Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kapatuhan Minum Obat pada Pasien Diabetes Mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Tungoi

The Relationship between Family Support and Compliance with Taking Medication in Diabetes Mellitus Patients in the Working Area of the Tungoi Health Center

  • Henny Kaseger Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
  • Hairil Akbar Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika https://orcid.org/0000-0002-3798-976X
  • Suci Rahayu Ningsih Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
Keywords: Dukungan Keluarga, Kepatuhan Minum Obat, Diabetes Mellitus

Abstract

Latar Belakang: Diabetes Mellitus (DM) adalah suatu penyakit menahun yang disebakan oleh kegagalan sel beta pankres dalam memproduksi hormon insulin. Diabetes mellitus telah menjadi masalah kesehatan utama dunia dengan angka kematian yang masih sangat tinggi. Berdasarkan data di Puskesmas Tungoi bahwa terdapat 50 penderita diabetes melitus. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan dukungan keluarga dengan kapatuhan minum obat pada pasien diabetes mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Tungoi.

Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan desain studi cross-sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah kerja Puskesmas Tungoi. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien diabetes mellitus yang sering melakukan pemeriksaan di Wilayah Kerja Puskesmas Tungoi dan jumlah besar sampel sebanyak 50 pasien. Teknik pengumpulan sampel menggunakan total sampling dilakukan dengan memilih semua dari populsi penderita diabetes mellitus. Analisis data menggunakan uji chi square.

Hasil: Penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada pasien diabetes mellitus (Ï value= 0,002).

Kesimpulan: Terdapat hubungan anatara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada pasien diabetes mellitus di Puskesmas Tungoi. Saran diharapkan pihak Puskesmas Tungoi dapat meningkatkan promosi kesehatan dan konseling, serta pendidikan kesehatan khususnya mengenai dukungan keluarga serta kepatuhan minum obat bagi penderita penyakit diabetes mellitus.

References

Santoso BE, Akbar H. Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Hipertensi Pada Masyarakat (Studi Kasus Di Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow). MPPKI (Media Publ Promosi Kesehat Indones Indones J Heal Promot. 2020;3(1):12–9.

Akbar H. Determinan Epidemiologis Kejadian Hipertensi Pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Jatisawit. HIBUALAMO Seri Ilmu-ilmu Alam dan Kesehat. 2018;2(2):41–7.

Akbar H. Pencegahan Penyakit Tidak Menular Melalui Edukasi Cerdik pada Masyarakat Desa Moyag Kotamobagu. Abdimas Univers [Internet]. 2021;3(1):83–7. Available from: http://abdimasuniversal.uniba-bpn.ac.id/index.php/abdimasuniversalDOI:https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v3i1.94

Datuela N, Akbar H, Langingi ARC. Hubungan Motivasi Diri dengan Kepatuhan Diet pada Penderita Diabetes Mellitus di Klinik Kotamobagu Wound Care Center. Promot J Kesehat Masy. 2021;11(2):158–63.

Kementrian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2019.

Kementrian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI; 2018.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara. Profil Kesehatan Provinsi. Jakarta: Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara; 2017.

Anggraeni R. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien DM di Poli Penyakit Dalam RSUD. R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi. J Heal Soc. 2022;11(1):1–6.

Puskesmas Tungoi. Profil Kesehatan Puskesmas Tungoi. Tungoi: Puskesmas Tungoi; 2021.

Arif M. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Diruang Poli Penyakit Dalam Rsud Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi Tahun 2017. Pros Semin Kesehat Perintis. 2018;1(1):1–10.

Waluyo D, Satus A. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Diabetes Melitus di Desa Mancar Kecamatanpeterongan Kabupaten Jombang. J Ilm Keperawatan (Scientifics J Nursing). 2015;1(2).

Sulanjari E. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Menjalankan Diet Diabetes Mellitus (Studi di Poliklinik Dalam RSUD dr. Sayidiman Magetan). Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Insan Cendekia Medika Jombang; 2018.

Choirunnisa’ L. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Melakukan Kontrol Rutin Pada Penderita Diabetes Mellitus di Surabaya. Universitas Airlangga; 2018.

Sutriyawan A, Miranda2 TG, Akbar H, Riswan. Risk Factors of Type 2 Diabetes Mellitus in Hospital of Bengkulu City, Indonesia: Case Control Study. Indian J Forensic Med Toxicol. 2020;14(4):710–6.

Notoadmodjo S. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Published
2023-02-03
How to Cite
Henny Kaseger, Hairil Akbar, & Suci Rahayu Ningsih. (2023). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kapatuhan Minum Obat pada Pasien Diabetes Mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Tungoi : The Relationship between Family Support and Compliance with Taking Medication in Diabetes Mellitus Patients in the Working Area of the Tungoi Health Center. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(2), 348-352. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i2.3023