Efektivitas Dakwah Melalui Media Komunikasi pada Masyarakat Birobuli Utara Kecamatan Palu Selatan

The Effectiveness of Da'wah Through Communication Media in the North Birobuli Community, South Palu District

  • Muh. Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Fatmah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Abdul Halik Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Efektivitas, Dakwah, Media Komunikasi

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui dakwah melalui media komunikasi pada masyarakat birobuli utara kecamatan palu selatan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan masyarakat kelurahan Birobuli Utara memiliki media komunikasi berupa group WA dan group facebook  yang dijadikan sebagai sarana komunikasi diantara anggota masyarakat dan anggota sesam group. Group WA yang dimiliki oleh masyarakat tersebut diberi nama Dirosah Shadaqatul Jannah sedangkan group facebook  Komunitas Hijab Syar’i Pelangi Sosial Project keduanya digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah keagamaan Islam. Group WA tersebut di gunakan untuk menginformasikan kepada anggota masyarakat tentang pelaksanaan majelis taklim baik waktu, tempat maupun tanggal pelaksanaannya. Group WA tersebut dijadikan sebagai sarana komunikasi untuk memberikan motivasi kepada anggotanya agar dapat melanjutkan bacaan al-Qur’an melalui metode dirosah yang dilaksanakan oleh majelis taklim Kejari Palu. Group WA tersebut digunakan untuk mensharering video-video dakwah dan video ceramah agama yang dilaksanakan oleh majelis taklim tersebut. Group facebook di impelementasikan sebagai sarana media komunikasi untuk menguatkan sesama anggota group dalam menggunakan hijab syar’i dan membangun kepedulian terhadap kebersihan lingkunagn dan penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang tertimpah musibah. kemudian implikasi media komunikasi terhadap efektivitas dakwah pada masyarakat Birobuli Utara Kecamatan Palu Selatan yaitu memudahkan penyampaian informasi keagamaan dan informasi kegiatan yang akan dilaksanakan oleh majelis taklim kejari palu dan Komunitas hijab syar’i,. Dapat memberikan motivasi dan penguatan tentang pemahaman keagamaan bagi semua anggota group dan masyarakat. Memberikan motivasi kepada masyarakat untuk melanjutkan belajar membaca al-Quran sesuai dengan metode dirosah yang di ajarkan. Memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh majelis taklim dan komunitas hijab syar’i bagi masyarakat yang tidak sempat mengikuti kegiatan tersebut. Sebagai media silaturahim,6. Sebagai bentuk kepedulian dari remaja Kelurahan Birobuli Utara terhadap kebersihan lingkungan dan kepedulian terhadap masyarakat yang tertimpa bencana.

References

1. Saryanto SPT. TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN TINGGI DI ABAD KE-21. Inov Pembelajaran yang Berorientasi pada OBE (Outcome-Based Educ di Pendidik Tinggi. 2022;21.
2. Cholik CA. Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ICT dalam Berbagai Bidang. J Fak Tek Kuningan. 2021;2(2):39–46.
3. Rafiq A. Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Glob Komunika. 2020;1(1):18–29.
4. Zuhri S, Fajriah N, Wibowo RTH, Prakoso AAD, Indriani RO, Windari AT, et al. Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat. Vol. 5. Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan …; 2020.
5. Sudi M. IMPLIKASI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TERHADAP PERADABAN DAN KOMUNIKASI ANTAR MANUSIA. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak. 2018;13(2):33–46.
6. Abdullah A. Urgensi Dakwah dan Perencanaannya. TASAMUH J Stud Islam. 2020;12(1):120–48.
7. Arif M. IMPLEMENTASI DAKWAH RASULULLAH DALAM ERA MILENIUM. Asketik J Agama dan Perubahan Sos. 2020;4(1):110–53.
8. Qadaruddin M. Pengantar Ilmu Dakwah. CV. Penerbit Qiara Media; 2019.
9. Mariani M. Gerakan Dakwah KH Ahmad Dahlan dalam Menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar di Indonesia (1911-1923). IAIN Parepare; 2021.
10. Rukajat A. Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish; 2018.
11. Anggito A, Setiawan J. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher); 2018.
12. Raco J. Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. 2018;
Published
2023-01-17
How to Cite
Muh. Rizal Masdul, Fatmah, & Abdul Halik. (2023). Efektivitas Dakwah Melalui Media Komunikasi pada Masyarakat Birobuli Utara Kecamatan Palu Selatan: The Effectiveness of Da’wah Through Communication Media in the North Birobuli Community, South Palu District. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 18(1), 47-51. https://doi.org/10.56338/iqra.v18i1.3223
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)