STUDI TENTANG HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA LULUSAN MADRASAH IBTIDAIYAH DAN SEKOLAH DASAR DI SMPN 1 BUNGKU
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam Skripsi ini adalah studi tentang hasil belajar pendidikan agama islam siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di SMPN 1 Bungku, yang diformulasikan kedalam dua sub, yaitu Bagaimana deskripsi studi tentang hasil belajar serta bagaimana dampak studi tentang hasil belajar pendidikan agama islam siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di SMPN 1 Bungku. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi studi tentang hasil belajar serta untuk mengetahui dampak studi tentang hasil belajar pendidikan agama islam siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di SMPN 1 Bungku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Adapun deskripsi studi tentang hasil belajar pendidikan agama islam siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di SMPN 1 Bungku adalah Nilai pelajaran agama siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah lebih tinggi dibanding lulusan Sekolah Dasar, Siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah lebih cepat menghafal pelajaran agama dibanding siswa lulusan Sekolah Dasar Siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah rajin menghafal do’a-do’a, sedangkan Sekolah Dasar malas menghafal do’a-do’a, dan Siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah sudah bisa kultum di Sekolah, sedangkan lulusan Sekolah Dasar belum bisa kultum, 2. Adapun dampak studi tentang hasil belajar pendidikan agama islam siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di SMPN 1 Bungku adalah dapat mengetahui kemampuan belajar siswa, dapat mengetahui dan mengukur kemampuan belajar siswa, dapat mengetahui kemampuan mengajar guru dan dapat mengetahui hasil belajar siswa.References
Ahmad, Tafsir. 2014. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Atwar, Bajari. 2014. Memahami Perilaku Manusia dari Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kultura.
Budiningsih, C. Asri. 2015. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiah. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Cet 11, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Departemen Agama RI. 2008. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Departemen Agama RI. 2016. Kurikulum Madrasah Mata Pelajaran SKI. Jakarta: Dirjen Binbaga Islam.
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palu. 2015. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Edisi Keenam
Masdul MR. Komunikasi pembelajaran. IQRA J Ilmu Kependidikan Dan Keislam. 2018;13(2):1–9.
Moleong Lexy J., 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana, Sudjana. 2012. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nana, Syaodih. 2014. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Syaiful, Bahri Djamarah. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Widiasworo, Erwin. 2017. Inovasi Pembelajaran berbasis life skill dan entrepreneurship. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi dan metode mengajar siswa diluar kelas. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA