Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di MAN 1 Banda Aceh

Factors Related to the Use of Youth Information and Conseling Centers (PIK-R) at MAN 1 Banda Aceh

  • Evi Dewi Yani Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Serambi Mekkah
  • T.M. Rafsanjani Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Serambi Mekkah https://orcid.org/0000-0002-6123-9301
  • Putro Ayang Tursina Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Serambi
  • Hairil Akbar Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
Keywords: Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R), Pengetahuan, Sarana dan Prasarana

Abstract

Latar belakang: Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak kemasa dewasa. Masalah yang menojol dikalangan remaja yaitu permasalahan seputar TRIAD KRR (Seksualitas, HIV dan AIDS serta Napza), ditemukan banyak siswa yang mendapatkan bantuan seperti beasiswa kepada siswa. ada juga siswi yang menikah setelah lulus. PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) di MAN 1 Banda Aceh menjadi salah satu layanan yang bisa dimanfaatkan oleh siswa yang ada di sekolah sebagai layanan dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya serta menjadi wadah persiapan kehidupan selanjutnya.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adanya hubungan pengetahuan dan sarana dan prasarana terhadap pemanfaatan pusat informasi konseling remaja (PIK-R) di MAN 1 Banda Aceh.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendeketaan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa X dan XI yang berjumlah 89 siswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara pengetahuan (0.001), sarana dan prasarana (0.001) dengan pemanfaatan pusat informasi dan konseling remaja (PIK-R).

Kesimpulan: faktor pengetahuan, sarana dan prasarana merupakan faktor yang berhubungan terhadap Pemanfaatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Di Man 1 Banda Aceh.

References

Sebayang, W., dkk. 2018. Perilaku Seksual Remaja. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

BPS. Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kota Banda Aceh,2022. Badan Pusat Statistik Kota Banda Aceh, 2023. https://rb.gy/q7nax. [27 Mei 2023].

Patimah, S. 2021. Strategi Pencegahan Anak Stunting Sejak Remaja Putri. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

BNN. 2022. Indonesia Drugs Report 2022. Jakarta Timur: PUSLITDATIN BNN

BKKBN. 2012. Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIK R/M). Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Widyawati, E. 2020. Asuhan Keperawatan pada Pasien HIV/AIDS dengan Masalah Keperawatan Defisiensi Pengetahuan tentang Pemenuhan Nutrisi. Ponorogo, Jawa Timur: Tugas Akhir D3, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Nursal, D. G. A. 2020. Pemanfaatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) oleh Remaja di SMK Kota Padang tahun 2020. Padang: Universitas Andalas.

Baron, RA & Byrne, D. 2010. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Uzer, U. 2013. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT. Remaja.

Kasmawati. 2017. Efektivitas Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dalam Menangani Perilaku Menyimpang di MAN 1 Sinjai Utara. Sulawesi Selatan: Institut Agama Islam (IAI).

Susilaksmi, I, dkk. 2011. Kebutuhan dan Pemanfaatan Layanan Kesehatan Reproduksi Remaja. Semarang: Universitas Diponegoro. (Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia dalam Penyelesaian Pendidikan Magister).

Published
2023-12-19
Section
Original Articles