Problematika Keluarga bagi Pembentukan Kepribadian Anak di Desa Ngatabaru Kecamatan Sigi Biromaru

  • Nurul Hidayah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Muh. Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Rahmawati Rahmawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Problematika Keluarga, Kepribadian Anak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana problematika keluarga di desa Ngatabaru, dan bagaimana implikasi problematika keluarga bagi pembentukan kepribadian anak di desa Ngatabaru. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan sebagai pendekatan penelitian ini yang mana berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami dan dilakukan untuk menghasilkan data yang objektif dengan kejadian-kejadian yang terjadi dilokasi penelitian serta tidak memerlukan hipotesis yang sifatnya menduga-duga. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data dan reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kepribadian pada anak di Desa Ngatabaru cukup baik, hanya saja terdapat 2 macam problematika dalam keluarga yaitu disebabkan pendidikan orang tua yang cenderung rendah dan juga faktor ekonomi yang rendah. Masalah keluarga ini kemudian akan berdampak terhadap kepribadian anak dimasa depan. Banyaknya anak yang tidak melanjutkan sekolah dan lebih memilih untuk menikah muda, kurangnya perhatian orang tua menjadi figur teladan bagi  anaknya. Namun ada sebagian orang tua di desa Ngatabaru ini yang memiliki pendidikan menengah cenderung ingin menjadikan anaknya memiliki kepribadian yang baik dengan menyekolahkannya ke jenjang yang lebih tinggi dengan tujuan ingin merubah desa Ngatabaru kearah yang lebih maju. Hal ini harus menjadi perhatian bersama baik dari orang tua, anak dan juga tokoh masyarakat lainnya yang dapat mendukung lahirnya para pemuda yang berkepribadian baik dan juga beriman. Penelitian ini dalam deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan sesuatu apa adanya. Dan penelitian ini diharapkan juga mampu memberikan pengertian tentang pentingnya pendidikan bagi orang tua dan juga ekonomi yang dapat mendukung anak mempunyai kepribadian yang baik.

References

Ansharuddin M. Upaya Pendidikan Keluarga dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Desa Daun Sangkapura Bawean Gresik. CENDEKIA J Stud Keislam. 2018;4(2):215–32.

Arisandi Y. Peran Pendidikan dalam Membentuk Masyarakat yang Beradab. J Pendidik Islam. 2017;7(2):229–48.

Subianto J. Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia J Penelit Pendidik Islam. 2013;8(2).

Syarbini A. Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Elex Media Komputindo; 2014.

Rindawan IK, Purana IM, Siham FK. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. J Pacta Sunt Servanda. 2020;1(2):53–63.

Adnan MF, Kadir S, Lasawali AA. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DI SMP IT AL-FAHMI PALU PADA TAHUN 2018. J Kolaboratif Sains. 2020;1(1).

Published
2021-07-03
How to Cite
Hidayah, N., Masdul, M. R., & Rahmawati, R. (2021). Problematika Keluarga bagi Pembentukan Kepribadian Anak di Desa Ngatabaru Kecamatan Sigi Biromaru. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 15(2), 59-62. https://doi.org/10.56338/iqra.v15i2.1572
Section
Articles