Analisis Kualitas Butir Soal Pemahaman Siswa Kelas 1 SD Materi Penjumlahan dan Pengurangan Menggunakan Tes Buatan Guru Berbasis Program Anates

Analysis of the Quality of Question Items for Grade 1 Elementary School Students' Understanding of Addition and Subtraction Material Using Teacher-Made Tests Based on the Anates Program

  • Thalytha Majma Tsaqifa Taftazani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurul Hasna Haifa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nazwa Safira Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hafiziani Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Alfiana Nurussama Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Kualitas butir soal, penjumlahan dan pengurangan, siswa kelas 1 SD, program Anates, evaluasi soal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal yang disusun oleh guru untuk mengukur pemahaman siswa kelas 1 SD pada materi penjumlahan dan pengurangan. Analisis dilakukan menggunakan program Anates yang membantu mengevaluasi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh dari setiap butir soal. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SD di salah satu sekolah dasar di wilayah Bekasi tepatnya di SDN Sumurbatu 1 berjumlah 30 siswa. Data diperoleh melalui hasil tes yang terdiri dari sejumlah 5 butir soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar butir soal memiliki tingkat kesukaran dari mudah hingga sedang, daya pembeda yang baik, dan pengecoh yang efektif. Selain itu, validitas dan reliabilitas tes secara keseluruhan berada pada kategori baik, menunjukkan bahwa instrumen tes ini dapat diandalkan untuk mengukur pemahaman siswa. Rekomendasi, beberapa soal memerlukan revisi untuk meningkatkan kualitasnya yaitu dengan meningkatkan kesukaran dalam setiap butir soal. Soal yang tidak mengalami revisi sudah dapat digunakan sebagai alat evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam menyusun dan mengevaluasi soal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta pemahaman siswa pada materi dasar matematika. 

References

Aulia, S., Saraswati, N. D., Hikmawati, L. C., & Puspita, A. M. I. (2024). Pendidikan Berkualitas untuk Semua: Mewujudkan Hak Asasi Manusia di Bidang Pendidikan. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 307-315.
Sari, P. I., & Yudha, R. I. (2020). Pemanfaatan Penerapan Media Berbasis Software Anates pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran di Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 81.
Tri, Y., & Fariz, S. (2020). Analysis Of The Difficulty Of Students Mathematics Learning In Class Viii Function Materials. AdMathEduSt, 7(1), 104–111.
Wayan, N., & Sunartana (1986:26). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Zainal, A. (2012:119). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Published
2025-01-29
Section
Artikel Penelitian