Strategi Implementasi Digital Marketing di Rumah Sakit pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review

Digital Marketing Implementation Strategy in Hospitals During the COVID-19 Pandemic: Literature Review

  • Vanda Sativa Julianti Kajian Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Amal Chalik Sjaaf Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Wahyu Sulistiadi Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
Keywords: Digital Marketing, Rumah Sakit, Pandemi COVID-19

Abstract

Pendahuluan: Pandemi COVID-19 yang terjadi berdampak pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakit pesat. Peranan internet dan media online dapat menjadi strategi baru rumah sakit untuk melakukan pemasaran secara digital. Hal ini membuat interaksi dengan konsumen rumah sakit menjadi lebih mudah dan cepat, dengan biaya yang relatif lebih murah.

Tujuan: Kajian literatur ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi implementasi digital marketing di rumah sakit. Metode: Penulisan ini dilakukan secara literature review dari database ProQuest, SpringerLink, dan Science Direct. Artikel diskrining sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Sebanyak 6 artikel disaring dari 6.220 artikel dan kemudian dilakukan kajian literatur.

Hasil: Rumah sakit perlu mengetahui dampak perubahan perilaku konsumen akibat COVID-19, melakukan integrasi teknologi digital dalam pelayanan kesehatan berdasarkan Healthcare 4.0, dan prinsip penerapan digital marketing berupa contactless services dan Integrated Marketing Communication. Penerapan digital marketing di rumah sakit dapat diterapkan melalui media massa, sosial media, platform digital/ online, serta aplikasi.

Kesimpulan: Diperlukan langkah-langkah strategi implementasi digital marketing di rumah sakit yang tetap mengutamakan konsep 4P dan konsep 4C.

References

Panetta K. Gartner Top Strategic Technology Trends for 2021 [Internet]. [cited 2021 Dec 15]. Available from: https://www.gartner.com/smarterwithgartner/gartner-top-strategic-technology-trends-for-2021

The Impact of Digitalization on Strategy [Internet]. [cited 2021 Dec 15]. Available from: https://www.mbdconsulting.ch/publications/digitalization-corporate-strategy

Rony NF, Panuju R. Digital Media Hospital: Aplikasi Komunikasi Pemasaran Berbasiskan Daring. J Komun Prof [Internet]. 2018;2(2):120–8. Available from: http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp

Mathews S, Bianchi C, Perks K, Healy M, Wickramasekera R. Internet marketing capabilities and international market growth. Int Bus Rev. 2016;25(4):820–30.

Tiago M, Tiago F. Revisiting the impact of integrated internet marketing on firms’ online performance: European evidences. In: Procedia Technology Conference on enterprise information systems, HCIST 2012, International Conference on Health and Social Care Information Systems and Technologies [Internet]. 2012. p. 418–26. Available from: https://doi.org/10.1016/j.protcy.2012.09.046

Hoekstra JC, Leeflang PSH. Marketing in the era of COVID-19. Ital J Mark [Internet]. 2020;2020(4):249–60. Available from: https://doi.org/10.1007/s43039-020-00016-3

Marques da Rosa V, Saurin TA, Tortorella GL, Fogliatto FS, Tonetto LM, Samson D. Digital technologies: An exploratory study of their role in the resilience of healthcare services. Appl Ergon [Internet]. 2021;97(July):103517. Available from: https://doi.org/10.1016/j.apergo.2021.103517

Lee SM, Lee D. “Untactâ€: a new customer service strategy in the digital age. Serv Bus [Internet]. 2020;14(1):1–22. Available from: https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs11628-019-00408-2

Lee SM, Lee DH. Opportunities and challenges for contactless healthcare services in the post-COVID-19 Era. Technol Forecast Soc Change [Internet]. 2021;167(November 2020):120712. Available from: https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.120712

Ivanov AE. The Internet‘s Impact on Integrated Marketing Communication. Procedia Econ Financ [Internet]. 2012;3(12):536–42. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/S2212-5671(12)00192-X

Pianese T, Belfiore P. Exploring the social networks’ use in the health-care industry: A multi-level analysis. Int J Environ Res Public Health [Internet]. 2021;18(14). Available from: https://doi.org/ 10.3390/ijerph18147295

Farsi D. Social media and health care, part i: Literature review of social media use by health care providers. J Med Internet Res [Internet]. 2021;23(4). Available from: https://www.jmir.org/2021/4/e23205

Silaen SEO. Strategi Pemasaran Online Untuk Rumah Sakit [Internet]. 2018 [cited 2021 Dec 15]. Available from: https://kumparan.com/silaen-seo-blog/strategi-pemasaran-online-untuk-rumah-sakit/full

Widyawan S. Pemasaran Dalam Era Digital Marketing [Internet]. 2020. Available from: https://manajemenrumahsakit.net/2020/05/pemasaran-dalam-era-digital-marketing/

Published
2022-01-15
How to Cite
Vanda Sativa Julianti, Amal Chalik Sjaaf, & Wahyu Sulistiadi. (2022). Strategi Implementasi Digital Marketing di Rumah Sakit pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review: Digital Marketing Implementation Strategy in Hospitals During the COVID-19 Pandemic: Literature Review . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), 218-223. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i3.2107