Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di SD Muhammadiyah 2 Palu

  • Fevbrina Sylvia Alnora Pakpahan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Surni Kadir
  • Hamdi Rudji
Keywords: Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa, Teacher Competence, Student Learning Motivation, Student Learning Achievement.

Abstract

Penelitian yang bertujuan (1) mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa dan pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 2 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa sedangkan obyek penelitian adalah kompetensi guru SD Muhammadiyah 2 Palu. Penelitian survei dimaksudkan untuk memperoleh gambaran umum mengenai kompetensi guru. Untuk menjelaskan variabel-variabel penelitian tersebut dilakukan dengan tingkat eksplanasi deskriptif dan korelatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil pengujian hipotesis pertama (H0) ditolak dengan temuan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,050. Dari hasil penelitian tersebut tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kompetensi guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis kedua (H0) ditolak dengan temuan perolehan nilai signifikansi 0,016 < 0,050. Dari hasil penelitian tersebut tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kompetensi guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

The research aims to (1) determine the influence of teacher competency on student learning motivation and the influence of teacher competency on student learning achievement at SD Muhammadiyah 2 Palu. This research is survey research with a quantitative approach. The research subjects were students, while the research objects were the competence of teachers at SD Muhammadiyah 2 Palu. Survey research is intended to obtain a general picture of teacher competence. To explain the variables, the research was carried out at descriptive and correlative levels of explanation. The data collection techniques used in this research are observation, questionnaires and documentation. The results of testing the first hypothesis (H0) were rejected with the finding of a significance value of 0.000 < 0.050. From the results of this research, it can be concluded that teacher competence has a significant influence on student learning motivation. Furthermore, the results of testing the second hypothesis (H0) were rejected with the finding of a significance value of 0.016 < 0.050. From the results of this research, it can be concluded that teacher competence has a significant influence on student learning achievement.

 

References

Penyusun, Tim. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Pendidikan Nasional, 2008.
RI, Departemen Agama. “Al-Qur’an Dan Terjemahnya,” 2022.
———. “H.R Tirmidzi,” 2022.
Kemendikbud. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomo 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Vol. 5, 2017. ww.bpkb.go.id.
———. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, 2005.
Sa’idah, Khoirul Azhar and Izzah. “Studi Analisis Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Potensi Nilai Moral Peserta Didik Di MI Kabupaten Demak” 10, no. 2 (2017): 1–23.
Solihin, Dede. “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening” 4, no. 1 (2020): 26–37.
et all, Nina Sabrina. “Pengaruh Motivasi Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Muslim Galeri Indonesia” 3, no. 2 (2020).
Hapsari, Diasty Widar, and Arif Partono Prasetio. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 2 Bawang the Influence of Teachers ’ Competence Towards Students ’ Achievement of SMK Negeri 2 Bawang.” E-Proceeding of Management?: 4, no. 1 (2017): 269–74.
Zulmedia, Santi. “Kepatuhan Peserta Didik Mahasiswa Dalam Melaksanakan SOP Pengoperasian Alat Elektrokardiogram (EKG)” 1, no. 2 (n.d.): 63–67.
Lafendry, Ferdinal. “Kualifikasi Dan Kompetensi Guru Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Islam (2020) 3 (2020): 1–16.
Madjid, Aqram. “Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar” 1, no. November (2019): 1–8.
Muddin, Imam. “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Pendekatan Ilmiah.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 3, no. 2 (2019): 314–24. https://doi.org/10.35316/jpii.v3i2.136.
Nada Irfani, Ranu. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19.” JISPE: Journal of Islamic Primary Education 3, no. 1 (2022): 47–54. https://doi.org/10.51875/jispe.v3i1.46.
Nafiah, Indah Tri Agustin; “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya.” Education and Human Development Journal 5, no. 1 (2019): 21–31. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1122.
Suni Astini, Ni Komang. “Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19 (Challenges and Opportunities for Utilizing Information Technology in Online Learning During the Covid-19 Period).” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 2 (2020): 241–55.
hsanulkhaq, Moh. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, no. 1 (2019). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312.
Aulia, Ananda Rizki, and Ai Lili Yulianti. “Pengaruh City Branding ‘a Land of Harmony’ Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Puncak, Kabupaten Bogor.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 1,2 3, no. 3 (2019): 71. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp67.
Dkk, Sri Koriaty; “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smk Negeri Jurusan TKJ Sekota Pontianak.” Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains 6, no. 1 (2017): 102–13.
Dwintari, J W. “Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 7 (2017): 51–57. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/4271.
Idzhar, Ahmad. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Bantaeng.” Jurnal Office 2, no. 2 (2016): 222–28.
Irsan Kahar. “Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas X Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli SMA Negeri 18 Luwu” 1, no. 1 (2018): 1–20. http://eprints.unm.ac.id/10662/1/JURNAL.pdf.
Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63-68.
Rustaman, N. Y,. (2002). Pandangan Biologi Terhadap Proses Berpikir dan Implikasinya Dalam Pendidikan Sains. Pidato Pengukuhan Guru Besar pada Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Indonesia tanggal 17 Oktober 2002. Bandung: UPI PRESS.
Zahroh, Siti Maimunatuz. “Pengaruh Kompetensi Guru Akidah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di MAN Kota Batu.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2019.
Yatmin, Drs, M Pd, Alfi Laila, S I Pd, and M Pd. “Artikel Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( Cps ) Didukung Media Konkrit Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Pembentukan Tanah Karena Pelapukan Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun P” 02, no. 06 (2018).
Hasnawati, H. “Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples (Contoh Bukan Contoh) Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X MIA-2 Madrasah Aliyah Negeri …,” 2018. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/133/1/hasnawati.pdf.
Tri, Fajar. “4 Kompetensi Guru Yang Wajib Dimiliki Oleh Calon Guru.” Gurubinar.Id, 2020. https://gurubinar.id/blog/4-kompetensi-guru-yang-wajib-dimiliki-oleh-calon-guru?blog_id=53#:~:text=Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan seorang,mengaktualisasi potensi yang mereka miliki.
Aripin, I. (2011). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis dan Retensi pada Konsep Sistem Reproduksi di SMA. Tesis SPs UPI: Tidak diterbitkan
Kasman, Haifa. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 10 Makassar,” 2018.
Rega Afriana. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Minat Belajar Siswa,” 2018, 1–10.
Published
2024-09-18
How to Cite
Pakpahan, F. S. A., Kadir, S., & Rudji, H. (2024). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di SD Muhammadiyah 2 Palu. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 5(02), 1-13. https://doi.org/10.56338/jemil.v5i02.6116