Penerapan Metode Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VI SD Inpres Baina’

Application of the Explicit Instruction Method in Islamic Religious Education Subjects in Class VI SD Inpres Baina’a

  • Musta’an Karadjo Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Mansur Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Penerapan Metode, Explicit Instruction, Mata Pelajaran

Abstract

Masalah yang hendak dikaji dari penelitian ini yaitu penerapan metode explicit instruction di SD Inpres Baina’a untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam rangka mengembangkan kognisi, afeksi, dan sekaligus psikomotorik dalam tinjauan pendidikan Islam. Subyek penelitian adalah semua guru SD Inpres di Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong khususnya sampel yang dijadikan objek penelitian adalah SD Inpres 2 Baina’a. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk penerapan metode pembelajaran explicit instruction guru pendidikan Islam yang dilaksanakan. Di samping itu juga faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode explicit instruction guru pendidikan agama islam di SD Inpres Baina’a yang berada dilokasi penelitian. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu metode analisanya yakni datanya diteliti dengan analisa kualitatif deskriptif untuk menghasilkan data secara mendalam yang terkait dengan penerapan metode explicit instruction di SD Inpres Baina’a untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tehnik pengumpulan data penelitian melalui tes, wawancara dan observasi serta penelusuran dokumen yang berkaitan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan hasil peneltian ditemukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam rangka membentuk kognisi, afeksi, dan sekaligus psikomotorik

References

Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung (2009).
Arif dan Wandi Saputra, “Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Geografi Kelas XI SMA”. GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan 7, no. 2 : (2019), 20-28
Arikunto, Suharsimi, (2006), Prosedur Penelitian Ilmiah, Suatu Pendekatan Praktik, Cet XIII; Jakarta: Rineka Cipta,
Hamzah, B Uno, Mohamad Nurdin. (2011). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta Bumi Aksara.
Hadi, Sutrisno, (1995), Metodologi Research, Cet. III; Yogyakarta: Univ. Gajah Mada,
Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta Lajnah Pentahsis al-Qur’an
Kementerian Agama RI (2019). Republik Indonesia. Undang-Undang R.I Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas. Bandung: Citra Umbara.
Rosenshine, Barak, “Principles of instruction”. Educational practices series; Vol.:21; 2010 Republik Indonesia. Undang-Undang RI. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Shoimin, Aris. (2010). Penerapan Kalaborasi Model Pembelajaran Explicit Interaction. Yogyakarta.
Sugiyono, (2011) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta.
Trianto. (2009). Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka. .
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Explicit Instruction. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2024-08-19
Section
Artikel Penelitian