Penerapan Media Youtube secara Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI. IPA. 1 di MAN Pinrang

The Use of Online Youtube Media to Improve Learning Outcomes of Class XI Islamic Cultural History Subjects. IPA. 1 in MAN Pinrang

  • Andi Abd. Muis Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Mabrur Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Etika, Media Youtube, Pengetahuan, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media youtube dalam pembelajaran peserta didik dan mengetahui peningkatan pengetahuan SKI peserta didik kelas pada kelas XI. IPA. 1 di MAN Pinrang. Penelitian ini digolongkan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desian penelitian penerepan siklus di dalamnya terdapat komponen perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam siklus tersebut diterapkan dua metode pembelajaran, pada siklus I peserta didik diberikan materi dengan bentuk pdf, dan pada siklus II peserta didik dibagikan link youtube sebagai media dalam menyampaikan materi pembejalaran. Hasil penelitian ini yaitu pada pelaksanaan siklus I aktivitas belajar peserta didik tanpa memggunakan media youtube pada mata pelajaran SKI sebesar 58,24% dengan kriteria cukup. Data hasil belajar peserta didik pada pelaksanaan siklus I peneliti belum menerapkan media youtube dalam proses pembelajaran, motede yang digunakan dalam pembelejaran yaitu metode membaca dengan rata-rata perolehan 75,80. Pelaksanaan siklus II aktivitas belajar setelah penggunaan media youtube pada mata pelajaran SKI sebesar 78,85% dengan kriteria baik. Data hasil belajar pada siklus II peniliti menerapkan media youtube dalam proses pembelajaran dengan rata-rata perolehan 82,25. Dari hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik setelah diterapkan media youtube.Dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II maka penelitian cukup sampai pada siklus II.

References

Deni Fajar Imanullah, dkk, 2019. Pemanfaatan Teknologi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SKI Kelas VIII SMP Islami Plus Daruul Jannah. Jurnal Mitra Pendidikan, Vol. 3 No. 6. http://www. e-jurnalmitra pendidikan.com /index.php/e-jmp/article/view/563. diakses 19 Januari 2020

UU No. 11 Tahun 2019, https://peraturan.bpk.go.id/home/Details/117023/uu-no-11-tahun-2019, diakses 15 Februari 2020

Lubis Ardiansyah, 2017 Pengaruh Media Pembelajaran windows Movie Marker Terhadap Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Parepare. Skripsi Sarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan, UM Parepare.

Dapartemen Agama RI, 2015. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang : Raja Publishing.

Guntur Cahyono, 2019 Pemanfaatan Media Youtube Dakwah Ustadz Adi Hidayat dalam Pengembangan Materi Fikih Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal At-Tarbawi,Vol. 4, No. 1 Juni, 2019, h. 64. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/at-tarbawi/article/view/1474. diakses 19 Januari 2020.

Ibnu Hajar, 2018. Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Dakwah di Kota Makassar, Jurnal Al-Khitabah Vol. 5 No. 2 November 2018.

Guntur Cahyono. 2019. Pemanfaatan Media Youtube Dakwah Ustadz Adi Hidayat dalam Pengembangan Materi Fikih Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal At-Tarbaw,Vol. 4 No. 1

Dedi Supr.iadi, 2016. Sejarah Peradaban Islam. Bandung: CV Pustaka Seti.

Published
2025-01-20
How to Cite
Andi Abd. Muis, & Mabrur. (2025). Penerapan Media Youtube secara Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI. IPA. 1 di MAN Pinrang: The Use of Online Youtube Media to Improve Learning Outcomes of Class XI Islamic Cultural History Subjects. IPA. 1 in MAN Pinrang. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 20(1), 1-13. https://doi.org/10.56338/iqra.v20i1.4377
Section
Articles