Analisis Faktor Hubungan Pengetahuan dan Sikap Perawat dengan Motivasi Pelaksanaan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP)

Factor Analysis of the Relationship between Nurses' Knowledge and Attitudes with Motivation for Implementation Model of Professional Nursing Practice (MPKP)

  • Sarifudin Andi Latif STIKes Amanah Makassar, Indonesia
  • Ema Julita RSUP Dr M Djamil Padang, Indonesia
  • Eko Prastyo Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wijaya Kediri, Indonesia
  • Supriatin Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon, Indonesia
  • Ferdinandus Suban Hoda STIKes YARSI Mataram, Indonesia
  • Abdul Rivai Saleh Dunggio Poltekkes Kemenkes Maluku, Indonesia
  • Rahmat Pannyiwi STIKes Amanah Makassar, Indonesia
Keywords: Pengetahuan, Sikap Perawat, Motivasi Pelaksanaan Model Praktik Keperawatan Profesional

Abstract

Latar belakang: Pengembangan MPKP di Indonesia berdasarkan UU No.36 tahun 2009 bahwa tenaga kesehatan harus memiliki kualifikasi dan dalam melaksanakan tugasnya berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Diperlukan adanya pengetahuan dan motivasi perawat dalam pengembangan MPKP ini. Dengan adanya perbedaan tingkat pengetahuan perawat tentang MPKP tentunya motivasi dalam pelaksanaaan MPKP juga berbeda.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan Pengetahuan dan Sikap Perawat dengan Motivasi Pelaksanaan Model Praktik Keperawatan  Profesional (MPKP) di Ruang Interna dan Bedah RSUD Kota Baubau.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  yang menggunakan rancangan studi cross sectional. Penelitian cross sectional adalah suatu penelitian dimana variabel yang termasuk faktor hubungan variabel dan variabel yang termasuk efek diobservasi pada waktu yang sama.

Hasil: Model Praktik Keperawatan  Profesional (MPKP) di Ruang Interna dan Bedah RSUD Kota Baubau adalah signifikan, Hasil analisis Correlation Coefficient dengan Spearman’s rho sebesar 0.510 yang artinya, tingkat kekuatan hubungan (korelasi) anatara variabel pengetahuan Perawat dengan Motivasi Pelaksanaan Model Praktik Keperawatan  Profesional (MPKP) adalah 0.510 atau kuat.

Kesimpulan: 1. Hubungan pengetahuan Perawat dengan Motivasi Pelaksanaan Model Praktik Keperawatan  Profesional (MPKP) di Ruang Interna dan Bedah RSUD Kota Baubau adalah signifikan, dan tingkat kekuatan hubungan (korelasi) anatara variabel pengetahuan Perawat dengan Motivasi Pelaksanaan Model Praktik Keperawatan  Profesional (MPKP) adalah kuat. 2. Hubungan sikap Perawat dengan Motivasi Pelaksanaan Model Praktik Keperawatan  Profesional (MPKP) di Ruang Interna dan Bedah RSUD Kota Baubau adalah signifikan, dan tingkat kekuatan hubungan (korelasi) anatara variabel sikap Perawat dengan Motivasi Pelaksanaan Model Praktik Keperawatan  Profesional (MPKP) adalah sangat kuat.

References

Andung, P. J. R., Sudiwati, N. L. P. E., & Maemunah, N. (2017). Gambaran Kinerja Perawat Dalam Penerapan Metode Asuhan Keperawatan Profesional (Makp) Modifikasi Tim-Primer Di Ruangan Dahlia Rsud Umbu Rara Meha Waingapu Sumba Timur. Nursing News, 2(3), 746–758.

Islamy, L. O. S., Abidin, Z., Andriani, R., & Arisanti, H. (2020). Implementasi Model Praktik Keperawatan Profesional Di Rsud Kota Baubau. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 10(1), 171–186. https://doi.org/10.33859/dksm.v10i1.388.

Marquis Bessie L. (2010). Kepemimpinan dan Manajelen Keperawatan (4th ed.). Jakarta: Penerbit BUku Kedokteran, EGC.

Nur Hidayah. (2014). Manajemen model asuhan keperawatan profesional (makp) tim dalam peningkatan kepuasan pasien di rumah sakit. Jurnal Kesehatan, VII(2), 410–426.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi Keperawatan Profesional (4th ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Oliver, J. (2019). Bab Ii Tinjauan Pustaka Aplikasi. Hilos Tensados, 1, 1–476. Retrieved from http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/bitstream/123456789/2990/6/BAB II.pdf

Potter , P.A., & Perry, A.G. (2005). Fundamental of nursing : Concepts, process & practice. (St. Louis: Mosby, Ed.).

Ratna Sitorus. (2006). Model praktek keperawatan professional di Rumah Sakit: Penataan struktur dan proses (sistem) pemberian asuhan keperawatan di ruang rawat. (EGC, Ed.). Jakarta.

Sitorus, R. & Panjaitan, R. (2011). Manajemen keperawatan: Manajemen keperawatan di ruang rawate. Jakarta: Sagung Seto.

The President of the Republic of Indonesia. (2014). The Republic Indonesia Act, number 38 on 2014 years, about Nursing. Undang-Undang Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Published
2023-12-01
How to Cite
Sarifudin Andi Latif, Ema Julita, Eko Prastyo, Supriatin, Ferdinandus Suban Hoda, Abdul Rivai Saleh Dunggio, & Pannyiwi, R. (2023). Analisis Faktor Hubungan Pengetahuan dan Sikap Perawat dengan Motivasi Pelaksanaan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) : Factor Analysis of the Relationship between Nurses’ Knowledge and Attitudes with Motivation for Implementation Model of Professional Nursing Practice (MPKP). Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(12), 2433-2439. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i12.3764