Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Jamaah Haji Pada Yayasan Kbihu Babussalam Palu

The Influence of Interpersonal Communication and Service Quality on Satisfaction of Hajj Pilgrims At the Kbihu Babussalam Palu Foundation

  • Dinda Gita Pradana Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM)
  • Syamsuddin R Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM)
  • Nur Hilal Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM)
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Kualitas Layanan, Kepuasan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel komunikasi interpersonal dan kualitas layanan terhadap kepuasan jemaah haji baik secara simultan maupun secara parsial. Analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan komunikasi interpersonal dan kualitas layanan mampu meningkatkan kepuasan dengan baik. Analisis menghasilkan persamaan   Y = 9,087 + 0,338 X1 + 0,400 X2 yang berarti bila komunikasi interpersonal dan kualitas layanan tidak berubah maka kepuasan adalah 90,8%. Bila komunikasi interpersonal meningkat 100% maka kepuasan 33,8%. Sedangkan bila kualitas layanan meningkat 100% maka kepuasan meningkat 40%. Adapun koefisien korelasi serempak (Multiple R) = 0,467 berarti dan kualitas layanan memiliki hubungan positif yang sedang dengan kepuasan. Selanjutnya koefisien determinasi Adjusted R Square 0,420 berarti komunikasi interpersonal dan kualitas layanan mempengaruhi 42% kepuasan jamaah, dan sisanya (58%) dipengaruhi variabel-variabel yang tidak diteliti. Uji F menghasilkan Fhiung (7,625) > Ftabel (3,16) berarti komunikasi interpersonal dan kualitas layanan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan.

References

Bailia, Jefry F T. “Dkk. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung–Warung Makan Lamogan Di Kota Manado.” Jurnal Manajemen 2(3).
Dhewanti, Shafira. 2017. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Female Presenter Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Rokok (Studi Pada Konsumen Rokok Di Universitas Bandar Lampung).”
Firdiyansyah, Indra. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak KEPRI Mall Kota Batam.” Jurnal Elektronik REKAMAN (Riset Bidang Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi). ISSN: 2598–8107.
Al Idrus, Salim, and M Ag MM. 2021. Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian: Konsep DanTeori. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Panuju, Redi. 2019. Komunikasi Pemasaran: Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi Sebagai Strategi Pemasaran. Prenada Media.
Sulaeman, Asep. 2018. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Cakrawala Citramega.” Jurnal Kreatif 6(1): 125–45.
Tjiptono, Fandy, and Gregorius Chandra. 2011. “Quality and Satisfaction.” Yogyakarta: Penerbit Andi.
Published
2023-07-18
Section
Artikel Penelitian