YI3TJQuAC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Ghozali I. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). [Internet]. edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2014. Available from: https://digilib.undip.ac.id/2012/10/04/structural-equation-modeling-metode-alternatif-dengan-partial-least-square/
Ghozali I. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2017.
Sekaran U, Bougie R. Research Methods for business. edisi 4, b. Jakarta: willey; 2013. 424 p.
haryono siswoyo. METODE SEM UNTUK PENELITIAN MANAJEMEN : AMOS, LISREL & PLS [Internet]. Jakarta: PT. LUXIMA METRO MEDIA; 2017. Available from: http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=36515&pRegionCode=STIKOMSBY&pClientId=701
Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi [Internet]. 7th ed. semarang: Undip : Semarang.,; 2013. Available from: https://dinuslib.web.id/katalog/?p=show_detail&id=6197
Mosadeghrad AM. Factors influencing healthcare service quality. Int J Heal Policy Manag. 2014;3(2):77–89.
kottler. Manajemen Pemasaran [Internet]. 12th ed. Jakarta: erlangga; 2012. Available from: http://www.andrianikusumawati.lecture.ub.ac.id/files/2014/07/ANDRIANI-Manajemen-Pemasaran-Terjemahan-Kotler.pdf
Kotler P, Kevin L, Keller. Manajemen Pemasaran [Internet]. 13th ed. Adi Maulana YSH, editor. Jakarta: erlangga; 2011. Available from: http://lib.ui.ac.id/detail?id=20394300
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.