PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA ECO-POP TERHADAP HASIL BELAJAR EKOSISTEM PESERTA DIDIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR
Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah sejak dini, namun pembelajaran ekosistem kerap masih bersifat teoritis dan kurang kontekstual sehingga membuat peserta didik kesulitan memahami keterkaitan antar komponen ekosistem secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media Eco-Pop terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas V sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan desain Pre-Eksperimen One-Group pretest-posttest dengan sampel penelitian sebanyak 26 peserta didik kelas V di salah satu sekolah dasar di Purwakarta. Tes ini terdiri dari 5 soal pretest dan posttest dengan bentuk uraian singkat yang mengukur kemampuan peserta didik memahami hubungan antara komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan taraf signifikansi p < 0,001, rata-rata skor pretest sebesar 47,31 dan posttest sebesar 64,23 yang mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar setelah penerapan pembelajaran. Model Jigsaw mendorong aktivitas kolaboratif dan konstruksi pengetahuan, sedangkan media Eco-Pop memfasilitasi representasi visual yang konkret sehingga mempermudah pemahaman konsep abstrak. Meskipun demikian, capaian pada indikator berpikir tingkat tinggi masih rendah, ditunjukkan oleh skor rata-rata indikator C3 sebesar 74,7% yang lebih tinggi dibandingkan indikator C4 sebesar 25,3% dari keseluruhan hasil posttest. Secara keseluruhan, pembelajaran Jigsaw berbantuan media Eco-Pop efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dan direkomendasikan sebagai inovasi pembelajaran IPA di sekolah dasar.
References
Adji, M. R., Prasetyo, M. A., Nada, L. K., Ulandari, L., & Fadila, L. (2023). Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 256–263.
Ainiyah, Z., Surjowati, R., & Roosyanti, A. (2022). Peningkatan hasil belajar IPA materi komponen ekosistem melalui penerapan media pop-up book. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(1), 77–89.
Azzahra, N., & Ninawati, M. (2024). Penggunaan media Pop-Up Book dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sains, 12(1), 44–53.
Bhardwaj, S. (2025). Jigsaw strategy’s impact on student achievement and social skills across educational levels: A meta-analytic review. International Journal of Research and Review, 12(6). https://doi.org/10.52403/ijrr.20250633
Demir, F. B., Kayis, M., Aksoy, D., Kaya, R., & Kaya, E. (2023). An Action Research on Improving Environmental Sensitivity of Fourth Grade Primary School Students: What Happens in the School Garden?. International Journal of Education and Literacy Studies, 11(2), 54-63.
Dewi, A. P., & Cahyadi, R. (2023). Efektivitas media visual konkret pada pembelajaran ekologi di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(2), 101–110.
Dewi, R., Nuraeni, F., & Alindra, A. L. (2025). The influence of the Jigsaw cooperative model to increase interest in learning science in fourth grade elementary school students (Quasi-Experimental Research on Class IV Elementary School Science Learning at SDN Kalihurip II). COMPETITIVE: JOURNAL OF EDUCATION ??????????: Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu, 4(1), 43-50.
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., ... & Ndraha, L. D. M. (2022). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep belajar peserta didik. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325–332.
Hanusz, Z., Tarasinska, J., & Zielinski, W. (2016). Shapiro–Wilk test with known mean. REVSTAT-statistical Journal, 14(1), 89-100
Hasanah, F., Ramadhani, R., & Putro, H. (2025). Penerapan model Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik sekolah dasar. Journal of Basic Education Research, 14(1), 22–35.
Hidayat, A., & Lestari, S. (2022). Kesulitan peserta didik dalam memahami ekosistem pada pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(3), 367–376.
Hima, L. R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi PLSV Ditinjau dari Gender. EDU SOCIETY, 5(1), 94–99.
Imanulhaq, R., & Ichsan, I. (2022). Analisis teori perkembangan kognitif Piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7–12 tahun sebagai dasar kebutuhan media pembelajaran. Waniambey Journal of Islamic Education, 3(2), 126–134.
Kamal, A. L., Ali, M. K., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Penggunaan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 12–12.
Karnita, N., & Sunanto, L. (2025). Pengembangan media Pop-Up Book berbasis strategi reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD pada mata pelajaran IPA. Sinergi: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 765–778.
Komariah, S. (2025). Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 5(1), 44–54.
Lastri, W. A., & Hardiani, N. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Journal of Math Tadris, 5(1), 12–25.
Mashuri, A. (2025). Hubungan antara kemampuan penalaran logis dan penyelesaian masalah matematika dasar pada mahapeserta didik peserta didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 5(2), 399–405.
Mifroh, N. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implementasinya dalam pembelajaran SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253–263.
Moskowitz, J. M., Malvin, J. H., Schaeffer, G. A., & Schaps, E. (1985). Evaluation of Jigsaw, a Cooperative Learning Technique. Contemporary Educational Psychology, 10(2), 104-112.
Pratiwi, D., & Manurung, R. (2023). Kontekstualisasi materi IPA dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Pembelajaran Dasar, 11(2), 78–89.
Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2022). Kritik terhadap teori perkembangan kognitif Piaget pada tahap anak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1).
Rahmi, D. A., Ma’wa, J., & Alim, J. A. (2024). Analisis metode pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(1), 35–41.
Rizki, S. A., Bik, M. T. N., & Susanti, E. (2025). Teori Belajar Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(4), 6867–6882.
Rukmana, N., & Hidayanti, F. (2023). Analisis kendala pembelajaran IPA materi ekosistem di SD. Jurnal Cakrawala Pendidikan Dasar, 5(1), 55–64.
Ruspandi, J. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dan hasil belajar IPS. Jurnal Insan Cendekia, 2(2), 33–50.
Sari, M., & Kurniawan, R. (2021). Teacher-centered learning dan dampaknya terhadap keterlibatan peserta didik. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(1), 11–19.
Sari, W., & Widyaningsih, T. (2022). Efektivitas model Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pedagogik, 10(3), 123–132.
Sianturi, R. (2025). Uji normalitas sebagai syarat pengujian hipotesis. JPMS, 11(1), 1–14.
Sunarya, R., Yuliandini, N., & Fajriah, L. (2025). Implementasi model Jigsaw dalam pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Edukasi Dasar Indonesia, 7(1), 15–26.
Suryani, A., & Prasetyo, B. (2024). Integrasi media Eco-Pop dalam pembelajaran IPA berbasis kooperatif. Jurnal Sains dan Pembelajaran, 9(2), 88–97.
Triana, L., & Crestiani, M. (2023). Pengaruh media Pop-Up Book terhadap motivasi dan pemahaman konsep sains peserta didik SD. Jurnal Pendidikan Kreatif, 4(2), 66–75.
Utami, F., Salamah, R., & Yunilarosi, A. (2025). Penggunaan Pop-Up Book untuk meningkatkan minat belajar IPA peserta didik sekolah dasar. Jurnal Literasi Sains, 6(1), 30–42.
Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di sekolah dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 1–7.
Wulandari, D., & Aditya, P. (2023). Peningkatan pemahaman konsep ekosistem melalui pembelajaran kooperatif. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(4), 211–220.
Yanti, D. K. (2023). Strategi pembelajaran aktif melalui strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 181–189.
Yuliyana, D., Sunaengsih, C., & Sujana, A. (2024). Analisis pembelajaran ekosistem di sekolah dasar. Jurnal Edukasi Sains, 10(1), 55–64.






