Optimalisasi Perkembangan Peserta Didik Melalui Bimbingan Konseling Dan Psikologi Pendidikan

Optimizing Student Development Through Guidance, Counseling, and Educational Psychology

  • Khairunnisa Sri Handayani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia,
  • Chairin Zahra Alkautsari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Linda Wahyuni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fazrilina Afriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurhayati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Anji Rijal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wina Mustikaati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Bimbingan Konseling, Psikologi Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Studi Pustaka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis bimbingan konseling (BK) dan psikologi pendidikan dalam mengoptimalkan perkembangan peserta didik. Layanan BK berfungsi sebagai sarana bantuan profesional yang bersifat preventif, kuratif, dan pengembangan, yang membantu peserta didik memahami diri, mengelola emosi, membentuk karakter positif, serta mengatasi hambatan belajar dan sosial. Sementara itu, psikologi pendidikan memberikan landasan teoritis dan praktis bagi guru untuk memahami tahap perkembangan, perbedaan individu, serta strategi pembelajaran yang adaptif dan relevan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber ilmiah, termasuk buku, jurnal terakreditasi, dan artikel akademik. Hasil kajian menunjukkan bahwa sinergi antara BK dan psikologi pendidikan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan prestasi akademik, dan membentuk kompetensi sosial-emosional peserta didik secara seimbang. Integrasi kedua pendekatan ini penting untuk mencetak generasi yang produktif, resilien, dan berkarakter, serta siap menghadapi tantangan masa depan.

References

Ahmad Sopian. (2020). Sinergi Bimbingan Konseling dan Psikologi Pendidikan dalam Meningkatkan Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Holistik, 3(2), 101–110.
Alwina, S. (2023). Peran bimbingan konseling dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa di sekolah dasar. Jurnal Sintaksis, 5(1), 18-25.
Ani, S., Siagian, E. A., Humairah, H. N., Ginting, H. F., & Wahyuni, S. (2024). Pentingnya Memahami Perkembangan Peserta Didik Bagi Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Journal Sains Stundent Research, 2(1), 263-274.
Azzahra, L., & Darmiyanti, A. (2024). Peran Psikologi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di Kelas Untuk Peserta Didik yang Beragam. Jurnal Psikologi, 1(4), 23-23.
Dani, F. (2023). Dasar-dasar konseling: Teori dan praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Dita, Z. (2023). Strategi Bimbingan Konseling Sebagai Upaya Kontrol Diri Mencegah Juvenile Delinquency Di Pondok Pesantren Al-Mubarok Bukit Kemuning Lampung Utara (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Evi, M. (2020). Layanan bimbingan di sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Hakim, L., & Mustafa, A. (2023). Psikologi perkembangan anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 7(2), 130–140.
Mustikaati, W., Fauziah, H., Aini, N., & Mardhiah, R. (2025). Optimalisasi Perkembangan Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Nusantara, 6(2), 171-179.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prasetia, E., & Heiriyah, A. (2022). Guru Kelas Sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar di Sungai Andai Banjarmasin. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2).https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.295
Purnomo, A., Huda, M. A., Agnesti, S. A. D., & Fathoni, T. (2025). Mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan peserta didik sebagai solusi bimbingan konseling di sekolah. Al-Mikhraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 140-148.
Rahmawati, R., Evi, A., & Bangun, Y. W. (2021). Bimbingan dan Konseling Multibudaya.
Rakhmawati, E. (2023). Bimbingan dan Konseling dalam Perspektif Pendidikan: Aktualisasi Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Indonesia. Latahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 50–60.
Rangkuti, M. N. K., Nurhasyifa, N., Nasution, P. N., & Wahyuni, S. (2025). Peranan Bimbingan Konseling dalam Perkembangan Sosial Peserta Didik di Sekolah Desa Timbang Lawan. PEMA, 5(1), 183-194.
Sa’idah, N., & Annajih, M. (2024). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.
Sa'idah, I., & Annajih, M. (2024). Konsep Dasar Bimbingan & Konseling.
Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed.). McGraw-Hill.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaddiyah, H., Neviyarni, N., & Nirwana, H. (2025). Urgensi Psikologi Belajar dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(10).
Winkel, W. S. (2005). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Woolfolk, A. (2016). Educational Psychology (13th ed.). Boston: Pearson Education.
Zed, M. (2004). Literature review: Langkah-langkah untuk penulisan skripsi, tesis dan disertasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Published
2025-08-26
Section
Article

Most read articles by the same author(s)