Peran Majelis Pendidikan dalam Menguatkan Moderasi Beragama (Studi pada Program Institut Leimena Indonesia)

The Role of the Educational Assembly in Strengthening Religious Moderation (Study on the Leimena Indonesia Institute Program)

  • Makmur Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Poso, Poso, Indonesia
  • Uswatun Hasanah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Poso, Poso, Indonesia
  • Muhammad Mahfuddin Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Poso, Poso, Indonesia
Keywords: Institut Leimena Indonesia, Literasi Keagamaan Lintas Budaya (LKLB), Majelis Pendidikan Islami, Moderasi Beragama

Abstract

Penelitian ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui implikasi kegiatan Literasi Keagamaan Lintas Budaya (LKLB) yang diprogramkan dan diimplementasikan oleh Institut Leimena Indonesia. Majelis Pendidikan Islami yang dikembangkan oleh Institut Leimena melalui program Literasi Keagamaan Lintas Budaya (LKLB) dapat menguatkan dan mengeksplor pendidikan moderasi beragama diseluruh dunia. Institut Leimena memfasilitasi diskusi lintas agama dan budaya dengan pendekatan komprehensif dalam tiga kompetensi yang dimiliki oleh manusia, yaitu: pribadi, kolaboratif dan komparatif, dengan tujuan untuk memperkuat pemahaman agama dan budaya ditengah masyarakat multikultur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan analisis tekstual dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Literasi Keagamaan Lintas Budaya (LKLB) berperan secara signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang moderasi beragama dan toleransi antar umat beragama baik di kanca nasional maupun internasional. Penelitian ini diharapkan berimplikasi terhadap meningkatkanya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap sikap moderat dan toleran terhadap semua aspek perbedaan yang dimiliki antar sesama manusia.

References

Abdurrahman, Metode Penelitian Kepustakaan dalam Pendidikan Islam, Adabuna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, Vol. 3, No. 2, (2024): 102-113. https://doi.org/10.38073/adabuna.v3i2.1563

Arikarani, Yesi, dkk., Konsep Pendidikan Islam Dalam Penguatan Moderasi Beragama, Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, Vol. 7, No. 1, (2024): 71-88. https://doi.org/10.37092/ej.v7i1.840

Haryono, Eko, dkk., New Paradigm Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) di Perguruan Tinggi, An-Nuur: The Journal of Islamic Studies, Vol. 14, No. 1, (2024): 1-9. https://doi.org/10.58403/annuur.v14i1.391

Jaohar Tsani, Muhammad dan Sofyan Sauri, Pendidikan Islam: Konsep, Masalah, dan Solusi, Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 19, No. 1, (2024): 184-199. https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.26032

Muhidin, dkk., Moderasi Dalam Pendidikan Islam Dan Perspektif Pendidikan Nasional, Religion Education Social Laa Roiba Journal, Vol. 4, No. 1, (2021): 22-33. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.456

Mukhibat, M., dkk., Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan), Journal of Islamic Education Management, Vol. 4, No. 1, (2023): 73-88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133

Qonita, Rifatul dan Arditya Prayogi, Strategi Penumbuhan Nilai-nilai Pendidikan Islam Bagi Remaja: Studi di Majelis Taklim Nurul Amin Denasri Kulon Batang, Journal of Islamic Education, Vol. 1, No. 2, (2023): 175-193. https://doi.org/10.62448/bujie.v1i2.37

Seiple, Chris, dkk., 2023. Literasi Keagamaan Lintas Budaya: Anda, Mereka, dan Apa yang Dapat Dilakukan Bersama, Jakarta : Perkumpulan Institut Leimena.

Subagiya, Bahrum, Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis, Jurnal Ta’dibuna, Vol. 12, No. 3, (2023): 304-318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14113

Sulastri, Friti dan Alimni, Peranan Majelis Taklim Al-Ikhlas Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Non Formal Di Desa Taba Pasmah Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 6, No. 4, (2023): 3204-3212. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Yunus, Muhammad, dkk., Majelis Taklim dan Perannya dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama, Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, Vol. 2, No. 6, (2024): 116-122. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i6.617

Zenal Arifin, Jeje, dkk., Peran Himpunan Majelis Taklim “Muslimah” (Penelitian Di Himpunan Majelis Taklim Muslimah Perumahan Grand Mutiara, Klari-Kabupaten Karawang, Jawa Barat), Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1, (2023): 17-27. https://journal.albadar.ac.id

https://leimena.org/tentang-kami/, diakses pada tanggal 15 Oktober 2024 pukul 12.37 WITA.

https://leimena.org/programs/, diakses pada tanggal 15 Oktober 2024 pukul 12.43 WITA.

https://quran.nu.or.id/al-hujurat/13, diakses pada tanggal 15 Oktober 2024 pukul 12.52 WITA.

Published
2025-01-30
How to Cite
Makmur, Uswatun Hasanah, & Mahfuddin, M. (2025). Peran Majelis Pendidikan dalam Menguatkan Moderasi Beragama (Studi pada Program Institut Leimena Indonesia): The Role of the Educational Assembly in Strengthening Religious Moderation (Study on the Leimena Indonesia Institute Program). Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 20(1), 76-81. https://doi.org/10.56338/iqra.v20i1.6775
Section
Articles