ANALISIS PEMASARAN PRODUK MEUBEL PADA USAHA DAGANG ADY IRMA KOTA PALU

  • Moh. Riski. R Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah palu
  • Sirajudin Sirajudin Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah palu
  • Sarifuddin. T Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah palu

Abstract

Bisnis dalam dunia perdagangan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dalam strategi ini bagaimana cara mengaplikasikan 7P yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence yang dikombinasikan dengan metode segmentasi, targeting dan positioning yang dilakukan oleh UD. Ady Irma untuk merebut persaingan pasar. Dari hal tersebut terdapat rumusan masalah yaitu: Bagaimana Penerapan Marketing Mix Terhadap Pemasaran Produk Meubel pada UD Ady Irma di Kota Palu ? Lokasi penelitian ini bertempat di Jl. RE. Martadinata, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Ady Irma telah menjalankan strategi pemasaran yaitu Marketing Mix dan STP (Segmentasi, Targeting dan Positioning). Berdasarkan hasil analisis Marketing Mix, diketahui bahwa pengaplikasian product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence ini sudah sesuai dengan strategi pemasaran. Dimana produk yang dijual dengan kualitas terbaik, harganya tidak memberatkan konsumen, lokasi meubel cukup strategis karena berada di pinggir jalan, promosinya menggunakan metode pemasaran dari mulut ke mulut, pelayanan kasir yang ramah dan handal dalam melayani konsumen, proses pemesanan dapat melalui telepon maupun secara langsung ini dirasa sangat membantu konsumen, lingkungan fisik di sekitar meubel memberikan tampilan yang menarik, bersih dan nyaman serta adanya lahan parkir buat konsumen yang membuat konsumen nyaman dan merasa aman untuk memarkirkan kendaraannya.

 

Kata kunci : Marketing Mix, Meubel, Analisis.

References

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Buchari, Alma, 2014. “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasaâ€. Bandung : CV. Alfabeta

Danang Sunyoto. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: PT. Buku Seru.

Fandy Tjiptono. (2000). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Faustinus Condoso Gomes. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: ANDI.

Freddy,Rangkuti. 2009. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia

Juliansyah Noor.(2012). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi Karya Ilmiah. Cetakan Kedua. Jakarta:Kencana Prenada Media.

Kotler & Amstrong. (2008). Prinsip- Prinsip Pemasaran Jilid 1. (AlihBahasa: Bob Sabran, M.M). Jakarta:Penerbit Erlangga.

Kotler Philip dan Kevin L. Keller, 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall

Nana Herdiana Abdurrahman. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Ninik Setyorini. (2010). Pelaksanaan Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) di Rumah Makan Yogya Chicken. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy 2006. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sefti Adhaghassani, Fakhriyan. 2016. Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7p (Product, Price, Place, Promotion, People, Process,Physical Evidence) Di Cherryka Bakery. Jurnal ilmiah Pendidikan Teknik Boga.

(http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/boga/article/viewFile/5288/4997, diakses 9 April 2019)

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (mixed methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Zeithaml, V. A., Bitner, M.J. & Gremler, D.D. (2006). Service Marketting (4th ed). New York: The MC Graww-Hill Companies, Inc.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Ekonomi