Menganalisis Soal Evaluasi Bilangan Cacah Kelas 4 SDN Jatisari 1 Melalui Hasil Analisis Anates

Analyzing the Evaluation Questions of Whole Numbers for Class 4 SDN Jatisari 1 Through the Results of Anates Analysis

  • Mochammad Fadhlan Dzikrullah PGSD, Kampus UPI Purwakarta
  • Muhammad Anji Rijal PGSD, Kampus UPI Purwakarta
  • Viona Christina Anatasya Lumbanraja PGSD, Kampus UPI Purwakarta
  • Teten Ginanjar Rahayu PGSD, Kampus UPI Purwakarta
  • Hafiziani Eka Putri PGSD, Kampus UPI Purwakarta
Keywords: Bilangan Cacah, Daya Pembeda, Efektivitas Pengecoh, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Validitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal evaluasi pembelajaran matematika pada materi bilangan cacah untuk siswa kelas 4 SD, dengan fokus pada validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Instrumen evaluasi yang berkualitas diperlukan untuk memastikan pengukuran kompetensi siswa secara akurat. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Data diambil dari 10 siswa SDN Jatisari 1, Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang, yang mengerjakan 5 butir soal uraian. Analisis dilakukan menggunakan software Anates versi 4.0 untuk mengevaluasi kualitas butir soal berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar butir soal memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas, dengan koefisien reliabilitas kategori tinggi (? 0,7). Tingkat kesukaran soal cenderung bervariasi, memungkinkan distribusi hasil yang seimbang. Daya pembeda sebagian besar soal memadai, sementara pengecoh efektif dalam mengalihkan pilihan siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah butir soal yang dianalisis memiliki kualitas yang cukup baik dan dapat digunakan sebagai acuan dalam penyusunan instrumen evaluasi pembelajaran yang lebih efektif di masa mendatang. Temuan ini diharapkan membantu pendidik dalam mengembangkan instrumen evaluasi yang valid, reliabel, dan komprehensif.

References

Akhmadi, M. N. (2021). Analisis butir soal evaluasi tema 1 kelas 4 sdn plumbungan menggunakan program anates. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 799-806.
Aqila, D. S. (2022). Analisis Kecocokan Soal Matematika Menggunakan Model Rasch untuk Menilai Tingkat Kesukaran Soal Kelas 5 SD. Indonesia jurnal of elementati education, 1.
Arif, M. (2015). Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. Edutic. cientific Journal of Informatics Education,, 1–9.
Fajriah, N. U. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa pada materi statistika. Journal of Educational Review and Research, Vol. 3 No. 1. Retrieved from STKIP Singkawang.
Fietri, W. A. (2021). Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA Analisis Butir Soal Biologi Kelas XI Madrasah Aliyah Sakinah Kerinci Menggunakan Program Komputer Anates 4.0 For Windows. Natural Science: , Fietri, W. A. (2021). Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA Analisis Buti 7(1), 2477-6181.
Fiska, J. M. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Ipa Menggunakan Software Anates Pada Pendekatan Teori Tes Klasik. Natural Science Education Research,.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 . Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 1-15.
mustaqim, M. &. (2024). Analisis butir soal pas matematika peminatan: daya pembeda, tingkat kesukaran, dan kualitas pengecoh. Al-'Adad: Jurnal Tadris matematik, 2(1), 2.
Prastika, Y. D. (2021). Pengaruh Validitas, Reliabilitas dan Tingkat Kesukaran Terhadap Kualitas Butir Soal Ekonomi Menggunakan Software Anates di SMKN 3 Bangkalan. Prastika, Y. D. (2021). Pengaruh Validitas, Reliabilitas dan Tingkat Kesukaran TSTKIP PGRI Bangkalan, 1-11.
Putri, D. &. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada konten bilangan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, Vol. 15 No. 1. .
Suparman, A. ( (2020)). Analisis Distribusi Tingkat Kesulitan Soal dalam Ujian Evaluasi Belajar. Jurnal Pendidikan, 15(2), 45-58
Published
2025-01-30
Section
Article