Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Ibu Menyusui Pasca Operasi Caesar Di Rsud Gayo Lues Tahun 2019

Irwan Hanafi(1*), Muhammad Badiran(2), Iman Muhammad(3)


(1) Mahasiswa S2, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
(2) Dosen S2, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Masyarakat
(3) Dosen S2, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Masyarakat
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/mppki.v3i2.1081

Abstract


Pemberian ASI eksklusif dimulai persiapannya sejak janin masih dalam kandungan ibunya. Hal ini sangat mendasar karena kualitas kesehatan ibu dan janin dalam kandungan akan sangat menentukan kualitas pertumbuhan dan perkembangan bayi selanjutnya. Menurut hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI), didapati jumlah pemberian ASI eksklusif pada bayi di bawah usia 2 (dua) bulan hanya mencakup 64 % dari total bayi yang ada. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi prilaku ibu menyusui pasca operasi caesar di RSUD Gayo Lues Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan menggunakan pendekatan desain Cross Sectional. Populasi adalah seluruh ibu yang melakukan opersai caesar di RSUD Gayo Lues periode bulan Januari sampai Maret sebanyak 67 responden. Tehnik yang digunakan adalah Total Sampling yaitu sebanyak 67 responden. Pengumpulan data yang dilakukan dengan data primer, sekunder, dan tersier. Analisis data dengan analisis univariat, bivariat (uji Chi Square), multivariat (Regresi Logistik Berganda). Hasil penelitian menun-jukkan bahwa variabel promosi susu formula mayoritas mendukung sebanyak 56 responden (83,6%) sig 0,001 dan OR 126,237, dukungan tenaga kesehatan mayoritas mendukung sebanyak 48 responden (71,6%) sign 0,015, Kes-impulan variabel paling dominan yang mempengaruhi prilaku ibu menyusui pasca operasi caesar adalah promosi susu formula. Bagi pemerintah daerah maupun pemerintah pusat diharapkan adanya kebijakan demi terciptanya tujuan utama dalam pencapaian target dalam menyususi secara eksklusif, terutama mengenai peredaran susu formula yang sudah menjadi hal biasa beredar dilingkungan tenaga kesehatan maupun lingkungan masyarakat.


Keywords


Promosi Susu Formula

Full Text:

PDF

References


Fau SY, Nasution Z, Hadi AJ. Faktor Predisposisi Ibu Usia Remaja Terhadap Pemberian ASI Ek-sklusif pada Bayi di Kecamatan Luahagundre Maniamolo Kabupaten Nias Selatan. MPPKI (Media Publ Promosi Kesehat Indones Indones J Heal Promot. 2019;2(3):165–73.

Soetjiningsih. Seri Gizi Klinik ASI Petunjuk Untuk Tenaga Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 1997.

(SDKI) SDKI. Angka Kematian Bayi. 2013;

Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara KK. Cakupan Persentase Pemberian ASI Eksklusif. 2017;

Susanti NI. Usia Tepat Mendapat Makanan Tamba-han. 2004.

Khairunniyah. Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif Ditinjau Dari Faktor Motivasi, Persepsi, Emosi, dan Sikap Pada Ibu Yang Melahirkan. Padjajaran; 2004.

Riski Candra Karisma AT. Faktor-faktor yang

Published By: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

MPPKI (Januari, 2020) Vol. 3. No. 1

Copyright © 2018 MPPKI. All rights reserved

Mempengruhi Pemberian Susu Formula pada Bayi Usia 0-6 Bulan di Desa Panggungrejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. 2017;21–8.

Albab FU. Hubungan Promosi Susu Formula dengan Pengambilan Keputusan Keluarga dalam Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Pusk-esmas Arjasa Kabupaten Jember. Jember; 2013.

Firdausy NP. Faktor yang Mempengaruhi Ibu dalam Pemberian Susu Formula pada Bayi Usia 0-6 Bulan di Desa Wringin Anom Kecamatan Sambit Kabu-paten Ponorogo. 2014;

Oetama J. Dorong Pemanfaatan ASI, Atur Promosi Susu Formula. Kompas.com. 2011 Mar;

Era Nurasia Windari, Amalia Kusuma Dewi S. Pengaruh Dukungan Tenaga Kesehatan Terhadap Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Pusk-esmas Sisir Kelurahan Sisir Kota Batu. J Issues Midwifery. 2017;1 No. 2:19–24.

Hidayat AA. Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisis Data. I. Yogyakarta: Salemba Med-ika; 2014.

Dagun MS. Psikologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta; 2002.


Article Statistic

Abstract view : 31 times
PDF views : 6 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Irwan Hanafi, Muhammad Badiran, Iman Muhammad


Lisensi Creative Commons

is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu

Editorial Address : Jalan Bukit Jabal Nur No. 3 Palu, Sulawesi Tengah 94118

ISSN (Online) 2597-6052


Flag Counter