Analisis Kepuasan Pasien dengan Metode Important Performance Analysis (IPA) di RSUD Datoe Binangkang Kabupaten Bolaang Mongondow
Analysis of Nonwork-Related Fatigue Risk Factors on Dump Truck Drivers PT X in 2022: Comparison of Three Subjective Fatigue Measurement
Abstract
Salah satu upaya dalam bidang kesehatan adalah tersedianya pelayanan kesehatan yang berkualitas. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif yaitu suatu jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematik, faktual, dan akurat tentang fakta- fakta dan sifat-sifat suatu objek atau populasi. Desain penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling berupa aksidental sampling. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan memperhatikan kriteria inklusi dan ekslusi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance and Performance Analysis (IPA) yaitu menghitung Gap antara tingkat perceived service dan expected service. Hasil survey pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti terdapat 12 orang pasien rawat inap di RSDU Datoe Binangkang Kabupaten Bolaang Mongondow pada bulan November tahun 2021 didapatkan bahwa pasien yang puas terhadap pelayanan diberikan oleh tenaga keperawatan yaitu sebesar 40 %, sementara pasien yang tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh tenaga keperawatan yaitu sebesar 60 %. Hasil survey pendahuluan menunjukkan bahwa kepuasan pasien rawat inap masih rendah. Garis vertikal adalah rata-rata hitungan penilaian expected service, sedangkan garis horizontal adalah rata-rata hitung penilaian perceived service. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat gap antara perceived service dengan expected service dimana nilai rata-rata perceived service yaitu sebesar 65.8 % sedangkan nilai rata-rata expected service yaitu sebesar 73.6 %. Kualitas pelayanan kesehatan yang kurang optimal karena dimensi Tangible, Relianbility, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty masih dipandang kurang oleh pasien.
References
Hairil Akbar, Heriyana Amir, Suci Rahayu Ningsih WA. Hubungan Mutu Pelayanan Petugas Kesehatan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Puskesmas X. J Kesehat Pena Med. 2020;10(2):8–14.
Kaseger H, Akbar H, Amir H, Astuti W, Rahayu Ningsih S. Analisis Faktor Kualitas Pelayanan yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Rawat Jalan di Wilayah Kerja Puskesmas X. JurnalUimedanAcId [Internet]. 2021;3(1):23–33. Available from: https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALFARMASI/article/view/538
Etlidawati, & Handayani, D. Y. (2017). Hubungan Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional . MEDISAINS: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Kesehatan, 142- 147.https://doi.org/10.22216/jen.v2i1.461.
Fahmi, A. (2016). Analisis Penyebab Rendahnya Budaya 3S (Senyum, Sapa, Salam) Pada Karyawan Rumah Sakit XYZ. Jurnal Kesehatan Aiptinakes Jatim, 24-35.
Fazrin Nurul. (2015). “Kualitas Pelayanan di Puskesmas Segedong Kecamatan Segedong Kabupaten Mempawahâ€. Jurnal Publika Jurnas S-1 Administrasi Negara, Volume 4 Nomor 2.
Gata, W., & Gilang, O. H. (2017). Analysis Of Information System Quality Of Service On Bsi Academy’s Environment Using Webqual Methods, Importance Perfomance Analysis And Fishbone. Journal of Theoretical and Applied Infromation Technology. 95(2), 229.
Hadi. (2017). Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien. Yogyakarta: Deepublish.
Herri. (2017). Dasar-dasar Komunikasi Bagi Perawat. Jakarta: Kencana.
Hedrik, Gray Leonard. 2012. Analisis Pegaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Elim Kabupaten Torja Utara, Universitas Hasanuddin, Jurusa Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Skripsi.
Listyowati, R., Indrayathi, P. A., & Sri, N. M. (2016). Persepsi Pengguna Layanan Kesehatan Primer Mengenai Kualitas Pelayanan Pada Puskesmas Badan Layanan Umum Di Kabupaten Gianyar. Archive Community Health, 47-55.
Mursyidah, L., & Nurfajriyah, I. (2107). Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD Kabupaten Sidoarjo. JKMP (JURNAL KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN PUBLIK), 109-124.https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i1.1322.
Purwoastuti, Endang, & Walyani, E. S. (2015). Mutu Pelayanan kesehatan dan Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Pohan, I. S. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: ECG
Puspitasari, R. 2013. Kepuasan Pasien Jamsoskes Terhadap Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap.
Perangin-Angin, R.,Nababan, E.S.M, & Bu’ulolo, F. (2013) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Menggunakan Integrasi Metode Fuzzy Servqual (Studi Kasus: RSU Vina Estetica Medan). Saintia Matematika; Medan.
Sahdam. (2018). Kualitas Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Mokopido Kabupaten Tolitoli. Jurnal Katalogis, 141-150.
Siswanto, H., Makmur, M., & Lastiti , N. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Dalam Operasionalisasi Program Mobil Sehat. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1821-1826.
Sutriono, D., & Sudirman. (2020). Health Services Description (Pharmacy Installation) In District Hospital Prof. Dr. H. Aloei Saboe Gorontalo City. Jurnal IKESMA, 117-125.https://doi.org/10.19184/ikesma.v16i2.19466 .
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.
Undang-Undang Republik inodonesia Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan.
Zeithaml, Valarie A. and Bitner, Mary Jo. 2003. Service Marketing. McGraw Hill Inc, Int’l Edition, New York
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.