Analisis Instrumen Tes Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret Menggunakan Software Anates pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 6
Analysis of Reading Comprehension Ability Test Instrument Based on Barrett's Taxonomy Using Anates Software on Elementary School Students in Grade 6
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji instrumen tes membaca pemahaman siswa kelas 6 MI Miftahul Ulum yang dirancang berdasarkan Taksonomi Barret dan mengevaluasi kualitasnya menggunakan perangkat lunak Anates. Taksonomi Barret membagi kemampuan pemahaman membaca menjadi lima kategori seperti, literal, reorganisasi, inferensial, evaluasi, dan apresiasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), meliputi pengembangan instrumen, pengujian pada siswa, serta analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Populasi pada penelitian ini adalah 30 siswa kelas 6 MI Miftahul Ulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes terdiri dari lima soal dengan tingkat kesukaran bervariasi, dua soal masuk kategori mudah dan tiga soal kategori sedang. Dari segi validitas, tiga soal dinyatakan valid, sementara dua soal memerlukan perbaikan. Reliabilitas tes berada pada kategori tinggi yang menunjukkan konsistensi yang baik. Analisis daya pembeda mengungkap bahwa dua soal berada dalam kategori cukup, dua soal dalam kategori baik, dan satu soal termasuk sangat baik. Dengan mengintegrasikan Taksonomi Barret sebagai dasar perancangan dan penggunaan Anates untuk analisis, hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam mengenai efektivitas instrumen tes. Instrumen tes yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman siswa secara efektif, meskipun beberapa soal perlu revisi untuk meningkatkan kualitasnya.
References
Akhmadi, M. N. (2021). Analisis butir soal evaluasi tema 1 kelas 4 sdn plumbungan menggunakan program anates. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 799-806.
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336-2344.
Cahyaningrum, I. Y., Fuady, A., & Sunismi, S. (2023). Analisis Butir Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas VII dengan Berbantuan Aplikasi Software Anates. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 67-81.
Cahyo, A. N., Luriawati, D., & Wagiran, W. (2022). Analisis Butir Soal Penilaian Keterampilan Kebahasaan pada Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas XI. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(01), 11-22.
Hanifah, N. (2017). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal Dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa Dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. Sosio e-KONS, 6(1).
Haq, A. Z., Wijoyo, S. H., & Rahman, K. (2023). Pengembangan e-Modul Pembelajaran “Informatika” menggunakan Metode Research and Development (R&D). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(4), 1883-1891.
Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. AL-MUARRIB JOURNAL OF ARABIC EDUCATION, 1(1), 34-44.
Kaka, L., Bano, V. O., & Njoeroemana, Y. (2024). Efektivitas Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Menggunakan Aplikasi Anates di SMPN 2 Kanatang. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(9), 1441-1450.
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan.
Mulyati, B. (2021). Analisis Butir Soal Uraian Mata Kuliah Pengantar Akuntansi 1. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 4(2), 178-186.
Nisa, S. Z., Enawar, E., & Latifah, N. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret pada Siswa Kelas 4 SDN Karangharja 2. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7893-7899.
Ramadhan, W., Malahati, F., Romadhon, K., & Ramadhan, S. (2023). Analisis butir soal tipe multiple choice questions pada penilaian harian sekolah dasar. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 93-105.
Sanusi, R. N. A., & Aziez, F. (2021). Analisis butir soal tes objektif dan subjektif untuk keterampilan membaca pemahaman pada kelas vii smp n 3 Kalibagor. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 99-109.
Sari, V. N. I., Utomo, A. P. Y., & Sumarwati, S. (2022). Kualitas Soal Bahasa Indonesia Di SMP Muhammadiyah 1 Pontianak: Analisis Butir Soal. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 112-119.
YUSUF, F. W. (2024). ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN SUMATIF BIOLOGI MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN ANATES PADA KELAS X SMA. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 126-135.