Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Ketertarikan Konsumen Membeli Bahan Bangunan (Study Kasus pada Toko Bangunan Infinity Jaya Kalukubula)
Marketing Strategy in Increasing Consumer Interest in Buying Building Materials (Case Study at Infinity Jaya Building Store
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi yang bersifat studi kasus dengan teknik pengumpulan data Triangulasi. Dimana peneliti melakukan pengecekan data kepada sumber informan dengan cara observasi, yang kemudian melakukan wawancara, dan dilanjut dengan dokumentasi. Informan yang di pilih berjumlah tujuh orang yang terdiri dari pemilik toko, dua karyawan dan empat konsumen. Ketujuh infoman tersebut di wawancara guna memperoleh data yang bisa dijawab dalam melakukan penelitian.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan, Dalam menarik konsumennya toko bangunan infinity jaya menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu product (produk), place (tempat), price (harga), promotion (promosi), pemilik perlu menambah lagi kualitas pelayanan untuk meningkatkan penjualannya. Dari hasil penelitian juga didapatkan bahwa Strategi utama yang berpengaruh meliputi harga yang kompetitif, pelayanan yang baik, lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, serta respons cepat dalam pengantaran barang kepada pelanggan. Kombinasi faktor-faktor ini menjadikan toko lebih menarik bagi konsumen dan meningkatkan daya saing di pasaran.
References
Rohmah, Zunita Afifatur, Anwar Hakim Darajat, and Endah Siswati. "Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo Kanigoro Blitar." Transgenera: Sidiq, Ahmad, and Abdur Rohman. "Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Di Toko Bangunan Bapak Fairus Modung Bangkalan Dalam Perspektif Skb." Jurnal Media Akademik (JMA) 2.6 (2024).
Nurjannah, Nurjannah, and Rahmada Indah Sari. "Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Bahan Bangunan Pada Toko Sri Rejeki Di Kecematan Lamasi Kabupaten Luwu." JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting) 1.1 (2018): 102-111.
Nimah, R. R. Manulang And Medinal.,”Analisis Implementasi Strategi Pemasaran Melalui Segmentasi Pasar Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Deskripsi Kualitatf Padada Pt. Bintang Eka Mandiri
R. Rizki Ananda Putra1, Mohamad Zainul2,” Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Omzet Penjualan Cat Toa (Studi Pada Toko Hilmi Bangunan Martapura) Abstrak,”Manaj. Pemasar., Pp. 1-10, 2022, Doi: 10. 21608/Pshj.2022.20026.






