PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA PERMAINAN LUDO INTERAKTIF ECOQUEST UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI EKOSISTEM DI SEKOLAH DASAR

  • Alpita Noviyanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus UPI di Purwakarta, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dwina Nurmalia Putri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus UPI di Purwakarta, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Khosyi Anindya Chotimah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus UPI di Purwakarta, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Laili Lutfianah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus UPI di Purwakarta, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurbaiti Syifa Widaningsih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus UPI di Purwakarta, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurhayati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus UPI di Purwakarta, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Afridha Laily Alindra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus UPI di Purwakarta, Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Discovery learning, Interactive Ludo EcoQuest, Conceptual Understanding, Ecosystems, Elementary School Science

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar masih menghadapi kendala rendahnya pemahaman konsep, terutama pada materi ekosistem, karena penggunaan metode ekspositori yang kurang memberi kesempatan siswa untuk mengeksplorasi secara mandiri. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penerapan Discovery learning berbasis permainan Ludo Interaktif EcoQuest terhadap pemahaman konsep ekosistem siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest–posttest melibatkan 28 siswa dengan 14 orang laki-laki dan 14 perempuan kelas V di salah satu SD Negeri Purwakarta. Instrumen berupa tes uraian yang divalidasi oleh ahli. Analisis data diuji normalitasnya hasilnya tidak berdistribusi normal, sehingga analisis dilanjutkan dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep setelah perlakuan, dibuktikan dengan 15 siswa mengalami kenaikan skor dan nilai signifikan 0,028 < 0,05. Analisis ini mengindikasikan adanya perbedaan bermakna antara hasil pretest dan posttest. Temuan tersebut membuktikan bahwa Discovery learning berbantuan Ludo Interaktif EcoQuest efektif meningkatkan pemahaman konsep ekosistem. Media ini juga memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan berpotensi mendukung keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran IPA.

References

Andari, Y. D., Waris, W., & Adhim, F. (2025). Impact Of Game-Based Discovery Learning On Elementary Students’ Engagement And Learning Motivation In Social Studies. Journal La Edusci, 6(2), 309–320. Https://Doi.Org/10.37899/Journallaedusci.V6i2.2270
Arrahmah, J., Kusuma, Y. Y., & Fadhilaturrahmi, F. (2021). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Journal Of Education Research, 5(2), 919. Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V5i2.919
Asrinawati, A., Zulfah, K. F., Sihotang, S. R., Hasanah, T., & Suryanda, A. (2024). Analisis Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 171–177.
Azahra, R., Alindra, A. L., & Mustikaati, W. (2025). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Phet Simulation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 1-11.
Cholifah, T. N., & Fada, S. (2022). Model Guided Discovery Learning Berbasis Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Educatio, 8(4), 1368–1375.
Fikri, F., & Adlini, M. N. (2023). Discovery Learning Based Ecosystem Student Work Sheet To Improve Problem Solving Ability Of Students In Class X MA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4551–4557. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V9i6.3858
Hosnia, H., Habiddin, H., & Rudiyanto, R. (2023). Pengembangan Media Board Game “Ekosistem Simbioterra” Untuk Memfasilitasi Pemahaman Dan Kolaborasi Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(3), 3367. Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V15i3.3367
Lestari, D. E., Koeswanti, H. D., & Sadono, T. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 842–849. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.841
Nurliza, N., & Helendra, H. (2023). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Tingkat SMA: Literature Review. Jendela Pendidikan, 5(3).
Nurrahman, M. N., Meisyaroh, S., Sagala, V. S., & Marini, A. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Permainan Papan Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 437-446.
Othman, M. K., Mat, R., & Sim, K. C. (2025). A Systematic Review Of Paper?Based And Digital Board Games For Collaborative Science Learning. Review Of Education, 13(3), E70107.
Prayogo, B. H., Ayu, I. R., & Lubis, P. H. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Ekosistem Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15321–15327. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V6i2.4815
Qoyyimah, D. F. A. H., Retno, T., & Hamdani, I. (2024). The Application Of Discovery Learning Model In The Independent Curriculum To Students’ Critical Thinking Skills. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(1).
Rahmadani, S. (2025). Pemanfaatan Game Edukasi Berbasis IPA Sebagai Strategi Menumukan Minat Dan Pemahaman Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Mahasiswa Dan Akademisi, 1(1), 106-115.
Rahmawati, A. N., Dkk. (2024). Pengembangan Media Ludo Untuk Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.
Rahmawati, A. N., Saputra, H. J., & Priyanto, W. (2025). Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ludo Materi Sistem Pencernaan Pada Pembelajaran Ipas Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(03), 608-620.
Safitri, R. R. (2023). Game-Based Learning And Its Effect On Science Concept Retention: A Systematic Review. Jurnal Pendidikan.
Suari, B. A., & Astawan, I. G. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Ulya, F. I., Sumarno, & Wijayanti, A. (2021). Pengembangan Media Video Berbasis Discovery Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1). Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V8i1.42565
Winangun, I. M. A. (2020). Media Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran IPA SD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 65-72.
Published
2025-12-26

Most read articles by the same author(s)