Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Pasien BPJS

Effect of Service Quality on BPJS Patient Trust and Satisfaction

  • Safitri Puji Rahayu Program Studi Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Nuryakin Program Studi Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Arni Surwanti Program Studi Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan Pasien

Abstract

Di Indonesia kepuasan terhadap pelayanan fasilitas kesehatan masih menjadi permasalahan yang sering di keluhkan oleh masyarakat, Fasilitas layanan kesehatan publik di era jaminan kesehatan nasional (JKN) masih banyak kelemahan, kondisi ini dapat di lihat dan di nilai dari banyaknya keluhan masyarakat pengguna BPJS. Untuk itu, rumah sakit perlu meningkatkan kualitas pelayanan untuk tetap berjalan efektif agar menimbulkan adanya kepercayaan dan kepuasan pasien. Tujuan Penelitian ini untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan dan kepuasan pasien BPJS di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah Semua pasien pengguna layanan BPJS Poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal sebanyak 130 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis pada penelitian ini dengan menggunakan SEM dengan software AMOS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pasien BPJS poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepercayaan dan kepuasan pasien BPJS Poliklinik penyakit dalam di RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal.

 

References

Shan L, Li Y, Ding D, Wu Q, Liu C, Jiao M, et al. Patient satisfaction with hospital inpatient care: Effects of trust, medical insurance and perceived quality of care. PLoS One. 2016;11(10):1–18.

Rusminingsih E, Elsera C. Analisis kepuasan pelayanan keperawatan pada pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD Pandan Arang Boyolali. Urecol Proceeding. 2017;(February):69–77.

Sekaran U, Bougie R. Research Method For Business: A Skill Building Approach [Internet]. edisi 5. new york: John Wiley @ Sons; 2010. Available from: https://books.google.co.id/books?id=a__YI3TJQuAC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Ghozali I. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). [Internet]. edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2014. Available from: https://digilib.undip.ac.id/2012/10/04/structural-equation-modeling-metode-alternatif-dengan-partial-least-square/

Ghozali I. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2017.

Sekaran U, Bougie R. Research Methods for business. edisi 4, b. Jakarta: willey; 2013. 424 p.

haryono siswoyo. METODE SEM UNTUK PENELITIAN MANAJEMEN : AMOS, LISREL & PLS [Internet]. Jakarta: PT. LUXIMA METRO MEDIA; 2017. Available from: http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=36515&pRegionCode=STIKOMSBY&pClientId=701

Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi [Internet]. 7th ed. semarang: Undip : Semarang.,; 2013. Available from: https://dinuslib.web.id/katalog/?p=show_detail&id=6197

Mosadeghrad AM. Factors influencing healthcare service quality. Int J Heal Policy Manag. 2014;3(2):77–89.

kottler. Manajemen Pemasaran [Internet]. 12th ed. Jakarta: erlangga; 2012. Available from: http://www.andrianikusumawati.lecture.ub.ac.id/files/2014/07/ANDRIANI-Manajemen-Pemasaran-Terjemahan-Kotler.pdf

Kotler P, Kevin L, Keller. Manajemen Pemasaran [Internet]. 13th ed. Adi Maulana YSH, editor. Jakarta: erlangga; 2011. Available from: http://lib.ui.ac.id/detail?id=20394300

Published
2021-10-30
How to Cite
Safitri Puji Rahayu, Nuryakin, & Arni Surwanti. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Pasien BPJS : Effect of Service Quality on BPJS Patient Trust and Satisfaction. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(1), 65-72. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i1.1882