Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang di Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali)

The Influence of Customer Statisfaction and Trus on Repurchase Intention on Shopee (Case Study on the Community of East Bungku District, Morowali District)

  • Sri Wanti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Riska Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Elimawaty Rombe Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Ira Nuriya Santi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Keywords: Kepuasan, Kepercayaan, Minat Beli Ulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan dan kepercayaan pelanggan  terhadap minat  beli  ulang  di Shopee (studi kasus pada Masyarakat Kecamatan  Bungku  Timur  Kabupaten  Morowali).  Metode penarikan  sampel dengan menggunakan metode nonprobability sampling tepatnya Sampling Purposive sebesar 60 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan kemudian  di olah  dengan menggunakan  SPSS versi  25. Metode analisis yang digunakan merupakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepuasan dan Kepercayaan secara serempak berpengaruh positif dan signifkan terhadap Minat Beli Ulang di Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan  Bungku Timur  Kabupaten  Morowali).  Kemudian Kepuasan  secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang di shopee (studi kasus pada masyarakat kecamatan bungku timur kabupaten morowali) dan kepercayaan secara persial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli ulang di shopee (studi kasus pada masyarakat kecamatan bungku timur kabupaten  morowali).  Koefisien  determinasi  memperlihatkan  nilai   R  Square sebesar 0.558 atau 55,8% dan sisanya sebesar 44,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian.

References

Dirwan, Dirwan, Rajindra Rajindra, Farid Farid, Henni Mande, Nursiah Nursiah, and Ali Supriadi. 2024. “The Influence of Organizational Culture, Organizational Commitment, on Motivation and Job Satisfaction of Employees and Lecturers at Muhammadiyah University of Palu.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 6(3): 904–18.

Fina A’immatur Rifki, M.Ridwan Basalamah, dan Nurhidayah (2017) Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang di Shopee (Stdi Pada Mahasiswa FEB Angkatan Tahun 2017).Jurnal Riset Manajemen.Vol.12, No.02.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26

Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., dan Keller, L, K. (2016). Marketing Management. 15th Global Edition.

Reny Br Surbakti, Winda Evyanto (2023) Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Pada Situs Belanja Online Shopee di Batam. Jurnal Bina Manajemen, 11(2);219-233

Rajindra, Rajindra. 2024. “Unleashing Synergies: Interplay between Human Resource Management, Strategic Marketing, and Corporate Financial Performance.” Atestasi: Jurnal Ilmiah Akuntansi 7(1): 210–47.

Sugiyono, (2019). Metode penelitian kuantitatif, kuantitatif R & D. cetakan ke 1 Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2014).”Pemasaran Jasa edisi Terbaru” Yogyakarta: Penerbit Andi.

Published
2024-09-30
Section
Artikel Penelitian