MEINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 PALU MELALUI TEKNIK JIGSAW

  • Lisnar Hartati Peago Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nursehang Thamrin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Ernitasari Mulyadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas menggunakan Teknik Jigsaw dalam membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Palu. Dalam penelitian ini, penelitian quasi-eksperimental digunakan sebagai desain penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Palu. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelompok: VIII B sebagai kelompok eksperimen dengan 22 siswa dan VIII C sebagai kelompok kontrol dengan 22 siswa. Instrumen penelitian adalah tes yang meliputi esai dengan 10 item dengan memberikan pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t hitung adalah 3,318 dan t-tabel 2,003 tingkat signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan (df) adalah 42. Kemudian nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel. Ini berarti hipotesis penelitian diterima. Dapat disimpulkan bahwa teknik jigsaw efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Palu.

Kata kunci: Pemahaman Membaca, Teknik Jigsaw.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan