Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik

Utilization of Information Technology-Based Learning Media to Increase Students' Interest in Learning

  • Mansur Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Ferry Fayuhi Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Normawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Media Pembelajaran, Teknologi Informasi, Minat Belajar

Abstract

Pada abad ke 20 sekarang ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat berpengaruh kedalam dunia pendidikan. Pendidikan di zaman modern saat ini, guru dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan dalam membuat media pembelajaran yang digunakan guna untuk meningkatkan kecerdasan berpikir peserta didik, apabila media tersebut belum tersedia, maka guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang pelajaran yang akan diajarkan. Sebuah lembaga Pendidikan atau Madrasah merasa sangat berhasil apabila dalam proses pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan akan tetapi sebaliknya sebuah Lembaga Pendidikan merasa sedih dan menurun apabila dalam peroses pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan, misalnya guru tidak menguasai kelas seperti peserta didik tidak memperhatikan materi yang disampaikan, mengantuk, keluar masuk kelas dan bahkan sibuk berbicara dengan temannya sendiri. Minat belajar peserta didik terkadang mengalami pasang surut dalam proses    pembelajaran. Ada kalanya semangat itu datang dengan penuh antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Tanpa dimintapun mereka selalu bertanya, akan tetapi, tak jarang juga peserta didik mengalami kehilangan semangat belajarnya. Hari-hari di sekolah / Madrasah hanya dilewati dengan bermain, tertidur dan bahkan ada yang tidak mau masuk dalam proses pembelajara. Agar tidak terjadi seperti itu, maka semua komponen dalam pembelajaran dioptimalkan khususnya dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang sangat diharapkan agar dapat menimbulkan minat peserta    didik dalam belajar. Pembelajaran yang optimal harus melibatkan beberapa komponen-komponen antara lain, guru, tujuan, materi pelajaran, media, sistem pengajaran, sumber belajar (internet), manajemen intraktif, dan evaluasi peserta didik

References

Abdul Majid. (2017). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosda Karya.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. CV Mitra Karya.
Hamzah B.Uno. (2009). Profesi Kependidikan (Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. PT. Bumi Aksara.
Husniyatus Salamah Zainiyati. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis ICT. Kencana Prenada Media Group.
Made Wena. (2010). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Bumi Aksara.
Muhammad Siri Dangnga, A. A. M. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Inovatif. Sibuku.
Rusman, Deni Kurniawan, C. R. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT Rajagrafindo Persada.
Sodiq Anshori. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran (Civic-Culture). Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya.
Suyanto, A. J. (2013). Menjadi Guru Profesional, Strategi meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Esensi Erlangga Group.
Wina Sanjaya. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Published
2024-08-19
Section
Artikel Penelitian