Kesiapsiagaan Tenaga Kesehatan dalam Tanggap Kegawatdaruratan Bencana Banjir di Puskesmas Tibawa Kabupaten Gorontalo

  • Pipin Yunus Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Fidyawati Aprianti A Hiola Dosen Program Studi D-IV Kebidanan Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Keywords: Kesiapsiagaan, Tenaga Kesehatan, Bencana Banjir

Abstract

Bencana menjadi salah satu isu kontemporer dalam ranah pergaulan internasional yang membutuhkan perhatian khusus, karena dampak yang ditimbulkan mengakibatkan penderitaan bagi masyarakat baik berupa  korban  jiwa  manusia, kerugian  harta benda maupun kerusakan lingkungan. Tujuan dalam pnelitian ini untuk menguraikan faktor kesiapsiagaan tenaga kesehatan dalam tanggap kegawatdaruratan bencana banjir di Puskesmas Tibawa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilakukan bulan mei–September 2020 diwilayah kerja puskesmas tibawa. Desain penelitian ini menggunakan tipe penelitian survey untuk mendiskripsikan informasi informasi dengan pendekatan penelitian analitik kesehatan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 responden dengan tehnik total sampling dengan menggunakan kusioner pegetahuan, sikap dan kesiapsiagaan. Hasil analisis didapatkan pengetahuan baik dengan kesiapsiagaan tidak siap sebanyak 2 orang dan siap sebanyak 27 orang dan pengetahuan kurang dengan kesiapsiagaan tidak siap sebanyak 39 orang dan siap sebanyak 1 orang sedangkan sikap baik dengan kesiapsiagaan tidak siap sebanyak 60 orang dan siap sebanyak 3 orang dan siakp kurang dengan kesiapsiagaan tidak siap sebanyak 4 orang dan siap sebanyak 2 orang. Kesiapsiagaan tenaga kesehatan sangat perlu dilakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam penanganan bencana banjir.

 

Kata Kunci: Kesiapsiagaan, Tenaga Kesehatan, Bencana Banjir

References

Abd Hakim Husen, Kaelan C, Nurdin A, Hadi AJ. Faktor Determinan Kesiapsiagaan Perawat Terhadap Bencana Gunung Meletus (Gamalama) di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Ternate. Wind Heal J Kesehat. 2020;159–67.

Alfabeta. Ramli, S, 2010. Pedoman Praktis Manajemen Bencana, Jakarta.

Ariyanti, S., Hadi, M., & Arofiati, F. (2017). Hubungan karakteristik perawat dan karakteristik organisasi dengan perilaku caring perawat pelaksana di ruang rawat inap rumah sakit kartika husada. Jurnal Kesehatan Soedirman, 12.

Azwar, S, 2011. Sikap Manusia. Teori dan Pengukurannya, Edisi 2, Yogyakarta Pustaka Belajar.

Bukhari., Mudatsir, & Sari, S. A. (2015). Hubungan sikap tentang regulasi, pengetahuan dan sikap perawat terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi di badan pelayanan umum daerah rumah sakit ibu dan anak pemerintah Aceh tahun 2013. Jurnal Ilmu Kebencanaan,

BNPB. 2017. Buku Saku Tanggap Tangkas Menghadapi Bencana.

Cut Husna, (2011) Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kesiapsiagaan Bencana di RSUDZA Banda Aceh. Idea Nursing Journal ISSN : 2087-2879.

Edberg, M, 2010. Buku Ajar Kesehatan Masyarakat, Teori Sosial dan Perilaku (alih bahasa Anwar H dkk), Jakarta : EGC.

Fakhrurrazi, Mulyadi & Nizam Ismail, (2015). Pengetahuan dan Sikap Tenaga Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pidie Jaya Terhadap Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Risiko Bencana. Jurnal Ilmu Kebencanaan ISSN. 2355 – 3324. Hal. 1-12.

Firmansyah, I., Rasni, H. dan Rondhianto. 2014. Hubungan engetahuan dengan Perilaku Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Bencana Banjir dan Longsor pada Remaja Usia 15-18 tahun di SMA Al-Hasan Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Jurnal Ilmiah Tidak Dipublikasikan: 1-8.

Hamarno Rudi. 2016. Keperawatan dan Kegawatdaruratan Manajemen Bencana. Jakarta Selatan: Pusdik SDM kesehatan.

Husein A. & Aidil O. 2017. Manajemen Bencana. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Infodatin. (2017). Pusat data dan informasi kementerian kesehatan RI: situasi tenaga keperawatan Indonesia.

Indri, Gamya T, & Febriana, (2020) Gambaran Pengetahuan dan Sikap Perawat Tentang Kesiapsiagaan Pelayanan Kesehatan dalam Menghadapi Bencana Banjir. Jurnal Ners Indonesia, Vol.10 No.2.

Kementeriaan Kesehatan RI,2012. Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Kesehatan.

Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 12/Menkes/SK/I/2002, tentang Pedoman Koordinasi Penanggulangan Bencana di Lapangan.

Maarif, S, 2011. Gema BNPB. Ketangguhan Bangsa Dalam Menghadapi Bencana. Kepemimpinan Hingga Filosofi sang Jenderal dalam Penanggulangan Bencana, Jakarta : BNPB.

Moleong, L.J, 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mubarak,W dan Chayatin, N, 2009. Ilmu Keperawatan Komunitas. Pengantar dan Teori, Jakarta : Salemba Medika.

Muninjaya, A.A.G, 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta : EGC. Murti,

Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 4 Tahun 2008, tentang Pedoman Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana.

PPK Kemenkes RI, 2011. Pedoman Teknis Penanggulangan Krisis Akibat Bencana (mengacu pada standar Internasional). Technical Guidelines For Health Crisis. Panduan Bagi Petugas Kesehatan yang Bekerja dalam Penanganan Krisis Kesehatan akibat Bencana di Indonesia, Jakarta.

Pusponegero, A. D, 2011. The Silent Disaster Bencana, dan Korban Massal, Jakarta : Sagung Seto.

Riduwan, 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Bandung:

Sugiono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung; Alfabeta.

Syahrizal., Karim, D., & Nauli, F. A., (2015). Hubungan pengetahuan perawat terhadap universal precautions dengan penerapan universal precaution pada tindakan pemasangan infus. Jurnal Online Mahasiswa, Vol 2 (1)

Undang-Undang RI Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana..

________________36 Tahun 2009, tentang Kesehatan.

Ulum, Chazienul. 2014. Manajemen Bencana: Suatu Pengantar Pendekatan Proaktif. Malang: UB Press

Wawan A dan Dewi M, 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia, Yogyakarta : Muha Medika.

Wahidah, D. A., Rondhianto, & Hakam, M. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapsiagaan perawat dalam menghadapi bencana banjir di Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Jurnal Pustaka Kesehatan.

Wulandari, A.R. 2014. Penentuan Skenario untuk Pengembangan Simulasi Dasar Rencana Kontinjensi Bahaya Banjir Lahar Di Kabupaten Sleman: Studi Kasus Sungai Gendol. Tesis. Magister Ilmu Lingkungan, Universitas Gadjah Mada.

Yava A., Cicek, H., Tosun, N., Ozcan, C., Yildiz, D., dan Dizer, B. 2013. Knowledge and Attitudes of Nurses about Pain Management in Turkey. International Journal of Caring Sciences. (6)3: 494-505.

Published
2021-05-18
How to Cite
Yunus, P., & Hiola, F. A. A. (2021). Kesiapsiagaan Tenaga Kesehatan dalam Tanggap Kegawatdaruratan Bencana Banjir di Puskesmas Tibawa Kabupaten Gorontalo. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 4(2), 171-178. https://doi.org/10.56338/mppki.v4i2.1492