Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikolore Kota Palu

Implementation of the Family Hope Program (PKH) in Empowering the Poor in Tondo Village, Mantikolore District, Palu City

  • Yunus Yunus Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Prodi Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako
  • Meldi Amijaya Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Prodi Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako
  • Ayu Lestari Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Prodi Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako
Keywords: Program Keluarga Harapan, Pemberdayaan, Masyarakat

Abstract

Latar Belakang: Program Keluarga Harapan (PKH) ini, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat miskin yang ada di kelurahan tondo kota palu untuk ikut berperan dalam program PKH yang dimana akan memberikan dampak logis bagi kehidupan masyarakat setempat terutama pada peningkatan kualitas hidup melalui kesehatan dan pendidikan yang nantinya diharapkan dapat memutus rantai kemiskinan yang selama ini masih menjerat masyarakat Indonesia.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran yang jelas tentang Implementasi Kebijakan Program Keluarga harapan (PKH) di kelurahan Tondo Kecamatan Mantikolore Kota Palu. Selanjutnya untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh pemerintah Kecamatan mantikolore agar dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat akibat dampak pandemic covid-19 di kelurahan Tondo Kecamatan mantikolore kota palu.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan agar dapat memperoleh informasi yang mendalam tentang program kemiskinan dan pemberdayaan. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari Pendamping PKH, Staf di Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikolore Kota Palu Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah metode obsevasi, interview,dan dokmentasi. Tehnik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang berjumlah lima orang informan yang yang manjadi sasaran dalam PKH adalah masyarakat yang tinggal di Kelurahan Tondo memiliki kriteria miskin, yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.
Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) untuk meningkatkan taraf hidup kelurga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial, serta mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin.

References

1. Solikatun S, Masruroh Y, Zuber A. Kemiskinan Dalam Pembangunan. J Anal Sosiol. 2014;3(1):70–90.
2. Nasional DP. Undang-Undang Republik Indonesia. No 20 Tahun 2003 tentang Sist Pendidik Nas. 2003;
3. Henry OK, Sidabutar YFD, Hermanto B. KAJIAN FAKTOR NATURAL DAN KULTURAL TERHADAP PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KOTA MEDAN (MEDAN UTARA). J Potensi. 2022;2(2).
4. Ibrahim I. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KECAMATAN DENGILO KABUPATEN POHUWATO. Madani J Polit Dan Sos Kemasyarakatan. 2022;14(1):113–37.
5. Tanya BL, Simanjuntak YN, Hage YM. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial. Jakarta; 2004.
6. Undang Undang RI. Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial. Republik Indones. 2011;
7. Nisa M. Peranan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam mewujudkan keluarga sakinah menurut Peraturan Presiden Nomor 15 tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan: Studi di Desa Bungur Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim; 2017.
8. Michele V. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP FAKIR MISKIN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2011 TENTANG PENANGANAN FAKIR MISKIN. LEX Priv. 2020;8(3).
Published
2022-09-19
Section
Artikel Penelitian