Pengaruh Promosi Kesehatan dengan Metode Peer Education terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil dalam Pencegahan Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Batunadua Kota Padang Sidempuan Tahun 2023
The Effect of Health Promotion Using the Peer Education Method on Knowledge and Attitude of Pregnant Women in Stunting Prevention in Batunadua Health Center Working Area Padang Sidempuan City 2023
Abstract
Latar belakang: Stunting atau tubuh pendek merupakan akibat kekurangan gizi kronis atau kegagalan pertumbuhan di masa lalu dan digunakan sebagai indikator jangka panjang untuk gizi kurang pada anak. Promosi kesehatan melalui peer education diharapkan dapat meningkatkan upaya kesehatan masyarakat, khususnya dalam pengembangan perlaku hidup sehat.
Tujuan: Untuk melihat pengaruh promosi kesehatan dengan metode peer education terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil dalam pencegahan stunting.
Metode: Jenis penelitian adalah pre-experimental desain dengan one group pretest-posttest design. Seluruh ibu hamil pada trimester I dan trimester II di wilayah kerja puskesmas Batunadua dengan jumlah 67 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan seluruh jumlah sampel sama dengan seluruh jumlah populasi yang ada dengan uji normalitas data Kolmogorov-Smirnova dan uji analisis menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil: Hasil peneltian diperoleh bahwa dari hasil uji Wilcoxon didapati Pengetahuan ibu hamil sebelum dan sesudah intervensi ada peningkatan nilai rata-rata dari 8,24 menjadi 13,55 dengan nilai signifikanya p=0,000 < 0,005 dan sikap ibu hamil sebelum dan sesudah intervensi ada peningkatan nilai rata-rata dari 29,09 menjadi 37,13 dengan nilai signifikanya p=0,000 < 0,005.
Kesimpulan: Diperoleh bahwa temuan pada penelitian ini ada pengaruh metode peer education terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu hamil dalam pencegahan stunting, sehingga diperlukan peran aktif teman sebaya dalam pencegahan stunting.
References
Hadi AJ, Antoni A, Dongoran IM, Ahmad H. Analysis Model of Toddlers Factor as Stunting Risk Predisposition Factor Due to Covid 19 in Stunting Locus Village Area of Indonesia. J Pharm Negat Results. 2023;14(1):6–10.
Kemenkes RI. Buku saku pemantauan status gizi. Buku Saku. 2017;1–150.
Rifiana AJ, Agustina L. Analisis kejadian stunting pada balita di desa pasirdoton kecamatan cidahu kabupaten sukabumi provinsi jawa barat tahun 2017-2018. J Akad Keperawatan Husada Karya Jaya. 2018;4(2).
Sugiyanto S, Sumarlan S, Hadi AJ. Analysis of Balanced Nutrition Program Implementation Against Stunting in Toddlers. Unnes J Public Heal. 2020;9(2).
Kemenkes RI. Situasi balita pendek (Stunting) di Indonesia. Kementeri Kesehat RI. 2018;301(5):1163–78.
World Health Organization. Levels and trends in child malnutrition: UNICEF. 2020;
Ruaida N. Gerakan 1000 hari Pertama Kehidupan Mencegah Terjadinya Stunting (Gizi Pendek) di Indonesia. Glob Heal Sci. 2018;3(2):139–51.
Komalasari K, Supriati E, Sanjaya R, Ifayanti H. Faktor-Faktor Penyebab Kejadian Stunting Pada Balita. Maj Kesehat Indones. 2020;1(2):51–6.
Indrastuty D, Pujiyanto P. Determinan Sosial Ekonomi Rumah Tangga dari Balita Stunting di Indonesia: Analisis Data Indonesia Family Life Survey (IFLS) 2014. J Ekon Kesehat Indones. 2019;3(2).
WHO U. Global nutrition targets 2025: breastfeeding policy brief (WHO/NMH/NHD14. 7). Geneva World Heal Organ. 2014;
Fanzo J, Hawkes C, Udomkesmalee E, Afshin A, Allemandi L, Assery O, et al. 2018 Global Nutrition Report. 2019;
Unicef. Levels and trends in child malnutrition. eSocialSciences; 2018.
Nurmalasari Y, Anggunan A, Febriany TW. Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu dan Pendapatan Keluarga dengan Kejadian Stunting pada Anak Usia 6-59 Bulan. J Kebidanan. 2020;6(2):205–11.
Putranto AY, Fitriangga A, Liana DF. Promosi Kesehatan dengan Metode Peer education terhadap Pengetahuan Tentang Demam Berdarah Dengue (DBD) Siswa SMA. J Vokasi Kesehat. 2015;1(2):39–44.
Hadi AJ, Hadju V, Indriasari R, Sudargo T, Nyorong M. Model of Peer intervention Assessment of Nutritional Educator in the Efforts to Change Behaviour in Decreasing Overweight in integrated islamic Elementary Schools at Makassar. Indian J Public Heal Res Dev. 2019;10(9):613–8.
Badan Litbangkes. Buku Saku Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2021 | Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2021.
Kemenkes. Hubungan Mutu Gizi Pangan dan Skor Pola Pangan Harapan (Pph) dengan Status Gizi Balita. Nutr J Gizi. 2021;1(1):33–41.
Purwanti Y. Pengaruh Peer Education Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap tentang HIV/AIDS. Pengaruh Peer Educ Terhadap Peningkatan Pengetah Dan Sikap Tentang Hiv/Aids. 2017;
Pefbrianti D. Efektivitas Peer Education dan Empowerment Education terhadap Efikasi Diri, Komitmen dan Kualitas Hidup pada Penderita Kanker Payudara. Universitas Airlangga; 2018.
Rofi’ah S. Efektivitas pendidikan kesehatan metode peer group terhadap tingkat pengetahuan dan sikap personal hygiene saat menstruasi. J Ilm Bidan. 2017;2(2):31–6.
Ronald Hope K. Promoting behavior change in Botswana: An assessment of the peer education HIV/AIDS prevention program at the workplace. J Health Commun. 2003;8(3):267–81.
Sumartini S, Maretha V. Efektifitas Peer Education Method dalam Pencegahan HIV/AIDS terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja. J Pendidik Keperawatan Indones. 2020;6(1):77–84.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.