Hubungan Ventilasi Rumah dan Jenis Bahan Bakar Memasak dengan Kejadian ISPA pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Juntinyuat

  • Sudirman Sudirman Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKES Graha Medika
  • Muzayyana Muzayyana Program Studi Kebidanan STIKES Graha Medika
  • Sitti Nurul Hikma Saleh Program Studi Kebidanan STIKES Graha Medika
  • Hairil Akbar Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKES Graha Medika
Keywords: ISPA, Ventilasi Rumah, Jenis Bahan Bakar Memasak

Abstract

Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) adalah infeksi akut yang berlangsung kurang dari 14 hari disebabkan oleh mikroorganisme di saluran pernafasan mulai dari hidung, telinga, laring, trachea, bronchus, bronkhiolus, sampai dengan paru-paru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan ventilasi rumah dan jenis bahan bakar memasak dengan kejadian ISPA pada balita di wilayah kerja Puskesmas Juntinyuat Kabupaten Indramayu tahun 2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 87 balita. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi-square. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai analisis bivariat yaitu ventilasi rumah (p value = 0,004) dan jenis bahan bakar memasak (p value = 0,000), maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan ventilasi rumah dan jenis bahan bakar memasak dengan kejadian ISPA pada balita di wilayah kerja Puskesmas Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Diharapkan masyarakat hendaknya meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan, sehingga dapat menekanankan kejadian ISPA dan dapat meningkatkan derajat kesehatan.

References

Erlien T. Penyakit Saluran Pernapasan. Jakarta: PT. Sunda Kelapa; 2008.

Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Pedoman Pengendalian Infeksi Saluran Pernafasan Akut. Jakarta: Kemenkes RI; 2011.

Eko Budi Santoso. HA. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian ISPA pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Juntinyuat. HIBUALAMO Seri Ilmu-ilmu Alam dan Kesehat. 2018;2(2).

Caulfield LE, de Onis M, Blössner M, Black RE. Undernutrition as an underlying cause of child deaths associated with diarrhea, pneumonia, malaria, and measles. Am J Clin Nutr. 2004;80(1):193–8.

PPMLP. Profil P2ML Tahun 2004. Jakarta: Depkes RI; 2004.

Djojodibroto RD. Respirologi (Respiratory Medicine). Jakarta: EGC; 2007.

Marhamah, A. Arsunan Arsin W. Faktor yang berhubungan dengan Kejadian ISPA pada anak Balita di Desa Bontongan Kabupaten Enrekang. MKMI. 2013;10(2).

Mukono. Prinsip Dasar Kesehatan Lingkungan Edisi 2. Surabaya: Airlangga University Press; 2006.

Isnaeni. Analisis Spatial Faktor Lingkungan Penyakit ISPA Pneumonia Pada Balita di Provinsi Banten Tahun 2011-2015. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah; 2015.

Published
2020-09-05
How to Cite
Sudirman, S., Muzayyana, M., Nurul Hikma Saleh, S., & Akbar, H. (2020). Hubungan Ventilasi Rumah dan Jenis Bahan Bakar Memasak dengan Kejadian ISPA pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Juntinyuat. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 3(3), 187-191. https://doi.org/10.56338/mppki.v3i3.1137