Implementasi Pembelajaran Humanistik dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik di SDIT Ibnul Mubarok

  • Nurlaela SDIT Ibnul Mubarok
  • Hamdi Rudji Universitas Muhammdiyah Palu
Keywords: Pembelajaran Humanistik, Akhlak, Peserta Didik Humanistic Learning, Students’ Morals

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang implementasi pembelajaran humanistik dan mengetahui implikasinya terhadap akhlak peserta didik di SDIT Ibnul Mubarok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran humanistik di SDIT Ibnul Mubarok diterapkan melalui berbagai kegiatan dimana peserta didik di SDIT Ibnul Mubarok selalu melaksanakan sholat berjamaah di sekolah tanpa diperintah oleh guru, sekolah melaksanakan kegiatan workshop yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan untuk mengadopsi kurikulum pembelajaran humanistik, dan SDIT Ibnul Mubarok juga menyelenggarakan kajian-kajian yang dilaksanakan di Ta'lim dengan para ustadz sebagai penceramah. Implikasi dari pembelajaran humanistik di SDIT Ibnul Mubarok terlihat pada akhlak peserta didik, yaitu: (a) terbentuknya kepribadian yang lebih baik yaitu menerapkan adab-adab seorang muslim, (b) sikap peserta didik di SDIT Ibnul Mubarok menunjukkan akhlak sopan santun, kepada guru, dan orang tua, serta teman-temannya, (c) SDIT Ibnul Mubarok menunjukkan teladan kedisiplinan kepada peserta didik, yaitu dengan selalu memulai proses pembelajaran dan kegiatan apapun sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

 

This research aims to examine the implementation of humanistic learning and determine its implications for the morals of students at SDIT Ibnul Mubarok. The results of the research show that the implementation of humanistic learning at SDIT Ibnul Mubarok is implemented through various activities where students at SDIT Ibnul Mubarok always carry out congregational prayers at school without being ordered by the teacher, the school carries out workshop activities organized by the Education Office to adopt a humanistic learning curriculum, and SDIT Ibnul Mubarok also organized studies which were carried out at Ta'lim with ustadz as lecturers. The implications of humanistic learning at SDIT Ibnul Mubarok can be seen in the students' morals, namely: (a) the formation of a better personality, namely applying Muslim etiquette, (b) the attitude of students at SDIT Ibnul Mubarok shows good manners, towards teachers, and parents and friends, (c) SDIT Ibnul Mubarok shows an example of discipline to students, namely by always starting the learning process and any activities according to the predetermined schedule.

References

Akhmad, Nur. “Implementasi Pendidikan Pada Anak Kelas Rendah Di Mi Ma ? Arif Mangunsari Sidomukti Salatiga Semester Genap Tahun 2013,” 2013.

And, Rahmatul Zannah, and Syahrani. “Implementasi Kebijakan Pembuatan Kia Melalui Pelayanan Adminduk Di Desa Masukau.” Jurnal Administrasi Publik & Bisnis 5, no. 25 (2022): 65–76.

Ariana, Riska. “Metode Penelitian,” 2016, 1–23.

Danim, Sudarwan. “Penelitian Kualitatif,” 2018, 49–53.

Hamzah, Nur. “Pengembangan Sosial Anak USia Dini.” Pontianak, Indoneisa:
IAIN Pontianak Press, 2017.

Ifa Afida, Eka Diana, Dhevin M.Q Agus Puspita. “Merdeka Belajar Dan Pendidikan Kritis Paulo Friere Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” 12, no. September (2021): 45–61.

Ilyas, Ilyas, Griven H. Putera, and Muliardi Muliardi. “Nilai Pendidikan Islam Dalam Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji.” Jurnal Ilmu Budaya 16, no. 2 (2020): 120–40. https://doi.org/10.31849/jib.v16i2.3706.

Insani, Farah Dina. “Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow Dan Carl Rogers
Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” AsSalam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 8, no. 2 (2019): 209–30. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i2.140.

Islam, Pendidikan Agama. “Teori Belajar Humanistik, Konstruktivistik, Dan Teori Belajar Sosial, Serta Penerapannya Dalam Kegiatan Pembelajaran.” Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, 2020.
https://www.studocu.com/id/document/universitas-pembangunan-nasionalveteran-yogyakarta/pendidikan-agama-islam/kb-2-modul-2/46631062.

Izzah, Ismatul. “Media Sosial, Antara Peluang Dan Ancaman Dalam
Pembentukan Karakter Anak Didik Ditinjau Dari Sudut Pandang Pendidikan Islam.” At-Ta’lim 5 (2019).

Jam’an, (2018), Pendidikan Akhlak dalam al-Qur’an Kajian Teori dan Praktik, Beirut: Muassasah al-Risalah.

Kurdi, Musyarrafah Sulaiman. “Evaluasi Implementasi Desain Pendidikan Karakter Berbasis Pendekatan Humanistik.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2018): 125.
https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1243.

Muhtadi, Ahmad Zain Sarnoto; Mohammad. “Pendidikan Humanistik Dalam Perspektif Al-Qur’an” 7, no. 01 (2021): 37–54. https://doi.org/10.53038/alashriyyah.v7i01.140.

Muhtadi, Mohammad. “Pendidikan Humanistik Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Journal of Controlled Release 11, no. 2 (2018): 430–39.

Mukodi. “Telaah Filosofis Arti Pendidikan Dan Faktor-Faktor Pendidikan Dalam Ilmu Pendidikan,” no. 2 (2018): 1468–76.

Mulyadi, Mohammad. “Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya.” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 15, no. 1 (2013): 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106.

Musianto, Lukas S. “Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian.” Jurnal Manajemen Dan Wirausaha 4, no. 2 (2002): 123–36. https://doi.org/10.9744/jmk.4.2.pp.123-136.

Nata, Abuddin. 2013. Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurmalasari, Yuli, and Rizki Erdiantoro. “Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier.” Quanta 4, no. 1 (2020): 44–51.
https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.

Rachmahana, Ratna Syifa’a. “Psikologi Humanistik Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan.” El-Tarbawi 1, no. 1 (2008): 99–114. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art8.


Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press, 2011.

Ramadhan, Rizky. “Implementasi Pembelajaran Humanistik Dalam Pendidikan Karakter,” 2019.

RI, Departemen Agama. “Al-Qur’an Dan Terjemahnya,” 2022.

Ryan, Cooper, and Tauer. “Metode Penelitian,” 2017, 12–26.

Sari, Annisa Kartika. “Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer.” Purwokerto, Indonesia:
Institut Agama Islam Negeri, 2020.

Siregar, Veni, Suyadi Suyadi, and Ragil Dian purnama Putri. “Penerapan Humanistik Melalui Non Verbal Reinforcement Ditinjau Dari Percaya Diri Siswa Dalam Pembelajaran.” MIMBAR PGSD Undiksha 9, no. 1 (2021): 56.
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31479.

Sumantri, Budi Agus, and Nurul Ahmad. “Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Fondatia 3, no. 2 (2019): 1–18. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.216.

Zhafiroh, Salma. “Implementasi Pendidikan Humanis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Tulung” 8 (2020): 187–206.
Published
2024-02-20
How to Cite
Nurlaela, & Rudji, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Humanistik dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik di SDIT Ibnul Mubarok. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 4(01), 67-79. https://doi.org/10.56338/jemil.v4i01.5013