Determinan Kinerja Tenaga Kesehatan terhadap Akreditasi Puskesmas Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas

Determinants of Health Performance on Accreditation of Sosopan Health Center, Sosopan District, Padang Lawas District

  • Ikrima Daulay Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister, Fakultas Kesehatan, Universitas Aufa Royhan, Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Haslinah Ahmad Departemen Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Aufa Royhan, Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Owildan Wisudawan B Departemen Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Aufa Royhan, Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Anto J. Hadi Departemen Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Aufa Royhan, Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Masnilam Hasibuan Departemen Kewirausahaan, Fakultas Bisnis dan Pendidikan Terapan, Universitas Aufa Royhan, Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Nayodi Permayasa Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja, STIKes Sentral Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Akreditasi Puskesmas, Kinerja Tenaga Kesehatan, Insentif

Abstract

Latar belakang: Akreditasi Puskesmas merupakan suatu proses penting yang menilai dan menjamin mutu layanan kesehatan yang disediakan oleh Puskesmas. Kinerja tenaga kesehatan di Puskesmas menjadi faktor kunci dalam mencapai standar yang diperlukan untuk memperoleh akreditasi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan kinerja tenaga kesehatan terhadap akreditasi Puskesmas Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas.

Metode: Jenis penelitian observasional dengan desain cross sectional study. Penelitian dilakukan di Puskesmas Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas selama Desember 2023 sampai dengan Januari 2024. Populasi dan sampel adalah seluruh tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas Sosopan sebanyak 65 orang dan pengambilan sampel secara total sampel (exhaustic sampling). Pengumpulan data dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner penelitian yang diberikan kepada sampel serta pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji chi-square dan regresi logistik.

Hasil: Penelitian diperoleh bahwa motivasi (p=0,001), insentif (p=0,001), pelatihan (p=0,001), penghargaan (p=0,008), masa kerja (p=0,002), sarana dan prasarana (p=0,006) berpengaruh terhadap akreditasi Puskesmas Sosopan. Sedangkan variabel yang paling berpengaruh adalah insentif dengan nilai Exp (B)= 7,033.

Kesimpulan: Akreditasi puskesmas dipengaruhi oleh faktor motivasi, insentif, pelatihan, penghargaan, masa kerja dan sarana prasarana sehingga diperlukan dinas kesehatan memfasilitasi pegawai puskesmas untuk mengikuti pelatihan untuk akreditasi.

References

1. Parray AA, Dash S, Ullah MIK, Inam ZM, Kaufman S. Female community health workers and health system navigation in a conflict zone: the case of Afghanistan. Front public Heal. 2021;9:704811.
2. Hasibuan AS, Yaturramadhan H, Hadi AJ, Ahmad H. Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas dalam Pencegahan Covid-19 di Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan. MPPKI (Media Publ Promosi Kesehat Indones Indones J Heal Promot. 2021;4(4):475–81.
3. Yasobant S, Bruchhausen W, Saxena D, Memon FZ, Falkenberg T. Who could be One Health Activist at the community level?: A case for India. Hum Resour Health. 2021;19:1–11.
4. Joseph S. Impact assessment of accreditation in primary and secondary public health-care institutions in Kerala, India. Indian J Public Health. 2021;65(2):110–5.
5. Carroll LD, Wetherill MS, Teasdale TA, Salvatore AL. Community health improvement plans: an analysis of approaches used by local health departments. J Public Heal Manag Pract. 2022;28(1):E291–8.
6. Wildani H, Badiran M, Hadi AJ. Relationship of Outpatients Quality Health services with The Satisfaction of Patients National Health Insurance in Muhammadiyah Hospital North Sumatera. J Komunitas Kesehat Masy. 2020;1(2):7–21.
7. Patel M, Misra S. Capacity building of “Accredited social health activist” under rural health training center regarding mental health: an interventional study. Indian J Community Med. 2022;47(2):240–3.
8. Leider JP, Kronstadt J, Yeager VA, Hall K, Saari CK, Alford A, et al. Application for public health accreditation among US local health departments in 2013 to 2019: impact of service and activity mix. Am J Public Health. 2021;111(2):301–8.
9. Ghareeb A, Said H, El Zoghbi M. Examining the impact of accreditation on a primary healthcare organization in Qatar. BMC Med Educ. 2018;18:1–8.
10. Williams SC, Morton DJ, Braun BI, Longo BA, Baker DW. Comparing public quality ratings for accredited and nonaccredited nursing homes. J Am Med Dir Assoc. 2017;18(1):24–9.
11. Lightner JS, Ziegler N, Gardiner K, Collie-Akers V. Community Health Improvement Plans and Physical Activity Implementation Strategies: Findings From a Cross-Sectional Survey of US Local Health Departments. J Public Heal Manag Pract. 2023;29(2):120–7.
12. Al Otaibi AM, Kattan WM, Nabil A. The impact of Saudi (CBAHI) accreditation on enhancing patient safety and improving the quality of care indicators. Prensa Med Argent. 2020;106(3).
13. Hasibuan AS, Manggabarani S, Maulana I, Hadi AJ. Determinan Model Karakteristik Budaya Kesehatan pada Pemanfaatan Pelayanan Pencegahan Covid-19 di Puskesmas Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan. Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2022;5(12):1641–7.
14. Andayani LS. Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Perawat di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Imelda Medan Tahun 2013. Kebijakan, Promosi Kesehat dan Biostat. 2015;1(2):14352.
15. Sitinjak EO, Wardhana A. Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Perawat Pada Instalasi Paviliun Anyelir Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam. eProceedings Manag. 2016;3(1).
16. Zulkarnain Z. Analisis Pelaksanaan Fungsi Manajemen Pengarahan Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapakan Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap RSUD Bima. JISIP (Jurnal Ilmu Sos dan Pendidikan). 2019;1(2).
17. Carroll LD, Wetherill MS, Rogers M, Teasdale TA, Salvatore AL. Creating a Nonprofit Spin-Off to Implement a Community Health Improvement Plan: A Case Study of a Midsize Health Department in the Midwest. J Public Heal Manag Pract. 2022;28(2):E362–8.
18. Shah GH, Corso L, Sotnikov S, Leep CJ. Impact of local boards of health on local health department accreditation, community health assessment, community health improvement planning, and strategic planning. J Public Heal Manag Pract. 2019;25(5):423–30.
19. Sousa N, Santa-Cruz A, Melo A, Sousa C, Marques F, Leite-Almeida H, et al. A hitchhikers’ guide to the terminology of accreditation processes for health professionals and institutions. MedEdPublish. 2023;13.
20. Fahrepi R, Rate S, Hadi AJ. Hubungan Kualitas Pelayanan Home Care Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar. Promot J Kesehat Masy. 2019;9(1):122–8.
21. Ensha IS. Pengaruh implementasi kebijakan akreditasi puskesmas terhadap manajemen pelayanan kesehatan masyarakat dalam mewujudkan produktivitas kerja. J Publik J Ilm Bid Ilmu Adm Negara. 2018;12(01):12–23.
22. Maria Usmayanti MU. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Kerja Petugas Kesehatan di Puskesmas: Tinjauan Sistematis. STIK Bina Husada Palembang; 2020.
23. Coss-Mandiola J, Vanegas-López J, Rojas A, Dubó P, Campillay-Campillay M, Carrasco R. Accreditation of Quality in Primary Health Care in Chile: Perception of the Teams from Accredited Family Healthcare Centers. Int J Environ Res Public Health. 2023;20(3):2477.
24. Saranrittichai K, Ussavapark W, Thamrongwarangkoon A, Heangsorn T, Daoruang S, Teeranut A. Community-based approaches to cancer prevention in rural Thailand Based on experiences of accredited health professionals. Asian Pacific J Cancer Prev APJCP. 2020;21(1):7.
25. Primelia A, Mudayana AA. Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Tenaga Kesehatan Di Seluruh Puskesmas Kota Yogyakarta. J Kesehat Masy Univ Ahmad Dahlan. 2019;
26. Najjar S, Hafez S, Al Basuoni A, Obaid HA, Mughnnamin I, Falana H, et al. Stakeholders’ Perception of the Palestinian Health Workforce Accreditation and Regulation System: A Focus on Conceptualization, Influencing Factors and Barriers, and the Way Forward. Int J Environ Res Public Health. 2022;19(13):8131.
27. Lokan L, Kristanto EG, Posangi J, Manampiring AE. Analisis Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan di Puskesmas Wairoro Kabupaten Halmahera Tengah di Provinsi Maluku Utara Melalui Pendekatan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK). PREPOTIF J Kesehat Masy. 2023;7(1):122–34.
28. Efendi R, Lubis J, Elvina E. Pengaruh Upah Dan Insentif Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Milano Panai Tengah. Ecobisma (Jurnal Ekon Bisnis Dan Manajemen). 2020;7(2):1–11.
29. Chariwala RA, Shukla R, Gajiwala UR, Gilbert C, Pant H, Lewis MG, et al. Effectiveness of health education and monetary incentive on uptake of diabetic retinopathy screening at a community health center in South Gujarat, India. Indian J Ophthalmol. 2020;68(Suppl 1):S52–5.
30. Wisnuwardani RW. Insentif uang tunai dan peningkatan kinerja kader posyandu. Kesmas J Kesehat Masy Nas (National Public Heal Journal). 2012;7(1):44–8.
31. Vijayan SM, Puliyakkadi S, Chalil S. Facilitators and barriers of service utilization: Perspectives of stakeholders in a family health center of central Kerala-A qualitative study. Indian J Public Health. 2021;65(2):136–41.
32. Khanna SR, Rao D, Panwar S, Ameen S. Impact of oral hygiene training to Anganwadi and Accredited Social Health Activist workers on oral health of young children in tribal regions of Rajasthan State, India. J Indian Soc Pedod Prev Dent. 2021;39(4):429–35.
33. Shah N, Mohan D, Agarwal S, Scott K, Chamberlain S, Bhatnagar A, et al. Novel approaches to measuring knowledge among frontline health workers in India: Are phone surveys a reliable option? PLoS One. 2020;15(6):e0234241.
34. Rawalilah H. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keaktifan Kader Posyandu Di Kelurahan 26 Ilir Kecamatan Bukit Kecil Palembang Tahun 2017. J Kesehat J Ilm Multi Sci. 2018;8(02):96–103.
35. Sell J, Riley T, Miller E. Integrating quality improvement and community engagement education: curricular evaluation of resident population health training. Fam Med. 2022;54(8):634–9.
36. Damayanti DF, Aprianti E, Fatonah O, Sulistiawati R. Faktor-faktor yang memperngaruhi peran kader posyandu dalam upaya pencegahan stunting di wilayah Puskesmas Sungai Melayu Kabupaten Ketapang. J Kebidanan Khatulistiwa. 2022;8(1):12.
37. Maniagasi YG. Analisis Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Depapre Kabupaten Jayapura. J Gov Policy Innov. 2022;2(2):69–85.
38. Nindrea RD. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Kerja Tenaga Medis Di Puskesmas Kota Padang. J Endur. 2017;2(3):333–45.
39. Mangold KA, Bartell TR, Doobay-Persaud AA, Adler MD, Sheehan KM. Expert consensus on inclusion of the social determinants of health in undergraduate medical education curricula. Acad Med. 2019;94(9):1355–60.
40. Anderson AK. Prevalence of anemia, overweight/obesity, and undiagnosed hypertension and diabetes among residents of selected communities in Ghana. Int J chronic Dis. 2018;2018.
41. Siyen S, Hadi AJ, Asriwati A. Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi. MPPKI (Media Publ Promosi Kesehat Indones Indones J Heal Promot. 2020;3(3):267–74.
42. Araujo CAS, Siqueira MM, Malik AM. Hospital accreditation impact on healthcare quality dimensions: a systematic review. Int J Qual Heal Care. 2020;32(8):531–44.
43. Fernandez LDI, Kenjam Y, Dodo DO. Mutu Pelayanan Kesehatan Puskesmas Pasir Panjang Pasca Akreditasi. Media Kesehat Masy. 2021;3(3):276–85.
44. Saudia BEP, Anggraini NPDA. Pemantauan 1000 Hari Pertama Kehidupan Dalam Rangka Pencegahan Stunting Melalui Pelatihan Kader Kesehatan Di Desa Menemeng Wilayah Kerja Puskesmas Bagu Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2018. J Midwifery Updat. 2020;1(2):50–60.
45. Anwar A, Muchlis N, Ahri RA. Pengaruh Kepemimpinan, Organisasi, Tim Peningkatan Mutu Dan Efikasi Diri Terhadap Penilaian Status Akreditasi Puskesmas Di Kota Makassar Tahun 2016-2019. J Aafiyah Heal Res. 2020;1(2):28–43.
46. Fretty H, Misnaniarti M, Flora R. Hubungan Lama Kerja Menjadi Kader, Sikap Dan Pengetahuan Dengan Kinerja Kader Posyandu Di Kota Palembang. Jurnal’Aisyiyah Med. 2020;5(2).
47. Maghiroh L, Rochmah TN. Analisis kesiapan puskesmas Demangan Kota Madiun dalam menghadapi akreditasi. J Mkmi. 2017;13(4):329–36.
48. Andira RA, Abdullah AZ, Sidik D. Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kinerja Kader dalam Kegiatan Posyandu di Kec. Bontobahari Kabupaten Bulukumba Tahun 2012. J Kesma Vol 10 No 1 hal 73. 2013;79.
49. Suryani A, Chotimah I, Hidana R. Analisis Proses Akreditasi Puskesmas Sindang Barang Kota Bogor Tahun 2018. PROMOTOR. 2019;2(2):87–100.
50. Ariyanti F, Arofi SP. Studi mutu (ServQual) dan kepuasan pasien berdasarkan akreditasi puskesmas. J Ilmu Kesehat Masy. 2021;10(03):180–90.
51. Syukriadi S. Upaya Meningkatkan Capaian Akreditasi Puskesmas Di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu. JKM (Jurnal Kesehat Masyarakat) Cendekia Utama. 2022;10(1):145–57.
52. Siswantoro H, Siswoyo H, Nurhayati N, Tie D, Afrilia AR, Harso AD, et al. Pengembangan indeks mutu pelayanan kesehatan puskesmas. Media Penelit dan Pengemb Kesehat. 2019;29(3):269–84.
53. Brahmana RP, Wahyudi K, Hilfi L. Perspektif Tenaga Kesehatan: Budaya Keselamatan Pasien pada Puskesmas PONED di Kota Bandung. J Sist Kesehat. 2018;3(3).
54. Pardede MJ, Fitriani AD, Hadi AJ. Analisis Implementasi Manajemen Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap RSU. Mitra Sejati Medan. MPPKI (Media Publ Promosi Kesehat Indones Indones J Heal Promot. 2020;3(2):93–9.
55. Crowley AA, Ma TY-Z, Jeon S. Nurse Child Care Health Consultants, Professional Development, and Accreditation Improve Medication Safety in Child Care Programs. Policy, Polit Nurs Pract. 2023;24(1):36–50.
56. Ulandari S, Yudawati S. Analisis kualitas pelayanan, sarana prasarana dan lingkungan terhadap kepuasan pasien. Care J Ilm Ilmu Kesehat. 2019;7(2):39–53.
57. Lutfiana A, Lestari IS, Annisa K, Sarah S, Puspita R, Rasyid Y. Strategi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Cilandak Dalam Meningkatkan Akreditasi Ke Tingkat Paripurna. Pentahelix. 2023;1(1):1–14.
58. Darajatun RH, Nurdin N, Kesumah N. Pengaruh Status Akreditasi Puskesmas terhadap Indeks Kepuasan Pasien di Puskesmas. J Sos dan sains. 2023;3(4):375–81.
59. Sutanti D, Suparman R, Setianingsih T, Badriah DL. Studi Analisis Ketercapaian Implementasi Kebijakan Akreditasi Puskesmas Dan Kinerja Puskesmas Di Kabupaten Kuningan. J Public Heal Innov. 2022;2(02):189–98.
Published
2024-05-08
How to Cite
Ikrima Daulay, Haslinah Ahmad, Owildan Wisudawan B, Anto J. Hadi, Masnilam Hasibuan, & Nayodi Permayasa. (2024). Determinan Kinerja Tenaga Kesehatan terhadap Akreditasi Puskesmas Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas: Determinants of Health Performance on Accreditation of Sosopan Health Center, Sosopan District, Padang Lawas District. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(5), 1322-1333. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i5.5299