Hubungan Pengetahuan, Konsumsi Jajanan Cepat Saji terhadap Kejadian Tonsilitis pada Anak Sekolah Dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Batoh Kota Banda Aceh

The Relationship Between Knowledge, Fast Food Snack Consumption to the Incidence of Tonsillitis in Elementary School Children in the Working Area of Batoh Health Center Banda Aceh City

  • T.M. Rafsanjani Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah
  • Cut Siti Fatimah Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah
  • Riski Muhammad Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah
  • Burhanuddin Syam Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah
  • Hairil Akbar Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
Keywords: Hygiene Mulut, Jajanan, Minuman Dingin, Tonsilitis

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan peneliti dengan mewawancarai 2 orang petugas kesehatan dan 1 orang pasien tonsilitis ditemukan bahwa tonsilitis paling banyak diderita oleh anak – anak usia sekolah dasar dengan jumlah kasus sebanyak 708 kasus. Tingginya kasus tonsilitis di wilayah kerja Puskesmas Batoh disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pengetahuan, kebiasaan konsumsi jajanan cepat saji, hygiene mulut yang buruk dan kebiasaan konsumsi minuman dingin. Tonsilitis dapat menyebabkan sulit bernapas, berat badan menurun, pola tidur tidak teratur, dan menurunnya prestasi belajar di sekolah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan pengetahuan, konsumsi jajanan cepat saji terhadap kejadian tonsilitis pada anak usia sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Batoh. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia 6 – 12 tahun yang menderita tonsilitis sebanyak 708 orang. Jumlah sampel pada penelitian ini ialah 88 sampel. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2021. Data yang diperoleh dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kebiasaan konsumsi jajanan cepat saji (p-value = 0.004 dan tidak ada hubungan antara pengetahuan (p – value = 0,326) ) dengan kejadian tonsilitis pada anak usia Sekolah Dasar. Disarankan bagi pihak puskesmas agar dapat melakukan penyuluhan kesehatan di instansi pendidikan dasar dalam upaya mencegah dan menangani jumlah kasus tonsilitis di wilayah kerja Puskesmas Batoh khususnya tentang konsumsi jajanan cepat saji.

References

Sutanegara, Sari Dwi, Sang ayu Putu Novi Krisna Dewi KN, Saputra Komang Andi Dwi dan Agus Rudi Asthuta. Kualitas Hidup Anak Usia 12 – 15 Tahun Yang Menderita Tonsilitis Kronis. 2020, Intisari Sains Medis, pp. 523 - 537.

Ringgo Alfarisi, Septiana Damayanti dan Tan’im. Hubungan Kebiasaan Makan Dengan Risiko Terjadinya Tonsilitis Kronik Pada Anak Sekolah Dasar di Bandar Lampung. 2, Lampung : Malahayati Nursing Journal, 2019, Vol. 1.

Basuki, S W., Ziyaadatulhuda Z., Utami F., Ardila N dan Nuria S I I. Tonsilitis. 3, Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. 483 - 494, 2020, Vol. 3.

WHO. Surveilance Of Risk Factors For Non-Communicable Diseases : The WHO Stepiseapproach Summari. Geneva : WHO, 2013.

Ramadhan, F, Sahrudin dan Ibrahim Karma.Analisis Faktor Risiko Kejadian Tonsilitis Kronis Pada Anak Usia 5 – 11 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Tahun 2017. 1, Kendari : JIMKESMAS, 2017, Vol. 2.

Wahyuni, Sri. Hubungan Usia, Konsumsi Makan Dan Hygiene Mulut Dengan Gejala Tonsilitis Pada Anak Di SDN 005 Sungai Pinang Kecamatan Sungai Pinang Samarinda (Skripsi). Samarinda : Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur., 2017.

Karsanaputra, Ahmad Naji. Hubungan Antara Tonsilitis Kronik Dengan Kualitas Hidup pada Anak Menurut Pandangan Islam dan Kedokteran. s.l. : Universitas Yasri, 2018.

Aceh, Dinas Kesehatan Kota Banda. Laporan Kesehatan Tahunan Kota Banda Aceh Tahun 2020. Banda Aceh : Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, 2021.

Fachori, Rahman. Perbedaan Prestasi Belajar Antara Siswa Tonsilitis Kronis Dengan Siswa Tidak Tosilitis Kronis. Thesis. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

Batoh, Puskesmas. Profil Kesehatan Puskesmas Batoh Tahun 2020. Banda Aceh : Puskesmas Batoh, 2021.

Ningsih. Hubungan Kebiasaan Makan Dengan Resiko Terjadinya Tonsilitis Kronik Pada Penderita Di Poliklinik THT RSUDZA Banda Aceh Tahun 2015. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015.

Manurung, . R. Gambaran Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Pencegahan Tonsilitis Pada Remaja Putri Di Akper Imelda Medan Tahun 2015. 2, Medan : Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA, 2016, Vol. 1.

Arsyad, F W, Wahyuni Sri, Ipa Agustian. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Pola Makan Dengan Kejadian Tonsilitis Pada Anak Usia Sekolah Dasar Wilayah Kerja Puskesmas Minasatene Kab, Pangkep. 1, Makasar : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nani Hasanuddin Makasar, 2013, Vol. 2.

Triastuti N J, Rahman F, Akbar M A, Dasuki M S dan Sintowati R. Pengaruh Status Gizi dan Tonsilitis Kronik Terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. 1, s.l. : Biomedik, 2015, Vol. 7.

Margeni, . Kartika I I., dan Eldawati. Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Angka Kejadian Tonsilitis Pada Anak Usia 5 - 18 Tahun Di Poliklinik THT RSUD Karawang Tahun 2015 Kerawang : Journal Akperakbid Bhaktihusada, 1-10, 2016.

Sari, L T. Faktor Pencetus Tonsilitis Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Bayat Kabupaten Klaten (Skripsi). Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

Mita, D N. Analisis Faktor Resiko Tonsilitis Kronik (Skripsi). Semarang : Universitas Muhammadiyah Semarang, 2017.

Praselia, A R. Prevalensi Dan Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Tonsilitis Kronis Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang Angkatan 2015 - 2018 (Skripsi). Palembang : Universitas Muhammadiyah Palembang, 2019.

Hamzah, B., Hairil Akbar, T. M. Rafsanjani, Alex Handani Sinaga, Wuri Ratna Hidayani, Yuanita Panma, and Sarni Ranteallo Bela. Teori Epidemiologi Penyakit Tidak Menular. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.

Hamzah, Diza Fathamira, and Teuku Muhammad Rafsanjani. "Pengaruh Pemberian Edukasi Dan Simulasi Dagusibu Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Pengelolaan Obat Rasional Di Tingkat Keluarga." JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan) 7, no. 3 (2022): 247-254.

Masyudi, Ilhamuddin, Tika Indiraswari, Husna, Yulidar, Anita Noviyanti, Evi Dewi Yani, and T. M. Rafsanjani. "Analysis of Hygiene and Sanitation in Junior High School Canteens in Banda Aceh." In Proceedings of International Conference on Multidiciplinary Research, vol. 3, no. 2, pp. 19-24. 2020.

Published
2022-12-21
Section
Original Articles