Relevansi Pemikiran Ibnu Taimiyah pada Konteks Pendidikan Modern di SD Islam Khalifah Palu
The Relevance of Ibn Taymiyyah's Thoughts in the Context of Modern Education at Khalifah Islamic Elementary School, Palu
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan pemikiran pendidikan Ibnu Taimiyah di SD Islam Khalifah Palu sebuah sekolah yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam kurikulum dan proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan relevansi pemikiran pendidikan Ibnu Taimiyah dengan pendidikan di zaman modern ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk menggali implementasi pemikiran Ibnu Taimiyah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemikiran Ibnu Taimiyah mengenai pendidikan holistik, mengintegrasikan aspek spiritual, intelektual, dan moral. Hal ini dapat dilihat dalam berbagai praktik di sekolah ini. Nilai-nilai akhlak seperti kejujuran, kesabaran, dan rasa hormat diajarkan melalui pelajaran formal dan kegiatan ekstrakurikuler, seperti doa bersama dan kegiatan-kegiatan sosial. Selain itu, penerapan ilmu yang bermanfaat, pembelajaran kontekstual, serta pengajaran yang mengaitkan aspek intelektual dan spiritual sesuai dengan prinsip yang diajarkan oleh Ibnu Taimiyah. Meskipun terdapat tantangan terkait dengan fokus pada pencapaian akademik, potensi pengembangan penerapan prinsip-prinsip pendidikan Ibnu Taimiyah melalui pengembangan kurikulum dan pelatihan guru dapat memperkuat integrasi nilai-nilai moral dan tanggung jawab sosial di sekolah. Implikasinya, pemikiran Pendidikan Ibnu Taimiyah memberikan kontribusi penting dalam membangun pendidikan yang tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter yang baik.
References
Amin, Muhammad. 1991. Ijtihad Ibnu Taimiyah dalam bidang fiqh islam. Jakarta: INIS.
Apriola, Kartika. 2020. Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Masa Ibnu Taimiyah. Kutubkhanah. 20. No. 1.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipata.
Barizi, Ahmad. 2011. Pendidikan Integratif: Akar Tradisi&Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN Malik Press.
Basrowi dan Surwardi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Rineka Indah.
Drestiani, Tri Anti. dan Ari Khairurrijal Fahmi. 2018. Implementasi Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Taimiyah dan Muhammad Abduh dalam RPP Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam 9. No. 2.
Iqbal, Abu Muhammad. 2015. Pemikiran Pendidikan Islam: Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khan, Qamaruddin. 1983. Pemikiran Politik Ibnu Taimiyyah. Bandung: Pustaka Salman ITB. Terj. Ibnu Taimiyyah. Ash-Sharim Al-Mashul ‘Ala Syaitim Al-Rasul. Bairut-lebanon: Dar Al-Kutub Al- Ilmiyah,t.t.
Khusna, Azlia Mutammimatul. Annur Indah Sari. 2018. Pembelajaran Integratif Sains dan Al-Qur’an: Revitalisasi Nilai Ajaran Islam dan Pembentukan Karaktere di SMA Trensains Sragen. IQRA’: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. Vol. 3. No.1. Juni.
Nata, Abudin. 2004. Sejarah Pendidikan Islam pada Periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Saputra, Edy. 2019. Komunikasi Berbasis Pendidikan Karakter: Studi Kritis Pemikiran Ibnu Taimiyah tentang Tazkiyah Al-Nafs. At-Tanzir: Jurnal Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Vol. 10 No. 2, Desember.
Tafsir, Ahmad. 2019. Pendidikan dalam Persperktif Islam. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tafsir, Ahmad. 2019. Pendidikan dalam Persperktif Islam. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Taimiyah, Ibn. 1970. Majmu Fatawa. Riyadh: Jami’ah al-Imam Muhammad Ibn Sa’ud.
Taimiyah, Ibn. Tafsir Al-Kabir: Beirut-Lebanon: Dar Al-Kutub Al-Ilmiah, t,t.
Taimiyyah, Ibn. 1989. Al-Furqan Bainan Auliya Al-Rahman wa Auliya Al-syaithan. Terj. Pustaka Panjimas, Al-Furqan antara Kekasih Allah dan Kekasih Syaithan. Jakarta : Pustaka Panjimas.
Zahrah, Muhammad Abu. 1987. Tarikh Al-MazahibAl-islamiyah. Bairut-lebanon: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.
Copyright (c) 2025 Rismawati S, Annisa Rahma, Ria Indriani, Andi Anirah, Adhriansyah A. Lasawali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â