Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran untuk Memperkuat Pemahaman Siklus Air pada Siswa Kelas V

  • Chairin Zahra Alkautsari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta
  • Esti Yuliani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta
  • Nabila Wanda Yusela Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta
  • Nala Kania Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta
  • Ghevira Aulia Rahima Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta
  • Rachmi Amalia Syafia Syams Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta
  • Shela Permatasari Setyawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta
  • Afridha Laily Alindra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta
Keywords: Augmented Reality; Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Siklus Air; Pretest-posttest; Wilcoxon Signed Ranks;

Abstract

Perkembangan teknologi digital dalam pendidikan mendorong penggunaan media pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan interaktivitas dan pemahaman siswa. Materi siklus air bersifat abstrak sehingga perlu adanya media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memvisualisasikan konsep abstrak secara langsung melalui Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran Augmented Reality (AR) berbasis smartphone terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus air. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu sekolah swasta di Purwakarta dengan subjek 14 siswa kelas V-B. Penelitian menggunakan desain pre-experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar berupa 10 soal pilihan ganda yang diberikan sebagai pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengevaluasi, menganalisis, dan mengurutkan. Perlakuan yang diberikan adalah pembelajaran menggunakan media AR yang menampilkan gambar 3 dimensi siklus air, dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab, diskusi, dan pembuatan diorama siklus air. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata rata dari 87,14 pada pretest menjadi 98,57 pada

posttest dengan selisih 11.43. Uji statistik Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi 0,005 (p<0,05) yang menunjukan bahwa perbedaan perlakuan signifikan. Berdasarkan uji normalitas, data berdistribusi tidak normal, sehingga dilanjutkan dengan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat 8 siswa dengan nilai posttest lebih tinggi daripada pretest (Positive Ranks = 8, Negative Ranks = 0, Ties = 6), dan tidak ada siswa yang mengalami penurunan nilai. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran Augmented Reality (AR) efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan memperkuat pemahaman siswa mengenai proses siklus air.

References

Agustina, R., & Puspitasari, D. (2022). Penerapan Desain One Group Pretest–Posttest dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(2), 115–123.
Ansya, Y. A. U. (2023). Upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar pada pembelajaran IPA menggunakan strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 43-52.
Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Gutama, I. Y., & Winanto, A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Siklus Air untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11432-11438. Doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9434
Isnaini, M., Afgani, M. W., Haqqi, A., & Azhari, I. (2025). Teknik analisis data uji normalitas. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 1377–1384.
Muharromi, D. Y., & Setyasto, N. (2025). Development of E-Learning Materials Assisted by Augmented Reality in the Science Subject of Water Cycle Material for Grade V Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 11(2), 1157-1168. DOI: https://doi.10.org/10.29303/jppipa.v11i2.10346
Mufidatul‘Ula, W., Ardianti, E. D., Lifiani, N. A., Towafiah, M. M., Cahyani, A. P., & Yulia, N. M. (2025). Efektivitas Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Mata Pelajaran IPA: Literatur Review. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 230-246. Doi: https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28452
Nadyarta, S. A., Fakhriyah, F., & Purbasari, I. (2025). SOCA: Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 5(2), 727–741. Doi: https://doi.org/10.51574/jrip.v5i2.3700
Ningrum, N. C., Alindra, A. L., & Caturiasari, J. (2025). Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 493-504.
Novitasari, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis pemahaman konsep mahasiswa pada materi analisis real berdasarkan taksonomi Bloom ditinjau dari ranah kognitif. Maju, 7(2), 504952.
Nurhidayah, I. J., Wibowo, F. C., & Astra, I. M. (2021, October). Project Based Learning (PjBL) learning model in science learning: Literature review. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2019, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
Purwanti, P., Diana, R., Mulyadin, M., Yusup, F., & Fauzi, R. N. (2024). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. (2024). Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 67-73. https://doi.org/10.59395/jitp.v4i2.98
Safira, I., Rahim, A., & Palangi, P. I. (2022). The effectiveness of augmented reality (AR) in elementary school science learning concept: Augmented Reality. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 4(3), 685.–692. Doi: https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.414
Swarmahardika, I. K. P. ., & Widiana, I. W. . (2024). Interactive Learning Media Based on Augmented Reality to Improve Elementary School Grade V Students’ Understanding of the Water Cycle Concept. MIMBAR PGSD Undiksha, 12(2), 351–359. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v12i2.74930
Widianto, A., Jumini, S., & Hidayat, M. S. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Augmented Reality terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 pada Mata Pelajaran IPA SDN 2 Bringinsari. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(2), 552-559. Doi: https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1195
Widianto, E., & Hidayat, T. (2024). Pemanfaatan Augmented Reality dalam pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(1), 45–54.
Zidane, J., Susilo, E., & Mursidik, E. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air Menggunakan Model Pembelajaran PjBL Siswa Kelas V SD Negeri 1 Punung. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2956-2966
Published
2025-12-26

Most read articles by the same author(s)