Transformasi Pendidikan Melalui Strategi Mutu yang Unggul di Kota Palu
Educational Transformation Through Superior Quality Strategies in Palu City
Abstract
Transformasi pendidikan merupakan respons terhadap perubahan global dan perkembangan teknologi, dengan tujuan mencapai strategin mutu yang unggul. Pemanfaatan platform digital, seperti platform pembelajaran online dan aplikasi edukasi, menjadi kunci dalam mewujudkan transformasi ini. Studi ini menggali dampak positif, seperti aksesibilitas pendidikan yang lebih luas, pembelajaran adaptif, dan inovasi metode pengajaran. Namun, hambatan seperti kesenjangan akses teknologi, kesulitan integrasi teknologi dalam kurikulum, dan risiko keamanan privasi data siswa juga teridentifikasi. Metode penelitian melibatkan analisis literatur dan tinjauan implementasi platform digital di berbagai lembaga pendidikan. Kesimpulan menyatakan bahwa kerja sama bersama dan langkah proaktif diperlukan untuk mengatasi tantangan, memastikan keamanan, dan menjaga keberhasilan transformasi pendidikan ini. Transformasi ini tidak hanya tentang memberikan akses lebih luas, melainkan juga tentang meminimalkan kesenjangan, mengatasi tantangan, dan memastikan pendidikan yang lebih inklusif dan adaptif untuk masa depan
References
Abudin Nata, 2014. Sosiologi Pendidikan Islam. Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada.
Benny Karyadi,. (2005). Penerapan Konsep CBSA di Sekolah Dasar. Dalam IGAK Wardani, dkk., Kurikulum dan Pembelajaran (Buku Materi Pokok Universitas Terbuka). Jakarta:Universitas Terbuka
Cintamulya, Imas, dkk. (2010). Peranan Pendidikan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia di Era Informasi dan Pengetahuan, Jurnal Formatif, No. 2, vol. 2.
E. Mulyasa, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Harjanto. (1997). Perencanaan Pengajaran. Jakarta:PT Rineka Cipta
Hasbullah. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Depok: Rajawali Pers
Ikhsan, (2022). Apa itu Era Disrupsi dan Dampaknya, dalam Sasana Digital, diakses tanggal Oktober 2024.
Kande, Fredrik (2008). Membedah Kekuatan dan Kelemahan KTSP, diambil 17 Oktober 2009 dari http://re-searchengines.com/frederik0608.html
Maksum, Ali. (2016). Sosiologi Pendidikan, cet. 1; Malang: Madani,
Oemar Hamalik, (2005). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta:PT Bumi Aksara
Rokhman, Fathur. (2022). Perguruan Tinggi Menyambut Era Disrupsi, Semarang; UNNES, 2022
Rudi Susilana, (2009). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Dalam Asep H. Hernawan, dkk.,Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran (Buku Materi Pokok Universitas Terbuka). Jakarta:Universitas Terbuka
Sagala, Syaiful. (2017). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, cet. 7; Bandung: Alfabeta