Peran Kader dalam Pelaksanaan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit tidak Menular (Posbindu Ptm) di Rw 3 Ranontai, Kelurahan Pantoloan Boya, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu

The Role of Cadres Due to the Implementation of the Integrated Coaching of Non-Infectious Disease Post (Posbindu Ptm) Inrw 3 Ranontai, Pantoloan Boya Sub-District, Tawaeli District, Palu City

  • Nureni Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Munir Salham Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Finta Amalinda Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Peran, Kader, Posbindu PTM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kader dalam pelaksanaan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Jumlah informan 9 orang terdiri dari 3 orang kader, 1 orang ketua RW 3 Ranontai, 1 orang pemegang program Posbindu PTM, 4 orang pengguna Posbindu PTM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Posbindu PTM dilaksanakan sesuaidengan kemampuan dan kondisi yang ada. Pelaksanaan Posbindu PTM di RW 3 Ranontaikelurahan Pantoloan Boya  belum berjalan secara optimal,  hal ini akibatadabeberapa peran kader belum sesuai dengan standar oprasional, dimana kader dalam melakukan pemantauan faktor resiko PTM, konseling dan pencatatatan  belum sesuai dengan petunjuk teknis Posbindu PTM, serta kurangnya koordinasi dari ketua RW 3 Ranontai setempat dalam melaksanakan kegiatan Posbindu PTM. Penelitian ini menyarankan, Puskesmas Pantoloan untuk memberikan kemudahan akses terhadap kader dalam membantu masyarakat dan memberikan pelatihan kepada kader sesuai dengan petunjuk teknis Posbindu PTM.

References

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, Data Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah,KLB Keracunan Pangan.Tahun 2016 & 2017.
Dinas Kesehatan Kota Palu, Data Profil KLB Keracunan Pangan. Tahun 2019.
Damayanti, F. A. (2018). Analisis Pelaksanaan Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular ( POSBINDU PTM ) di Puskesmas Glugur Darat Tahun 2018. Universitas Sumatera Utara.
Kiting, R. P., Ilmi, B., & Arifin, S. (2016). Faktor yang berhubungan dengan Kinerja Kader POSBINDU Penyakit Tidak Menular. Jurnal Berkala Kesehatan, 1(2), 106–114.

Maulida, Hermansyah, & Mudatsir. (2013). Komunikasi Dan Koordinasi Kader Dengan Pelaksanaan Posbindu Lansia. Jurnal Ilmu Keperawatan, 194–208.
Nugraheni, 2016 Strategi Penguatan Program Posbindu Penyakit Tidak Menular Di Kota Bogor. Jurnal Kesehatan Masyarakat.
Pranandari, L. L., Arso, S. P., & Fatmasari, E. Y. (2017). Analisis Implementasi Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU PTM) di Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(4), 76–85.
Published
2020-06-15
Section
Artikel Penelitian