Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang di Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali)
The Influence Of Customer Statisfaction and Trus on Repurchase Intention on Shopee (Case Study on The Community Of East Bungku District, Morowali District)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap minat beli ulang di Shopee (studi kasus pada Masyarakat Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali). Metode penarikan sampel dengan menggunakan metode nonprobability sampling tepatnya Sampling Purposive sebesar 60 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan kemudian di olah dengan menggunakan SPSS versi 25. Metode analisis yang digunakan merupakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepuasan dan Kepercayaan secara serempak berpengaruh positif dan signifkan terhadap Minat Beli Ulang di Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali). Kemudian Kepuasan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang di shopee (studi kasus pada masyarakat kecamatan bungku timur kabupaten morowali) dan kepercayaan secara persial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli ulang di shopee (studi kasus pada masyarakat kecamatan bungku timur kabupaten morowali). Koefisien determinasi memperlihatkan nilai R Square sebesar 0.558 atau 55,8% dan sisanya sebesar 44,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian.
References
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P., dan Keller, L, K. (2016). Marketing Management. 15th Global Edition.
Reny Br Surbakti, Winda Evyanto (2023) Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Pada Situs Belanja Online Shopee di Batam. Jurnal Bina Manajemen, 11(2);219-233
Sugiyono, (2019). Metode penelitian kuantitatif, kuantitatif R & D. cetakan ke 1 Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2014).”Pemasaran Jasa edisi Terbaru” Yogyakarta: Penerbit Andi.