Strategi Pemasaran Jasa Pelayanan Kesehatan di UPTD Puskesmas Mamboro

Marketing Strategy for Health Service at UPTD Puskesmas Mamboro

  • Siti Nur Halimah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Finta Amalinda Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Ayu Lestari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Strategi Pemasaran, Jasa Pelayanan Kesehatan, Bauran Pemasaran

Abstract

Bauran pemasaran merupakan salah satu strategi pemasaran untuk menyampaikan informasi secara luas, memperkenalkan suatu produk barang dan jasa. bauran pemasaran yang biasa digunakan adalah 6 P yaitu: Product, Price, Place, Promotion, People, dan Process. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran jasa pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Mamboro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran jasa pelayanan kesehatan menggunakan bauran pemasaran (Marketing mix) di UPTD Puskesmas Mamboro. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa UPTD Puskesmas Mamboro dalam memasarkan produknya menerapkan strategi pemasaran jasa dengan mengembangkan bauran pemasaran atau marketing mix yang terdiri dari enam unsur yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, dan proses. Implikasi dari penelitian ini adalah pada umumnya dapat menjadi referensi dan memberikan sumbangan bagi perkembangan ilmu pengetahuan serta menjadi masukan bagi perusahaan yang mengimplementasikan suatu pemasaran jasa dalam merancang strategi.

 

References

Ramadhan F, Muhafidin D, Miradhia D. Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Ibun Kabupaten Bandung. JANE-Jurnal Adm Negara. 2021;12(2):58–63.

RI K. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta Kemenkes RI. 2014;

Sofjan A. Strategic Management, Sustainable Competitive Advantages. Jakarta PT Raja Grapindo Persada. 2013;

Zuardin RA, Alimin M, Tamar M, Yani A. Coping strategy in differentianting levels of post-traumatic growth on housewives living with breast cancer. Int J Innov Technol Explor Eng [Internet]. 2019;8(12):2156–9.

Yanuar RM. Inovasi pelayanan publik (Studi kasus: Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bantul sebagai layanan kesehatan dan kegawatdaruratan). J Ilmu Pemerintah. 2019;4(1):1–20.

Madda AE, Ramli M, Yani A. Aplikasi mHealth “SIGA†Untuk Pelayanan Kesehatan Masyarakat Umum Berbasis Android. 2019;

Ramadhani S, Anis U, Masruro ST. Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL. J Tek. 2013;5(2):479–84.

Tasruddin R. Strategi promosi periklanan yang efektif. J Al-Khitabah. 2015;2(1).

Saragih L, Banjarnahor AR, Anggraini N, Sudarso A, Muliatie YE, Lie D, et al. Strategi Manajemen Pemasaran. Yayasan Kita Menulis; 2022.

Published
2022-11-16
Section
Artikel Penelitian