Perilaku Pola Makan dan Aktivitas Fisik terhadap Masalah Obesitas : Systematic Review

Dietary Behavior and Physical Activity on the Problem of Obesity: Systematic Review

  • Sri Aisyah Nabila Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
  • Anita Rahmiwati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
  • Novrikasari Novrikasari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
  • Elvi Sunarsih Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
Keywords: Pola Makan, Obesitas, Aktivitas Fisik

Abstract

Latar belakang: Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia menempati peringkat teratas di Asia Tenggara untuk tingkat obesitas, dengan lebih dari 30% populasi dewasa tergolong kelebihan berat badan atau obesitas. Kasus obesitas di Indonesia meningkat signifikan dalam 10 tahun terakhir, dari 10,5% pada 2007 menjadi 21,8% pada 2018. Prevalensi obesitas pada wanita ada di angka 32,9 persen, jauh lebih tinggi daripada pria di angka 19,7 persen. Obesitas telah menjadi masalah kesehatan masyarakat yang signifikan, dengan dampak besar terhadap individu dan masyarakat sebagai penyebab penyakit dan kematian secara global termasuk di Indonesia, antara lain penyakit kardiovaskuler, diabetes mellitus, hipertensi dan penyakit tidak menular lainnya. Oleh karena itu obesitas sebagai salah satu penyakit degeneratif penting dianalisis keterkaitannya dengan pola makan dan aktivitas individu.

Tujuan: Literatur review ini bertujuan dalam menganalisis pengaruh pola makan dan aktivitas fisik terhadap kejadian obesitas berdasarkan dari beberapa hasil studi 5 tahun terakhir.

Metode: Metode yang digunakan dalam studi ini adalah literatur review, dengan menggunakan diagram alir PRISMA. Terdapat beberapa kriteria inklusi dan ekslusi dalam literatur ini. Kriteria inklusi dalam pemilihan artikel dalam literatur review ini adalah sampel dalam penelitian mencakup variasi pada remaja-dewasa, kualitas metodologi penelitian dengan data dan analisis statistik yang valid, dan berasal dari publikasi selama 5 tahun terakhir. Kriteria ekslusi pada literatur ini yaitu kualitas referensi dan relevansi artikel terkait topik penelitian yang dipilih, adanya duplikasi informasi dari artikel yang dipilih, serta pemilihan dari publikasi terkemuka.

Hasil: Hasil pencarian dari database PubMed, Google Cendekia, dan ScienceDirect didapatkan 9 artikel yang dipilih untuk ditelaah diterbitkan antara 2018 sampai 2023. Penelitian pada artikel-artikel tersebut dilakukan di berbagai negara. Sebanyak 7 artikel ditelaah dengan cermat untuk mengumpulkan informasi terkait keterkaitan antara pola makan dan aktivitas fisik dengan obesitas dalam literature review ini.

Kesimpulan: Secara keseluruhan, hubungan antara perilaku diet dan aktivitas fisik memiliki peran penting dalam perkembangan dan pencegahan obesitas. Diet seimbang dan sehat, yang dipadukan dengan aktivitas fisik secara teratur, menjadi kunci untuk menjaga berat badan yang sehat dan kesejahteraan secara keseluruhan

References

Grace GA, Edward S, Gopalakrishnan S. Dietary habits and obesity among adolescent school children: A case control study in an urban area of kancheepuram district. Indian Journal of Community Medicine: Official Publication of Indian Association of Preventive & Social Medicine. 2021;46(4):637.

Xie Q, Hao M-l, Meng L-b, Zuo X-q, Guo P, Qiu Y, et al. Effect of eating habits on obesity in adolescents: a study among Chinese college students. Journal of International Medical Research. 2020;48(3):0300060519889738.

Ramadhani ET, Sulistyorini Y. Hubungan kasus obesitas dengan hipertensi di Provinsi Jawa Timur tahun 2015-2016. Jurnal Berkala Epidemiologi. 2018;6(1):35-42.

Maharani S, Hernanda R. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Usia Sekolah. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan. 2020;12(2).

Sudargo T, Freitag H, Kusmayanti NA, Rosiyani F. Pola makan dan obesitas: UGM press; 2018.

Nugraheni H, Prayoga AN, Aida WN. Peran Guru dalam Kegiatan Promosi Kesehatan Pencegahan Obesitas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia. 2019;14(1):53-67.

Hita IPAD, Ariestika E, Yacs BTPWB, Pranata D. Hubungan Status Gizi Terhadap Tingkat Aktivitas Fisik PMI Selama Masa Karantina COVID-19. Jurnal Menssana. 2020;5(2):146-56.

Niemiro GM, Rewane A, Algotar AM. Exercise and fitness effect on obesity. 2019.

UKEssays. Physical Activity and Obesity2020 6 Desember 2023. Available from: https://us.ukessays.com/essays/physiology/physical-activity-and-obesity.php.

Chan HTH. Obesity Prevention Source : Causes Food, Diet, and Physical Activity2020 6 Desember 2023. Available from: https://www.hsph.harvard.edu/obesity-prevention-source/obesity-causes/physical-activity-and-obesity/.

Boudreau BTW. Obesity due to poor Diet and lack of Exercise: An Introduction2020 6 Desember 2023. Available from: https://www.wowessays.com/free-samples/free-essay-about-obesity-is-caused-by-poor-diet-and-lack-of-exercise/.

Gonzalez NJM. Three Essays on Obesity: Food Environment, Attitudes toward Food, and Cash Transfers: The Pardee RAND Graduate School; 2016.

Utama F, Rahmiwati A, Alamsari H, Lihwana MA. Gambaran penyakit tidak menular di universitas sriwijaya. Jurnal Kesehatan. 2019;11(2):52-64.

Darmawan A. PENGARUH AKTIVITAS FISIK DAN POLA MAKAN SEBAGAI INTERVENSI PENURUNAN BERAT BADAN PADA ANAK DENGAN OBESITAS: Universitas dr. SOEBANDI; 2022.

Syed NK, Syed MH, Meraya AM, Albarraq AA, Al-Kasim MA, Alqahtani S, et al. The association of dietary behaviors and practices with overweight and obesity parameters among Saudi university students. PLoS One. 2020;15(9):e0238458.

Wang Y, Murga A, Long Z, Yoo S-J, Ito K. Experimental study of oil mist characteristics generated from minimum quantity lubrication and flood cooling. Energy and Built Environment. 2021;2(1):45-55.

Published
2024-03-02
How to Cite
Nabila, S. A., Rahmiwati, A., Novrikasari, N., & Sunarsih, E. (2024). Perilaku Pola Makan dan Aktivitas Fisik terhadap Masalah Obesitas : Systematic Review: Dietary Behavior and Physical Activity on the Problem of Obesity: Systematic Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(3), 498-505. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i3.4533