Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Ibu Di Wilayah Kerja Puskesmas Labuan

The Influence of Health Education on Mothers' Knowledge in the Labuan Health Center Work Area

  • I Wayan Sugita Mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Hairudin Mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Delvi Mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Agustina Gosal Mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Asti Mayang Pratiwi Mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Resky Aditya Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo
  • Putrianti Suleman Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo
  • Sartika Y Pusi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo
  • Nur Syafiah Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo
  • Finta Amalinda Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Jufri Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Eka Prastia Hati Baculu Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Wahyuni Hafid Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo
Keywords: Counseling, Knowledge, Clean and Healthy Living Behavior

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang dicanangkan pemerintah sudah berjalan 15 tahun, tetapi keberhasilannya masih jauh dari harapan. Dari data yang diambil oleh peneliti dari salah satu petugas Promosi kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Labuan mengatakan terdapat 18 posyandu balita dan 4 posyandu lansia dengan jumlah kader kesehatan 138 orang mengatakan bahwa Perilaku hidup bersih dan sehat pada tahun 2023 masih kurang.Tujuan penelitian ini adalah untuk pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan ibu sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan di Posyandu Mawar Labuan Panimba Wilayah Kerja Puskesmas Labuan. Metode penelitian ini adalah preexperimental design dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 orang ibu yang memiliki balita. Sampel berjumlah 20 responden, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji paired sample t-test (uji-t berpasangan).Hasil penelitian menunjukkan selisih nilai mean (rata-rata) pada pengetahuan pre test sebesar 8,40 dan nilai mean (rata-rata) pada pengetahuan post test sebesar 11,75 maka didapatkan selisih perbedaan nilai mean sebesar 3,350. Hasil uji paired sample t-test (uji-t berpasangan) diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan ada pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan ibu sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan di Posyandu Mawar Labuan Panimba Wilayah Kerja Puskesmas Labuan. Saran Diharapkan bagi pihak Puskesmas Labuan, khususnya bagian promosi kesehatan Puskesmas Labuan untuk selalu mensosialisasikan program PHBS kepada kader dan masyarakat sehingga masyarakat mendapatkan informasi tentang penting dan manfaat PHBS.

References

1. Umaroh AK, Hanggara HY, Choiri C. Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Wilayah Kerja Puskesmas Bulu Kabupaten Sukoharjo Bulan Januari-Maret 2015. Jurnal Kesehatan. 2016;9(1):25.
2. Julianti. Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia. 2018;3(2):11–7.
3. Solang. Promosi Kesehatan. Jakarta: In Media; 2020.
4. Pratiwi. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Dengan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Remaja Putri. [Denpasar]: Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar ; 2022.
5. Kemenkes RI. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 . Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI; 2018.
6. Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai. Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai. Banggai: Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai; 2022.
7. Notoatmodjo. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta; 2020.
8. Nursalam. Manajemen Keperawatan dan Aplikasinya. Jakarta: Salemba Medika; 2020.
9. Chayatin M dan. Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika; 2019.
10. Wantania. Pendidikan Kesehatan Melalui Media Leaflet Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Terhadap Pengetahuan Kader Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Donggala. [Palu]: Universitas Mumammadiyah Palu; 2022.
Published
2024-02-26
Section
Artikel Penelitian