Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Malolo Store Di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali

The Influence Of Brand Image And Price On Purchase Decision At Malolo Store In Bungku Tengah Distric Morowali Regency

  • La Ode Guntoro Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako
  • Moh. Zeylo Auriza Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako
  • Syamsul Bahri Dg. Parani Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako
  • Sri Wanti Program Studi S1 Mnajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako
Keywords: Brand Image, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan harga terhadap keputusan pembelian pada malolo store di kecamatan bungku tengah kabupaten morowali. Metode penarikan sampel dengan menggunakan metode nonprobability sampling tepatnya Purposive Sampling sebesar 90 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang kemudian diolah dengan menggunakan SPSS versi 26 Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda. Secara serempak variabel brand image (X1) dan harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Malolo Store di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Kemudian pada uji parsial brand image (X1) dan harga (X2) masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Malolo Store di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Koefisien determinasi R Square = 0,481 dan Adjusted R Square = 0,470 Sisanya sebesar 51,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini

References

Aaker, D. A. (2019). Building Strong Brands. New York: Simon & Schuster.
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Assauri, Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik UMKM Indonesia 2023. Jakarta: BPS.
Cindy Wahyu Valentine, Edi Murdiyanto, & Zaenul Muttaqien. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo Pada Toko Handphone Mbahjo Cell Dibandar Kota Kediri. Journal of Management and Social Sciences, 2(4), 190–205. https://doi.org/10.55606/jimas.v2i4.667
Daryanto. 2020. Manajemen Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bandung: CV Yrama Widya
Fachry Fadhlurrohman, M., Supartono, & SBR, K. (2023). Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Inovasi Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Di Matahari Department Store Grand Mall Bekasi. Sains Manajemen, 9(1), 28–40. https://doi.org/10.30656/sm.v9i1.6686
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2009). Basic econometrics (5th ed.). McGraw-Hill.
Hermawan, A., & Prasetyo, B. (2019). Strategi Pemasaran Jitu: Pendekatan Berbasis Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hastriana, A. Z., & Sari, F. (2025). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Baju Nibras. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 30(1), 68–84. https://doi.org/10.35760/eb.2025.v30i1.11946
Intan, R., Hildayanti, H., & Ulum, M. B. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Pelanggan Warung Sop Bang Rio Cabang Demang Lebar Daun – Palembang). Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 4(1), 394–414. https://doi.org/10.47709/jebma.v4i1.3628
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (5th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2019. Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited
Muhammad Andika, Halin, H., & Yeni. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Provider Myrepublic). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(5), 3111–3119. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i5.3258
Marpaung, F. K., Arnold S, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1), ISSN. http://ejournal.lmiimedan.net
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education.
Perreault, W. D., Cannon, J. P., & McCarthy, E. J. (2020). Basic Marketing: A Marketing Strategy Planning Approach (21st ed.). McGraw-Hill Education.
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior (12th ed.). Pearson Education.
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2021). Consumer Behavior (12th ed.). Pearson Education
Stanton, W. J., Walker, H. F., & Etzel, M. J. (2019). Fundamentals of Marketing (16th ed.). McGraw-Hill Education.
Sugiharto, Y., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. 2021. Pengaruh Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Strategic: Journal of Business & Management, 1(2), 1-10.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparyanto dan Rosad. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan First Media). Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Tjiptono, F. (2021). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2020). Pemasaran (Edisi 5). Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2016). Pemasaran: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Published
2025-11-26
Section
Article

Most read articles by the same author(s)