Hubungan Pengetahuan Prilaku dan Sikap dalam Pengolahan Makanan terhadap Kejadian Penyakit Diare Pasca Bencana di Pengusian Desa Wani 1 Kabupaten Donggala Tahun 2020

The Relationship Between Knowledge Behavior and Attitude in Food Processing to the Incidence of Diarrhea Post-Disaster in Wani 1 Village, Donggala Regency in 2020

  • Fadly Umar Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Juwita Juwita Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Andi Kartiani Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
Keywords: Pengolahan Makanan, Diare, Pasca Bencana

Abstract

Pada wilayah Desa wani 1 terjadi diare balita sebesar 19 kasus denganjumlah KK 299 dan jumlah balita 63 jiwa (30,16%). Berdasarkan survey pendahuluan, masyarakat di pengungsian mempunyai pengetahuan yang cukup terhadap pengolahan makanan tetapi masih ada yang bersikap acuh. Kemungkinan hal ini dikarenakan kondisi lingkumgan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan perilaku dalam pengolahan makanan terhadap kejadian penyakit diare pasca bencana dipengungsian desa wani 1. Desain penelitian yang digunakan adalah potong silang (Cross Sectional). Penelitian ini dilaksanakan di tempat pengungsian desa Wani 1 dengan populasi berjumlah 63 balita, dimana  teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling. Luaran yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu keberhasilan dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku dalam pengolahan makanan sehingga mengurangi  kejadian  penyakit diare di pengungsian Desa wani 1 Kabupaten Donggola.

References

Akbar R, Darman R, Marizka FNU, Namora J, Ardewati N. Implementasi Business Intelligence Menentukan Daerah Rawan Gempa Bumi di Indonesia dengan Fitur Geolokasi. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelit Inform. 2018;4(1):30–5.

Utami S, Handayani SK. Ketersediaan Air Bersih untuk Kesehatan: Kasus dalam Pencegahan Diare pada Anak. Optim Peran Sains Teknol untuk Mewujudkan Smart City. 2017;211.

Usman H, Susanti EW. Hubungan Kualitas Air PDAM dengan Insiden Penyakit Diare di Wilayah Kerja PUSKESMAS Sidomulyo Kelurahan Sidodamai Samarinda. 2016;

Saputri AI, Hasanuddin M, Mery Y. Tren Penyakit Diare Di Kabupaten Buton. J Kesehat Masy Celeb. 2019;1(1):33–7.

HAPSARI AM. Gambaran Implementasi Keperawatan dengan Masalah Keperawatan Utama pada Anak Diare di RS Perkebunan Wilayah Karesidenan Besuki.

Senduk CR, Palar S, Rotty LWA. Hubungan anemia dengan kualitas hidup pasien penyakit ginjal kronik yang sedang menjalani hemodialisis reguler. e-CliniC. 2016;4(1).

Rifai R, Wahab A, Prabandari YS. Kebiasaan cuci tangan ibu dan kejadian diare anak: studi di Kutai Kartanegara. Ber Kedokt Masy. 2016;32(11):409–14.

Hutapea AD, Purba DH, Sihombing RM, Hariyanto S, Kartika L, Siregar D, et al. Keperawatan Bencana. Yayasan Kita Menulis; 2021.

Amaliyah N. Penyehatan Makanan Dan Minuman-A. Deepublish; 2017.

Published
2021-11-14
How to Cite
Umar, F., Juwita, J., & Kartiani, A. (2021). Hubungan Pengetahuan Prilaku dan Sikap dalam Pengolahan Makanan terhadap Kejadian Penyakit Diare Pasca Bencana di Pengusian Desa Wani 1 Kabupaten Donggala Tahun 2020: The Relationship Between Knowledge Behavior and Attitude in Food Processing to the Incidence of Diarrhea Post-Disaster in Wani 1 Village, Donggala Regency in 2020 . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 4(4), 540-543. https://doi.org/10.56338/mppki.v4i4.1613