Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Wanagading Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong

  • Rahmawati Rahmawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Motivasi Belajar, Metode Tanya Jawab, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Upaya Meningkatkan Motivasi  Belajar Peserta Didik Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Wanagading Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Wanagading, diawali oleh guru dengan Memetekan SK, KD dan materi pelajaran Akidah Akhlak agar dapat menggunakan metode pembelajaran tanya jawab, menyusun silabus dan RPP dan memasukan metode pembelajaran tanya jawab, kemudian, menyiapkan sumber belajar dan media pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran tanya jawab dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Dampak upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Wanagading, yaitu: Memudahkan guru dalam membuat perangkat pelajaran karena SK dan KD telah dipetakan sesuai metode pembelajaran yang telah diterapkan, proses pembelajaran Akidah Akhlak menjadi lebih menarik dan memotivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.

References

Raharjo SB. Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. J Pendidik dan Kebud. 2010;16(3):229–38.

Mahendra Y. Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL PAGELARAN PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (PPDN) 2019. 2019. p. 257–66.

Masrukin A, Arba’i A. Metode Diskusi Dan Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Ski Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII-H MTS Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. J Intelekt J Pendidik Dan Stud Keislam. 2018;8(3):451–66.

Rukajat A. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish; 2018.

Afandi M, Chamalah E, Wardani OP, Gunarto H. Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula. 2013;

Siburian N. Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Memecahkan Soal Fisika Dengan Menggunakan Taksonomi Bloom Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana di Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan TP 2019/2020. 2020;

Sukriyatun G. “PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS (Sejarah) DI KELAS 9.1 TENTANG PERANG DUNIA II, DI SMPN 16 KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Istor J Pendidik dan Sej. 2016;12(1).

Syafitri R. Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui strategi giving questions and getting answers pada siswa. J Penelit Dan Pengemb Pendidik. 2017;1(2).

Astaman A, Kadir S and Masdul MR (2018) Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). Jurnal Kolaboratif Sains 1(1).

Published
2021-07-07
How to Cite
Rahmawati, R. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Wanagading Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 16(1), 47-54. https://doi.org/10.56338/iqra.v16i1.1591
Section
Articles