PENGARUH INTENSITAS WAKTU PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA UPI DI PURWAKARTA

  • Najwa Pitriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
  • Nurhayati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
  • Khairunnisa Sri Handayani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
  • Annisa Yumna Rizq Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
  • Nur Assyifa Khoirunnisa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
  • Hafiziani Eka Putri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta
Keywords: TikTok, intensitas waktu, hasil belajar, mahasiswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas waktu penggunaan aplikasi TikTok terhadap hasil belajar mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei melalui angket daring yang diisi oleh 50 responden mahasiswa aktif. Variabel utama yang dianalisis adalah durasi penggunaan TikTok per hari dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terakhir sebagai indikator hasil belajar. Hasil analisis korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara intensitas penggunaan TikTok dan hasil belajar mahasiswa dengan nilai korelasi sebesar 0,645. Uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik antara durasi penggunaan TikTok dan capaian akademik mahasiswa. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan TikTok, apabila dikelola secara bijak dan diarahkan pada konten edukatif, dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar. Namun, hasil ini tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat secara langsung, karena faktor lain seperti manajemen waktu, jenis konten yang dikonsumsi, dan kedisiplinan belajar juga sangat memengaruhi. Penelitian ini menekankan pentingnya literasi digital dan pemanfaatan media sosial secara cerdas dalam mendukung proses pembelajaran di era digital.

References

Anwar, S., Wulandari, H., & Yudianto, A. (2023). Pengaruh Pemanfaatan TikTok sebagai Sumber Belajar terhadap Pemahaman Skripsi Mahasiswa Semester 8 Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3).
Aubryla, H., & Ratnawati, V. (2023, August). Strategi mengelola penggunaan tiktok agar tidak mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran) (Vol. 6, pp. 611-621).
Cahyadi, A. (2023). Pengaruh Media Sosial TikTok @gilanknugroho Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau.
Haryanto, M., Sidauruk, A. C., Hendy, Y. B., Sabailaket, J. A., Purba, D. R., & Handoyo, E. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Produktivitas Belajar Mahasiswa di Yogyakarta. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 3(2).
Mulyono, F. (2021). Dampak media sosial bagi remaja. Jurnal Simki Economic, 4(1), 57-65.
Nabila, R. A., Setiawati, S., & Nurdiyana, N. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Albashriyyah Bogor. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 82–90.
Qurrotul Azizah, I., & Anshori, I. (2025). Pengaruh Penggunaan Tiktok Sebagai Media Sosial Terhadap Fokus Belajar Dan Produktivitas Mahasiswa. JASIMA: Jurnal Komunikasi Korporasi dan Media, 6(1), 88-95.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Shiddiq, S., & Taufik, M. (2023). Pengaruh Gratifikasi Instan Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Belajar Siswa. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(3).
Sulistyawati, W., & Wahyudi, S. T. (2022). Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Blended Learning Di Masa Pandemi Covid19. Kadikma, 13 (1), 68.
Suprayitno, D., Irmadiani, N. D., Munizu, M., Muchayatin, M., Mawarni, I., Saktisyahputra, S., ... & Erwin, E. (2024). Manajemen Pemasaran: Teori dan Strategi. PT. Green Pustaka Indonesia.
Wulandari, S., Zahiroh, M. Y., Maknunah, L. L., & Halizah, S. N. (2025). Peran Konten TikTok dalam Mengembangkan Branding sebagai Media Bisnis Digital yang Berprofitabilitas. Journal of Science and Education Research, 4(1), 71-78.
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-faktor yang mempengarui hasil belajar peserta didik (literature review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24.
Published
2025-06-19