Manajemen Madrasah dalam Penguatan Pendidikan Karakter di MTs Muhammadiyah Tolitoli
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manajemen madrasah dalam penguatan pendidikan karakter di madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Proses analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data yang telah dikumpulkan dan pengecekan keabsahan data melalui proses triangulasi data, validasi internal,validasi ekternal, analisis temuan yang kontradiktif serta pengecekan keandalan instrument data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen madrasah dalam penguatan pendidikan karakter di MTs Muhammadiyah Tolitoli dilakukan dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi berdasarkan visi dan misi madrasah. Penguatan pendidikan karakter terintegrasi dalam keseluruhan program pendidikan dan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tolitoli yang meliputi kegiatan akademik dan non akademik dengan jadwal dan intensitas masing-masing serta diimplementasikan melalui penanaman nilai dan pembiasaan perilaku/karakter baik yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Manajemen Madrasah dalam Penguatan Pendidikan Karakter yang diimplementasikan melalui penanaman nilai dan karakter yang baik berimplikasi pada perubahan karakter peserta didik kearah yang lebih baik dengan terbentuknya budaya disiplin yang semakin tinggi dengan rendahnya tingkat pelanggaran kedisiplinan di kalangan peserta didik yang berdampak pada kesiapan belajar, kepedulian yang tinggi, serta terbangunnya suasana hati yang positif untuk belajar.
This study aims at exploring madrasa/Islamic school management in strengthening character education. This research is a qualitative research, which is sourced from primary data and secondary data collected by the method of observation, interviews and document study. The process of data analysis is carried out by reducing the data that has been collected and checking the validity of the data through the process of data triangulation, internal validation, external validation, analysis of contradictory findings and checking the reliability of data instruments. The results indicate that madrasa management in strengthening character education at MTs Muhammadiyah Tolitoli is carried out by implementing management functions, namely: planning, organizing, implementing, supervising, monitoring and evaluating based on the vision and mission of the madrasa. Strengthening character education is integrated into the entire education and learning program at MTs Muhammadiyah Tolitoli which includes academic and non-academic activities with their respective schedules and intensities and is implemented through instilling values ??and habituating good behavior/character in accordance with Islamic values. Madrasah Management in Strengthening Character Education which is implemented through instilling good values ??and character has implications for changing the character of students in a better direction with the formation of a culture of discipline that is increasingly high with low levels of disciplinary violations among students which has an impact on learning readiness, high awareness , as well as awakening a positive mood for learning.
References
Abdullah & Daryanto, Pengantar Ilmu Manajement dan Komunikasi (Jakarta, Prestasi Pustaka Publisher,2013.
Abuddin Nata, Kapita Selekta Pendidikan Islam: Isu-Isu Kontemporer Tentang Pendidikan Islam, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013).
Ali Hanapiah Muhi. Eksistensi Komite Sekolah, Jurnal (2003)
Baharun Hasan and Robiatul Awwaliyah, "Pendidikan Multikultural Dalam Menanggulangi Narasi Islamisme Di Indonesia", dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5.2 (2017).
Baharun Hasan , "Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model Assure", dalam JurnalCendekia, 14.2 (2016).
Creswell John W, Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Dharma Kusuma, Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Madrasah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011 .
Didin Kurniadin dan Imam Machali, Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
E, Mulyasa ., Manajemen Madrasah, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001), 102.
Gunawan Heri, Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi), Bandung: Alfabeta, 2017,
H.E Mulyana, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Hasbullah, Otonomi Pendidikan, Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006).
Hasibuan, Malayu S.P., Manajemen Sumber Daya Manusia I, (Malang: UIN Malang, 2006).
Heri Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2012.
http://muhmasruri-burhan-unnes.blogspot.com/2014/01/pengertian-ruang-lingkup-dan-fungsi.html. (akses, 17 Maret 2015).
http://nurulhidayatirofiah.blogspot.com/2012/09/bab-i-pendahuluan-istilah-manajemen.html. (akses, 17 Maret 2015).
http://www.abdimadrasah.com/p/pengertian-madrasah.html. (akses, 17 Maret 2015).
https://www. pelajaran. co.id/ 2016/18/pengertian- penelitian- kualitatif- dan-metode- penelitian. html
Husaini Usman, Manajemen; Teori, Praktek dan Riset Pendidikan Edisi 4, cet ke 2, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.
Husaini Usman, Manajemen; Teori, Praktek dan Riset...,
Ibnu Syamsi, Pokok-Pokok Organisasi dan Manajemen, Jakarta: Bina Aksara , 1998,
Jamal Ma?mur Asmani, Buku Panduan Internalisas Ipendidikan Karakter Dimadrasah. yogyakarta: Diva press ,2012.
Kementrian pendidikan nasional, Paduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, jakarta: Badan penelitian dan Pengembangan pusat kurikulum dan perbukuan,2011.
Kementrian pendidikan nasional, Paduan Pelaksanaan….,.
Kusdi, Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta : Salemba Humanika, 2013,
Manulang,M, Dasar-dasar Manajemen, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012.
Muammar, Manajemen Komunikasi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Dalam Pelaksanaan Pekan Budaya Daerah (Birau) 2014 Di Kabupaten Bulungan. Ismet eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 3, Nomor 3, 2015,
Muchlas Samani & Harianto, Pendidikan Karakter Konsep Dan Model, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Muclas samani & Hariyanto, Pendidikan Karakter Konsep Dan Model, Bandung; Alfabeta, 2012.
Mulyasa E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003), 99.
Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010).
Neng Muslihah, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Diadit Media, 2010),.
Nurhedianto; Sudirman; Fahruddin, “Implementation of Character Education Management Reviewed from Planning Aspects,“ International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, Vol.9 (9), 2019
Rama Yulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya, (Jakarta: Kalam Mulia, 2009).
S. Askar, Kamus Arab – Indonesia Al-Azhar (Terlengkap, Mudah dan Praktis), cet ke-1 (Jakarta: Senayan Publishing, 2009).
Saefrudin, Pengorganisasian Dalam Manajemen, Jurnal al–Hikmah vol. 5 no. 2 Oktober 2017, h. 57
Saleh, Yarbaini Dasar-Dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efisien, medana: Perdana Publishing, 2016, h. 14
Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulallah Sampai Indonesia, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008).
Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam..
Siagan Sondang, Fungsi-fungsi manajemen, Jakarta: bumi aksara 2012,
Siagian, P. , Administrasi Pembangunan, (Jakarta: Gunung Agung, 1974.
Siti Muyana, Context Input Process Product (Cipp): Model Evaluasi Layanan Informasi,Jurnal Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling di Vol. 1, No. 1, 2017.
Subar Junanto dan Nur Arini Asmaul Kusna, Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP), Jurnal, Journal of Disability Studies, Vol. V, No. 2, Jul-Des 2018.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2013.
Sulistyorini, Evalusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jogjakarta, Teras: 2019.
Sundari, Sri. 2001. Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Partisipasi Orang Tua Dan Masyarakat Untuk Mendukung Keberhasilan Program Sekolah Sebagai Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sd Pertiwi Ii Kecamatan Bandung Wetan.Bandung : Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat. 2001
Undang – Undang SISDIKNAS RI Nomor 20 Tahun 2003, (Bandung: Fokus Media, 2013),.
Usman, Husaini , Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4, Jakarta Timur: PT.Bumi Kasara, 2013.
www. Google.com/manajemen/pendidikan/masa/depan. (kala akses, 15 April 2015).
Zuhairini, dkk., Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008),
After the manuscript is accepted for publication, authors will be required to sign a copyright transfer form. Copyright will be transferred to Universitas Muhammadiyah Palu, Postgraduate Program in Master Program in Educational Management, via e-mail. A copyright form will be sent to you via e-mail after the accepted manuscript has been submitted.