Pentingnya Pembentukan Karakter dalam Rangka Pendidikan Menuju Perbaikan Bangsa
Abstract
Tujuan penulisan jurnalini adalah untuk memaparkan deskripsi tentang makna karakter dan pendidikan karakter, pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan dan juga peran pendidikan karakter terhadap kemajuan bangsa. Penulis menyimpulkan bahwa Karakter adalah keadaan yang sebenarnya dari dalam diri seorang individu, yang membedakan antara dirinya dengan individu lain. Sedangkan pendidikan karakter adalah suatu sistem yang menanamkan nilai-nilai karakter kepada seorang individu, yang meliputi: ilmu pengetahuan, kesadaran, kemauan dan tindakan untuk dapat melaksanakan nilai-nilai tersebut baik terhadap Tuhan YME, dirinya sendiri, orang lain, lingkungannya maupun bangsa dan negaranya. Pendidikan karater merupakan pendidikan yang dilakukan untuk membentuk kepribadian seseorang agar menjadi pribadi yang baik. Selanjutnya, dengan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik akan menjadikan kualitas peserta didik menjadiunggul tidak hanya dalam aspek kognitif, namun juga dalam karakternya. Anak yang unggul dalam karakter akan mampu menghadapi persoalan dan tantangan dalam hidupnya. Selain itu, untuk memperkuat kualitas karakter moral bangsa, pendidikan karakter sejak dini sangat diperlukan. Tentu saja dimulai dari pendidikan moral di dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sekitar. Penulis menyarankan bahwa pemerintah harus menyiapkan beberapa kebijakan yang terkait dengan pendidikan seperti menyiapkan kurikulum pendidikan yang lebih baik agar generasi tua dapat memiliki karakter yang sangat baik. Dan juga kepada lembaga pendidikan formal (sekolah) sebagai fasilitasi yang tepat untuk mengembangkan karakter generasi, harus mampu mempersiapkan pendekatan tertentu termasuk pengembangan kurikulum dan inovasi yang efektif sebagai metode belajar-mengajar.
References
Anisah N. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara. IAIN Salatiga; 2015.
Manasikana A, Anggraeni CW. Pendidikan Karakter Dan Mutu Pendidikan Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan 2018; 2018.
Suyanta S. Membangun Pendidikan Karakter Dalam Masyarakat. J Ilm Islam Futur. 2013;13(1):1–11.
Anggito A, Setiawan J. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher); 2018.
Haryati S. Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. lihat http//lib untidar ac id/wp-content/uploads/2017/01/Pendidikan-Karakter-dalam-kurikulum pdf. 2017;
Rosidatun N. Peran Guru Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Malam Bina Iman Dan Taqwa Siswa Kelas Vi Di Mi An-Najihah Babussalam Madiun Tahun Pelajaran 2017-2018. IAIN ponorogo; 2018.
Mahfud M, Ismail T, Zoelva H, Maarif AS, ASP MJ, Hidayat A, et al. Prosiding Kongres Pancasila IV: Srategi Pelembagaan Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia. Pusat Studi Pancasila UGM; 2012.
Jahroh WS, Sutarna N. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral. In: Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. 2016.
Sahroni D. Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. In: Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling. 2017. p. 115–24.
Sukmana O, Kurniawan LJ, Masduki M, Abdussalam A. Negara Kesejahteraan dan Pelayanan Sosial. Intrans Publishing; 2015.
Mansyur MH. PELAJARAN DARI GURU BUDI. Wahana Karya Ilm Pendidik. 2018;3(01).
Copyright (c) 2019 Normawati Normawati, Hasriana Hasriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â