Penerapan Metode Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik Tuna Grahita di Sekolah Luar Biasa (SlB)-ABCD Muhammadiyah Palu Kelurahan Lere Kecamatan Palu Barat

  • Abdul Halik Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Metode pembelajaran Tematik, SLB

Abstract

Metode Pembelajaran tematik merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan beberapa materi pelaajran dalam satu tema kemudian diajarkan pada waktu yang sama. Metode pembelajaran tematik dianggap sebagai matode pembelaajran yang paling sesuai bila diajarkan diksekolah dasar  dan Sekolah Luar Biasa tingkat dasar, karena peserta didik tidak dibebankan untuk memahami beragam  materi pelajaran,  sehingga memudahkan peserta didik untuk belajar. Namun demikian  di  Sekolah  Luar  Biasa  (SLB)-ABCD Muhammadiyah  Palu ternyata  pelaksanaan  metode pembelajaran  temtik memiliki berbagai  kendala dalam penerapannya sebagaimana hasil penelitian ini.

References

Pane A, Dasopang MD. Belajar dan pembelajaran. Fitrah J Kaji Ilmu-Ilmu Keislam. 2017;3(2):333–52.

Wibowo V. PROSIDING SEMINAR NASIONAL VOKASI DAN TEKNOLOGI KE-1 (SEMNASVOKTEK).

FITRIANI EVI. PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR. FKIP UNPAS; 2016.

Badara A. Analisis wacana: Teori, metode, dan penerapannya pada wacana media. Prenada Media; 2014.

Sugiarto E. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis: Suaka Media. Diandra Kreatif; 2017.

Siregar YL, Harahap FY. PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI.

Amirudin A, Widiati U. Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar. In: Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016. 2017.

Karsidi D. Sosiologi Pendidikan. 2005;

Hanum NS. Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). J Pendidik Vokasi. 2013;3(1).

Masdul MR (2018) Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 13(2): 1–9.

Published
2021-06-29
How to Cite
Halik, A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik Tuna Grahita di Sekolah Luar Biasa (SlB)-ABCD Muhammadiyah Palu Kelurahan Lere Kecamatan Palu Barat. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 14(1), 39-43. https://doi.org/10.56338/iqra.v14i1.1555
Section
Articles